Pemeriksaan kehamilan oleh dokter kandungan subspesialis fetomaternal sangat disarankan bagi ibu hamil yang menjalani kehamilan berisiko tinggi atau ditemukan adanya komplikasi saat kehamilan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi ibu dan janin tetap sehat hingga persalinan nanti.

Dokter kandungan subspesialis fetomaternal merupakan seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang mendalami ilmu tentang penyakit dan komplikasi pada ibu hamil dan janin. Dokter spesialis ini memiliki kompetensi lebih untuk mendiagnosis kelainan pada janin dan ibu hamil.

Mengenal Dokter Kandungan Subspesialis Fetomaternal - Alodokter

Dokter subspesialis fetomaternal dapat melakukan pemeriksaan, deteksi dini, dan penanganan jika janin mengalami kelainan genetik, gangguan pembentukan organ atau cacat bawaan lahir (kelainan kongenital), meninggal dalam kandungan, atau lahir prematur.

Kondisi yang Dapat Ditangani Dokter Kandungan Subspesialis Fetomaternal

Umumnya, dokter kandungan subspesialis fetomaternal menangani ibu hamil yang menjalani kehamilan berisiko tinggi. Suatu kehamilan dapat dikatakan berisiko tinggi apabila ibu hamil memiliki kondisi sebagai berikut:

Dokter kandungan subspesialis fetomaternal juga bertugas menangani kelainan genetik pada janin, misalnya penyakit jantung bawaan, sindrom Jacob, sindrom Patau, dan sindrom Down.

Tindakan yang Dilakukan Dokter Kandungan Subspesialis Fetomaternal

Dokter kandungan subspesialis fetomaternal terlatih untuk melakukan berbagai tindakan medis berikut ini:

  • Memberikan perawatan prenatal secara teratur untuk ibu hamil dengan kehamilan berisiko tinggi
  • Membantu mengatasi masalah kesehatan yang sebelumnya sudah diderita ibu hamil, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi
  • Menangani ibu hamil yang mengalami komplikasi selama kehamilan atau persalinan
  • Melakukan tes dan prosedur untuk memeriksa pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Memeriksa adanya cacat lahir dan kelainan genetik pada janin dengan serangkaian tes, seperti amniosentesis dan tes DNA atau kromosom
  • Mendiagnosis dan menangani cacat lahir, masalah jantung, dan kelainan darah pada janin, termasuk melakukan operasi jika diperlukan
  • Memantau dan memandu persalinan
  • Menangani masalah kesehatan yang muncul ketika hamil, seperti pendarahan vagina, infeksi, atau tekanan darah tinggi
  • Mengidentifikasi risiko dan memberikan saran kepada ibu hamil ketika hendak menjalani kehamilan berikutnya

Kapan Harus Menemui Dokter Kandungan Subspesialis Fetomaternal?

Ibu hamil bisa menemui dan berkonsultasi dengan dokter kandungan subspesialis fetomaternal jika mengalami berbagai kondisi berikut ini:

1. Menderita penyakit sebelum hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk menemui dokter subspesialis ini jika menderita penyakit tertentu sebelum mengandung. Beberapa penyakit tersebut meliputi diabetes, obesitas, lupus, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, gangguan tiroid, serta penyakit infeksi seperti HIV dan penyakit menular seksual.

2. Memiliki gangguan genetik

Ibu hamil juga dianjurkan menemui dokter kandungan subspesialis fetomaternal jika memiliki riwayat penyakit atau kelainan genetik, seperti gangguan pembekuan darah, anemia sel sabit, thalassemia, dan fibrosis kistik.

Ibu hamil pun perlu memeriksakan diri ke dokter konsultan fetomaternal apabila memiliki keluarga kandung yang memiliki riwayat penyakit genetik.

3. Menderita penyakit saat hamil

Tak hanya sebelum hamil, menderita kondisi seperti diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit menular seksual, dan preeklamsia juga mengharuskan ibu hamil berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dari dokter subspesialis ini.

4. Mengandung anak kembar

Mengandung anak kembar dua atau lebih meningkatkan risiko terjadinya komplikasi, baik pada ibu hamil maupun janin.

Oleh karena itu, dokter kandungan subspesialis fetomaternal akan memeriksa kandungan dengan seksama melalui pemeriksaan fisik dan serangkaian tes penunjang, serta merekomendasikan kapan dan bagaimana janin akan dilahirkan.

5. Mengalami gangguan perkembangan pada janin

Janin yang mengalami gangguan perkembangan, cacat lahir, atau gangguan lainnya juga akan dipantau dan ditangani oleh dokter kandungan subspesialis fetomaternal.

Persiapan Sebelum Konsultasi ke Dokter Kandungan Subspesialis Fetomaternal

Sebelum bertemu dengan dokter kandungan subspesialis fetomaternal, Anda disarankan untuk mempersiapkan beberapa hal berikut ini agar dokter dapat lebih mudah dalam menentukan penanganan yang tepat:

  • Beri tahu dokter mengenai riwayat keluhan atau gejala yang sedang dialami, serta riwayat kondisi Anda ketika hamil sebelumnya.
  • Jika ada, bawa hasil pemeriksaan yang telah dilakukan sebelumnya, misalnya hasil tes darah, USG, foto Rontgen, atau CT scan, serta surat rujukan dari dokter yang merujuk.
  • Bawa dan tunjukkan obat-obatan, suplemen, atau obat herbal yang sedang dikonsumsi.
  • Siapkan catatan pertanyaan yang ingin diajukan, mulai dari jenis penanganan yang akan dilakukan hingga risiko yang mungkin muncul.

Dalam memilih dokter kandungan subspesialis fetomaternal, Anda bisa meminta rujukan atau bertanya kepada dokter kandungan atau orang lain yang Anda kenal.

Bila Anda mengalami keluhan atau memiliki kondisi yang membuat kehamilan Anda berisiko tinggi, jangan ragu untuk menemui dokter kandungan subspesialis fetomaternal untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.