Daun afrika mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, tanaman ini belakangan mulai banyak dikembangkan di Indonesia karena dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sesuai namanya, tanaman yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina ini memang berasal dari Afrika. Rasanya yang pahit membuat daun afrika juga disebut sebagai bitter leaf.

Mengenal 7 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Di benua asalnya, daun afrika kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional atau obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari malaria, cacingan, infeksi bakteri, penyakit hati dan ginjal, diabetes, hingga gangguan pencernaan, seperti mual dan diare. Daun afrika sendiri dapat dikonsumsi secara langsung, dimasak, atau direbus, lalu diminum air rebusannya.

Kandungan Nutrisi pada Daun Afrika

Daun afrika mengandung beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa macam nutrisi yang terdapat pada daun afrika:

  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat kompleks
  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E
  • Mineral, seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, selenium, zat besi, dan zinc

Di samping itu, tanaman berdaun hijau ini juga mengandung banyak antioksidan flavonoid.

Beberapa Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi, antioksidan, dan berbagai zat di dalamnya, daun afrika memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menurunkan gula darah

Berbagai riset menunjukkan bahwa daun afrika bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Tanaman herba ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon tersebut.

Efek tersebut menjadikan daun afrika baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker darah.

Tak hanya itu, daun afrika juga disebut dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan kanker. Meski demikian, manfaat daun afrika yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter apabila hendak menggunakan produk herba, termasuk daun afrika, jika sedang menjalani pengobatan kemoterapi.

3. Membasmi bakteri penyebab penyakit

Daun afrika diketahui mengandung zat kimia yang memiliki sifat antibakteri. Ekstrak daun afrika bahkan dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan berbagai jenis kuman yang kerap menyebabkan infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas, dan Escherichia coli.

Namun, efektivitas manfaat daun afrika yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut, terlebih jika digunakan sebagai pengobatan infeksi.

4. Mengobati penyakit malaria

Di benua asalnya, daun afrika telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk pengobatan malaria. Beberapa studi pun telah menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika memang dapat membasmi parasit Plasmodium penyebab malaria.

5. Mengatasi penyakit cacingan

Selain parasit Plasmodium, daun afrika juga diketahui bermanfaat dalam membunuh parasit jenis lain, yaitu cacing. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika terlihat dapat membasmi telur dan larva cacing yang dapat menyerang saluran cerna, misalnya cacing gelang dan cacing tambang.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, jika ingin menggunakan daun afrika sebagai obat cacing.

6. Menjaga kesehatan hati

Daun afrika juga diklaim bermanfaat dalam memelihara kesehatan dan fungsi hati. Manfaat ini diduga berkat kandungan zat antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalamnya.

7. Mengontrol tekanan darah

Daun afrika mengandung antioksidan serta mineral kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut diketahui berperan dalam menurunkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap stabil. Oleh karena itu, daun afrika disebut baik dikonsumsi untuk mengontrol tekanan darah.

Selain berbagai manfaat di atas, daun afrika juga dipercaya dapat menjaga kesehatan serta fungsi saraf dan otak. Tak hanya itu, daun afrika juga baik untuk mencegah anemia dan mengatasi peradangan.

Sayangnya, berbagai klaim manfaat daun afrika di atas baru diketahui berdasarkan penelitian kecil di laboratorium. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang memastikan efektivitas dan keamanan manfaat daun afrika sebagai pengobatan penyakit.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu bila hendak menggunakan daun afrika sebagai pengobatan herbal, terlebih jika Anda memiliki penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.