Tak hanya wanita, merawat kulit wajah juga penting dilakukan para pria. Saat ini, ada beragam produk perawatan wajah pria yang dapat digunakan. Namun, Anda dianjurkan untuk tidak sembarangan menggunakannya dan disesuaikan dengan jenis kulit agar manfaat yang diperoleh pun dapat maksimal.

Perawatan wajah pria umumnya lebih sederhana, karena pria biasanya tidak menggunakan riasan wajah sehingga jarang terpapar bahan kimia. Hal ini membuat sebagian besar pria hanya sebatas mencuci muka saja untuk merawat kulit wajahnya.

5 Tips Memilih Produk Perawatan Wajah Pria - Alodokter

Meski demikian, mencuci muka saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Produk perawatan yang digunakan pun sebaiknya tidak sembarangan, sebab bisa saja tidak sesuai dengan jenis kulit dan justru menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Oleh karena itu, penting bagi para pria untuk memahami cara memilih produk perawatan wajah yang tepat.

Tips Memilih Produk Perawatan Wajah Pria

Ada beberapa tips memilih produk perawatan wajah pria yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Pilih sabun pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit

Kulit pria umumnya lebih tebal dibandingkan wanita, sehingga kurang sensitif terhadap kandungan pada pelembap atau pembersih wajah. Meski demikian, bukan berarti pria boleh sembarangan menggunakan pembersih muka.

Jika Anda memiliki jenis kulit kering, pilihlah sabun cuci muka yang memiliki kandungan untuk menjaga kelembapan kulit, seperti gliserin, vitamin E, minyak jojoba, dan minyak zaitun.

Lain halnya bila Anda memiliki jenis kulit berminyak. Anda bisa menggunakan sabun cuci muka yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Selain memiliki kandungan antibakteri, ketiga bahan ini juga dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga mampu membersihkan kotoran di pori-pori.

Selain itu, hindari produk pembersih wajah dengan kandungan detergen atau sodium lauryl sulfate (SLS), sebab bahan-bahan tersebut diketahui dapat mengakibatkan kulit menjadi kering.

Utamakan menggunakan pembersih wajah yang mengandung minyak kedelai atau petrolatum, gliserin, dan ceramide guna memelihara kelembapan kulit wajah.

2. Gunakan moisturizer atau pelembap wajah

Kulit pria juga memerlukan pelembap untuk mencegah hilangnya kelembapan kulit wajah. Kulit wajah yang lembap dapat mengurangi kerut dan garis halus di wajah, sehingga wajah terlihat lebih segar dan awet muda.

Ada beberapa jenis pelembap yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kulit Anda, yaitu:

  • Pelembap berupa gel atau toner untuk kulit berminyak
  • Pelembap berupa losion untuk kulit normal
  • Pelembap berupa krim untuk kulit kering

Sementara itu, jika Anda ingin menghilangkan jerawat, pilihlah pelembap yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat untuk membantu pelepasan sel kulit mati.

3. Gunakan tabir surya

Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari, gunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF-30 setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah atau bahkan saat cuaca sedang mendung.

Janga lupa untuk membersihkan tabir surya dan semua produk dari wajah setelah Anda selesai beraktivitas di luar rumah. Jika tidak segera dibersihkan, dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah pada kulit.

4. Pilih produk yang tepat untuk bercukur

Anda dianjurkan untuk mencukur saat kondisi kulit wajah lembap, misalnya setelah mandi. Anda juga bisa menggunakan krim cukur dengan kandungan lidah buaya untuk mencegah kulit mengalami iritasi.

Oleskan krim dengan campuran air pada wajah dan diamkan selama satu menit sebelum Anda mulai bercukur. Bila Anda mengalami bintik-bintik akibat rambut tumbuh ke dalam kulit, gunakan produk hipoalergenik tanpa pewangi untuk mencegah iritasi lebih lanjut.

Gunakan krim cukur yang mengandung asam glikolat atau salisilat untuk mengangkat sumbatan pada pori-pori. Jika sering terluka akibat pisau cukur, coba gunakan gel cukur daripada krim yang mengandung busa.

Perlu diketahui bahwa alat cukur listrik diketahui lebih efektif mencegah iritasi dibandingkan pisau cukur biasa. Jika Anda ingin menggunakan pisau cukur, pilihlah yang dilengkapi satu atau dua mata pisau.

Iritasi juga bisa dicegah dengan gerakan mencukur searah tumbuhnya bulu. Setelah bercukur, gunakan losion atau oleskan pelembap. Anda juga bisa mencoba toner yang mengandung penyegar untuk merapatkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Sebisa mungkin, hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol.

5. Gunakan scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit menggunakan scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, debu, dan kotoran dari wajah, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Hal ini karena kulit akan mengalami proses regenerasi setiap 30 hari sekali.

Jika sel kulit mati yang menumpuk tidak diangkat, wajah akan tampak kusam, kasar, dan muncul jerawat serta komedo. Eksfoliasi juga dapat membantu penyerapan produk perawatan wajah lain, seperti pelembap.

Usapkan scrub pada wajah dengan gerakan memutar secara perlahan, lalu basuh dengan air hingga bersih. Hindari membasuh wajah dengan air panas, sebab dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan gatal karena hilangnya minyak alami pada wajah.

Untuk mengurangi risiko kulit semakin kering, hindari berada di bawah pancuran air hangat lebih dari lima menit dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk secara perlahan menggunakan handuk berbahan lembut.

Selain tips di atas, menjaga kesehatan kulit wajah juga dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya minum air putih yang cukup, makan makanan bergizi, tidak merokok, serta olahraga secara rutin.

Bila Anda mengalami keluhan, seperti gatal, kulit kemerahan, atau bahkan sesak napas setelah menggunakan produk perawatan wajah pria tertentu, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.