Produk perawatan wajah pria banyak dianggap hanya sebatas pembersih muka. Padahal, produk perawatan lainnya, seperti pelembap dan sunscreen juga perlu digunakan agar kulit menjadi terawat dan awet muda. 

Lapisan kulit pria memang lebih tebal daripada wanita. Namun, hal ini justru membuat kulit pria lebih rentan untuk mengalami kerutan, apalagi jika melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. 

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Kadar hormon testosteron pria yang lebih tinggi membuat masalah kulit berminyak lebih sering menghampiri. Efeknya, kulit akan menjadi lebih mudah untuk berjerawat. Berbagai permasalahan kulit pada pria tersebut sebenarnya bisa diminimalkan dengan penggunaan produk perawatan wajah pria yang tepat. 

Rekomendasi Produk Perawatan Wajah Pria

Ada banyak pilihan produk perawatan wajah pria yang bisa digunakan untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

Ponds Men White Boost Facial Scrub 100 gr

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Harga: Rp46.615 per tube
Beli Ponds Men White Boost Facial Scrub 100 gr di Aloshop

Ponds Men Scrub adalah salah satu produk perawatan wajah pria yang mampu melembapkan kulit membuat wajah terlihat lebih bersih dan terawat. Diperkaya white ginseng extract dan antioksidan, pembersih wajah ini mampu menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah. 

Tidak hanya itu, Ponds Men Scrub juga mengandung niacinamide yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Kandungan ini pun juga efektif dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit. 

Pemakaian produk perawatan wajah pria ini secara rutin akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan terawat. 

Cetaphil Brightness Refresh Toner 150 ml

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Harga: Rp203.775 per botol
Beli Cetaphil Brightness Refresh Toner 150 ml di Aloshop

Setelah membersihkan wajah, para pria yang memiliki kulit berminyak disarankan untuk memakai Cetaphil Toner. Alasannya, penggunaan toner mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah tanpa mengiritasi dan mengeringkan kulit. 

Cetaphil Toner mengandung niacinamide, glycerin, dan sea daffodil. Ketiga kandungan ini yang mampu melembapkan, menghaluskan, mencerahkan, dan meratakan warna kulit wajah, sehingga Anda dapat memiliki wajah yang sehat, cerah, dan bebas kusam. 

Produk perawatan wajah pria ini juga bersifat hypoallergenic dan non-comedogenic. Artinya, produk ini aman dipakai oleh pemilik kulit sensitif karena tidak mengiritasi kulit dan tidak menyumbat pori-pori di wajah, sehingga bisa mencegah munculnya jerawat. 

Sebamed Moisturizing Cream 75 ml

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Harga: Rp297.825 per pot
Beli Sebamed Moisturizing Cream 75 ml di Aloshop

Produk perawatan wajah pria ini dirancang dengan formula lembut yang telah disesuaikan dengan pH kulit sehingga cocok memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, Sebamed Cream juga mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin ini dapat melembapkan kulit dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Sebamed Cream cocok untuk dijadikan pelembap untuk pria karena produk ini tidak membuat kulit menjadi berminyak dan tidak terasa lengket ketika dioleskan ke kulit wajah. 

Illuminare Moisturizing Night Gel Creme 50 gr

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Harga: Rp140.030 per pot
Beli Illuminare Moisturizing Night Gel Creme 50 gr di Aloshop

Illuminare Creme mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin C derivative, alpha arbutin, pomegranate extract, apple extract, dan coix lacryma seed

Kandungan-kandungan tersebut mampu mencerahkan, melembapkan, sekaligus meregenerasi sel kulit. Artinya, penggunaan produk perawatan wajah pria ini secara rutin bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan sehat.

Anda dapat menggunakan Illuminare Moisturizing Creme sebagai krim malam karena kemampuannya dalam melembapkan kulit. Tekstur krim ini memang kental dan padat, tetapi tidak terasa lengket dan berminyak ketika dioleskan ke kulit.

Mens Biore Pore Pack Black 4 Strips

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Harga: Rp21.345 per pack
Beli Mens Biore Pore Pack Black 4 Strips di Aloshop

Mens Biore strips adalah salah satu produk perawatan wajah pria yang dirancang khusus untuk mengangkat komedo yang menyumbat pori-pori di hidung. Dalam pore pack ini terdapat kandungan menthol yang memberikan sensasi dingin saat digunakan. 

Selain itu, ada pula kandungan bamboo charcoal dan oil absorbing agent yang mampu menyerap minyak berlebih yang ada di area hidung. Penggunaan Mens Biore strips secara rutin sebanyak 1–2 kali seminggu mampu membersihkan pori-pori hidung dan membuat pori-pori tampak mengecil. 

Parasol Sunscreen Lotion SPF 30 PA++ 50 gr

6 Produk Perawatan Wajah Pria agar Kulit Jadi Sehat dan Terawat - Alodokter

Harga: Rp76.350 per tube
Beli Parasol Sunscreen Lotion SPF 30 PA++ 50 gr di Aloshop

Tidak hanya wanita, pria juga wajib untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan Parasol Sunscreen. Dengan kandungan SPF 30 dan PA++, produk perawatan wajah pria ini efektif melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan kanker kulit. 

Parasol Sunscreen juga diperkaya dengan aloe extract, vitamin E, dan whitening agent yang dapat menjaga kelembapan serta mencerahkan kulit. Dengan menggunakan sunscreen ini setiap hari, kesehatan kulit wajah akan makin terjaga. Wajah juga akan tampak lebih bersih dan terawat. 

Sebelum menggunakan produk perawatan wajah pria, lakukanlah tes alergi terlebih dahulu. Caranya, oleskan produk yang akan digunakan ke area siku bagian dalam. Diamkan selama 24 jam lalu lihat reaksi yang muncul. 

Jika kulit menjadi kemerahan, gatal, bengkak, atau seperti terbakar, hentikan pemakaian produk tersebut. Reaksi tersebut bisa menandakan Anda alergi atau sensitif terhadap kandungan yang ada dalam produk tersebut.  

Apabila Anda kesulitan untuk menemukan produk perawatan wajah pria yang cocok, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.