Moisturizer tidak hanya berguna untuk mengunci kelembapan kulit secara optimal, tetapi juga mampu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit. Agar manfaatnya maksimal, pemilihan jenis moisturizer perlu disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit Anda.

Salah satu kunci dari kulit cerah alami, sehat, lembut, dan kenyal adalah rajin menggunakan moisturizer setiap hari. Beberapa produk moisturizer bahkan memiliki kandungan tambahan yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit (skin barrier) dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti flek hitam.

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Penggunaan moisturizer tidak hanya berlaku untuk wanita, tetapi pria juga dianjurkan untuk memakainya. Ini perlu ditekankan karena tidak sedikit orang yang mengira bahwa produk skincare dibuat hanya untuk wanita. Padahal, merawat kulit agar tetap sehat adalah hal yang penting dilakukan bagi setiap orang.

Moisturizer digunakan di pagi dan malam hari, tepat seusai mencuci wajah. Produk moisturizer tersedia dalam berbagai jenis tekstur dan kandungan bahan sesuai tipe dan kondisi kulit wajah, misalnya kulit kering, kulit berminyak, atau kulit sensitif. Beberapa moisturizer juga bisa cocok untuk semua jenis kulit.

Rekomendasi Moisturizer yang Paling Efektif

Jika memiliki masalah kulit, seperti berjerawat parah, eksim, atau kulit sangat kering hingga mengelupas, Anda perlu ekstra hati-hati dan lebih selektif dalam memilih moisturizer. Moisturizer yang direkomendasikan untuk jenis kulit tersebut adalah produk yang hipoalergenik, non comedogenic, serta bebas dari kandungan paraben dan pewangi.

Berikut ini adalah berbagai rekomendasi moisturizer paling efektif yang bisa disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit wajah:

Wardah Cica Complex + Panthenol Ceramide Calm & Soothe Gel Moisturizer 30 g

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp109.480

Ada banyak varian moisturizer Wardah dengan kandungan bahan yang berbeda-beda. Salah satu produk yang cocok untuk semua tipe kulit, terutama kulit berjerawat dan sensitif, adalah Wardah Moisturizer Cica Complex + Panthenol Ceramide.

Produk ini memiliki tekstur gel yang berbahan dasar air yang terasa ringan dan nyaman digunakan pada kulit. Wardah Moisturizer juga telah berlabel hipoalergenik serta tanpa kandungan pewangi dan alkohol.

Kandungan cica complex di dalamnya memberikan sensasi dingin yang dapat menenangkan kulit, panthenol dan ceramide dapat memperkuat skin barrier sehingga tidak mudah rusak bila terkena paparan radikal bebas, serta niacinamide dapat mengontrol minyak sekaligus meredakan kemerahan di wajah karena jerawat.

Somethinc Calm Down Skinpair R-Cover Cream Moisturizer 30 ml

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp100.360

Somethinc Moisturizer cocok dipakai untuk kulit sensitif, kering, dan kemerahan. Produk moisturizer ini berlabel vegan-friendly, bebas pewangi dan alkohol, serta bisa digunakan untuk remaja.

Tekstur krim dengan kombinasi kandungan madagascar centella asiatica dan ceramide dapat meresap hingga ke dalam pori-pori kulit sehingga mampu memberikan hidrasi yang maksimal sepanjang hari. Moisturizer ini juga dilengkapi muru-muru butter dan natural moisture magnet yang dapat menenangkan iritasi kulit secara instan.

Namun, produk Somethinc ini mungkin kurang cocok digunakan untuk kulit berminyak karena teksturnya krim dan kental. Produk pilihan moisturizer lain dari Somethinc yang terkenal cocok untuk semua jenis kulit dan bisa mencerahkan sekaligus menyamarkan noda hitam dan garis-garis halus di kulit adalah Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel.

Skintific 5X Ceramide Barrier Moisturizer Gel 30g

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp138.000

Untuk kondisi kulit kusam, warna kulit tidak merata, atau banyak flek hitam bekas jerawat, Skintific Moisturizer Gel cocok untuk digunakan setiap hari. Sesuai namanya, moisturizer ini berbentuk gel yang ringan dan mudah menyerap di kulit wajah.

Moisturizer Skintific ini memiliki kandungan utama ceramide yang dapat menguatkan skin barrier, hyaluronic acid yang mampu mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit, centella asiatica yang menenangkan kulit yang teriritasi, serta marine collagen yang dapat membuat kulit terasa kenyal dan halus.

Skin Game Kind Watery Moisturizer 30 ml

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp85.991

Skin Game Moisturizer merupakan pelembap dengan tekstur gel yang diformulasikan untuk kulit yang normal cenderung berminyak atau berjerawat. Produk ini aman digunakan sejak usia remaja dan tidak mengandung paraben, alkohol, serta SLS.

Moisturizer varian ini dilengkapi dengan kandungan trehalose, panthenol, dan phytoceramide yang dapat menghidrasi kulit dan memberikan sensasi dingin saat dioleskan ke kulit sekaligus menjaga fungsi skin barrier dan mengontrol minyak berlebih di kulit.

Npure Marigold Anti-Aging Youth Defense Moisturizer 30 g

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp95.000

Pilihan produk moisturizer lain yang cocok untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan sejak usia remaja adalah Npure Marigold. Tekstur produk moisturizer ini berupa gel yang terasa ringan dan mudah diratakan pada kulit wajah. Npure Marigold juga termasuk vegan moisturizer yang bebas alkohol, paraben, dan pewangi.

Keunggulan utama moisturizer Npure Marigold selain melembapkan adalah untuk menjaga elastisitas dan mencerahkan wajah sehingga kulit tampak glowing, halus, dan kenyal.

Npure Marigold memiliki kandungan gamma-aminobutyric acid dan peptides sebagai bahan antiaging alami yang dapat menjaga keremajaan kulit, serta menyamarkan kerutan, flek hitam, dan garis halus yang menjadi tanda-tanda penuaan dini. Moisturizer ini dilengkapi dengan ekstrak bunga calendula (marigold) dan vitamin C yang dapat menutrisi kulit.

Labore Barrier Revive Cream 50 ml

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp172.550

Labore Cream adalah moisturizer yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan kering. Tekstur yang berbentuk krim membuatnya mudah menyerap ke area kulit yang sangat kering sehingga tingkat kelembapan kulit meningkat. Produk ini telah teruji klinis, non comedogenic, hipoalergenik, serta tanpa kandungan alkohol dan pewangi.

Dengan kandungan microbiome technologyTM dan revive complex, Labore Cream dapat melembapkan sekaligus meredakan gejala kulit sensitif, seperti kemerahan, gatal, dan perih. Kandungan ini juga dapat memperkuat skin barrier dan membuat kulit wajah tampak sehat.

Moisturizer dari Labore ini tidak hanya untuk wajah, tetapi juga bisa digunakan untuk melembapkan seluruh tubuh. Khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat, Anda lebih disarankan menggunakan Labore Skin Nutrition Gel yang dapat mengontrol produksi minyak di kulit wajah.

Moisturizer ini juga diklaim aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Masalah kulit kering dan sensitif yang bisa dialami saat kehamilan pun bisa teratasi. Perawatan wajah dengan Labore Barrier Revive Cream juga bisa tetap dilakukan untuk menjaga kulit ibu tetap glowing dan sehat selama hamil dan menyusui.

Sebamed Moisturizing Cream 75 ml

7 Moisturizer agar Kulit Glowing dan Awet Muda - Alodokter

Harga: Rp297.825

Beli Sebamed Moisturizing Cream 75 ml di Aloshop

Untuk kulit normal dan kering, Sebamed Moisturizing Cream juga bisa menjadi pilihan yang cocok. Teksturnya yang ringan di kulit membuatnya cocok dipakai di bawah makeup.

Selain menjadi pelembap, keunggulan dari produk ini adalah mengandung vitamin E yang dapat melindungi kulit dari polutan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit. Sebamed Moisturizing Cream juga memiliki teknologi oil-in-water yang dapat menghasilkan kulit lembut dan glowing tanpa membuatnya tampak berminyak.

Itulah berbagai pilihan moisturizer yang terkenal efektif sesuai dengan jenis kulit wajah. Setelah menggunakan moisturizer, jangan lupa untuk mengoleskan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Jika setelah rutin setiap hari menggunakan produk moisturizer kulit tetapi kulit makin terasa kering dan kusam atau justru jerawatan (breakout), sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut dan berkonsultasi ke dokter. Nantinya, dokter bisa menyarankan jenis moisturizer yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.