Obat sakit gigi berlubang dapat digunakan untuk meredakan sakit atau ngilu yang disebabkan oleh lubang pada gigi. Obat-obatan ini dapat langsung dibeli di apotek tanpa resep dokter.

Gigi berlubang terjadi ketika lapisan terluar gigi (enamel) terkikis akibat penumpukan bakteri di mulut dan kurang terjaganya kebersihan gigi. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai gejala yang tidak nyaman, seperti gigi yang sakit atau sensitif.

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Rasa tidak nyaman tersebut bisa membuat Anda malas atau takut untuk makan dan minum, hingga susah tidur. Oleh karena itu, diperlukan obat yang tepat untuk mengatasinya.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang

Beberapa obat sakit gigi berlubang berikut ini dapat Anda gunakan sebagai pertolongan pertama untuk menghilangkan nyeri yang mengganggu.

Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp17.870 per botol
Beli Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua di Aloshop

Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua terbuat dari minyak cengkeh. Bahan tersebut mengandung eugenol yang dapat mengurangi sakit dan pembengkakan akibat gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk cair.

Tuangkan Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua ke kapas lalu sumpalkan kapas tersebut pada gigi yang berlubang. Ulangi pemakaian obat apabila diperlukan. Anda juga bisa menjadikan obat sakit gigi berlubang ini sebagai obat kumur.

Cooling 5 Plus Antiseptic Spray Orange 15 ml

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp42.159 per botol
Beli Cooling 5 Plus Antiseptic Spray Orange 15 ml di Aloshop

Cooling 5 Plus Antiseptic terbuat dari fenol dan benzocaine. Kedua bahan ini dapat meredakan nyeri akibat masalah pada mulut, seperti sakit gigi, sariawan, atau sakit tenggorokan.

Cooling 5 Plus Antiseptic berbentuk cairan spray. Penggunaannya mudah, cukup semprotkan obat ini ke gigi yang sakit setiap 3–4 jam jika diperlukan.

Sumagesic 600 mg 4 Tablet

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp3.256 per strip
Beli Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Aloshop

Sumagesic Tablet terbuat dari paracetamol yang mampu mengobati sakit akibat gigi berlubang. Obat ini bekerja langsung pada pusat pengaturan nyeri di otak sehingga cepat meredakan keluhan pada gigi.

Obat sakit gigi berlubang ini tersedia dalam bentuk tablet. Pada orang dewasa, dosis Sumagesic Tablet adalah 1 tablet, 3–4 kali sehari. Sementara itu, dosis untuk anak-anak adalah ¼–1/2  tablet, 3–4 kali dalam sehari.

Farsifen 200 mg 10 Kaplet

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp3.320
Beli Farsifen 200 mg 10 Kaplet di Aloshop

Farsifen terbuat dari ibuprofen yang dapat menghambat produksi zat penyebab radang dalam tubuh. Oleh karena itu, obat ini dapat mengurangi nyeri, bengkak pada gusi, dan rasa nyut-nyutan yang terjadi akibat gigi berlubang.

Farsifen tersedia dalam bentuk kaplet. Dosis maksimal untuk orang dewasa adalah 2400 mg per hari, sedangkan dosis untuk anak usia 8–12 tahun adalah 200 mg. Adapun dosis untuk anak usia 3–7 tahun adalah 100 mg, 3–4 kali dalam sehari.

Iprox 100 mg Suspensi 60 ml

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp69.543
Beli Iprox 100 mg Suspensi 60 ml di Aloshop

Iprox Suspensi terbuat dari ibuprofen yang dapat menurunkan demam atau meredakan nyeri ringan karena gigi berlubang. Ibuprofen bekerja menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat pemicu munculnya bengkak dan nyeri yang kerap terjadi pada gigi berlubang.

Obat ini tersedia dalam bentuk suspensi. Untuk mengonsumsinya, dosis yang dianjurkan berdasarkan usia adalah:

  • 1–3 tahun: 100 mg, 3 kali sehari
  • 4–6 tahun: 150 mg, 3 kali sehari
  • 7–9 tahun: 200 mg, 3 kali sehari
  • 10–12 tahun: 300 mg, 3 kali sehari

Panadol Extra 10 Kaplet

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp15.572 per blister
Beli Panadol Extra 10 Kaplet di Aloshop

Panadol Extra 10 Kaplet terbuat dari paracetamol. Obat ini mampu meredakan nyeri pada gigi maupun kepala yang mungkin menyertai sakit gigi berlubang. Obat ini juga mengandung kafein yang dapat meningkatkan efektivitas paracetamol dalam mengatasi nyeri.

Panadol Extra tersedia dalam bentuk kaplet. Dosis untuk orang dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas adalah 1 kaplet, 3–4 kali sehari.

Profenal 10 Kaplet

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Rp30.686

Profenal Kaplet terbuat dari ibuprofen dan paracetamol. Kedua kandungan tersebut dapat meredakan sakit gigi, sakit kepala, atau gusi bengkak yang terjadi akibat gigi berlubang.

Profenal Kaplet dapat dikonsumsi setelah makan. Dosis obat sakit gigi berlubang ini untuk orang dewasa adalah 1 kaplet, 3–4 kali dalam sehari.

Eugenia Dental

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp19.055
Beli Eugenia Dental di Aloshop

Eugenia Dental terbuat dari eugenol yang dapat mengurangi sakit dan peradangan karena gigi berlubang. Obat ini tersedia dalam bentuk cair dengan ukuran 3 ml dan 6 ml.

Untuk menggunakan Eugenia Dental, Anda bisa meneteskannya pada kapas atau cotton bud, lalu oleskan ke sekitar gigi yang sakit. Gigit kapas jika diperlukan. Obat sakit gigi berlubang ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak usia di atas 2 tahun.

Dentasol Drop 10 ml

9 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh dan Bekerja Cepat - Alodokter

Harga: Rp9.973 per botol
Beli Dentasol Drop 10 ml di Aloshop

Dentasol Drop terbuat dari benzocaine yang dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang, sariawan, maupun radang gusi. Obat ini tersedia dalam bentuk cair.

Obat sakit gigi berlubang ini dapat Anda pakai dengan cara mengoleskannya pada area gigi yang sakit menggunakan kapas atau jari. Jika perlu, ulangi pemakaian Dentasol Drop setiap 3–4 jam.

Berbagai obat sakit gigi berlubang di atas dapat Anda coba untuk mengatasi rasa sakit akibat lubang pada gigi. Namun, perlu diingat bahwa obat ini hanya meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Untuk mengatasi gigi berlubang itu sendiri dan mencegah munculnya komplikasi, seperti abses gigi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi. Anda juga perlu ke dokter jika kondisi tidak kunjung membaik atau malah memburuk meski telah menggunakan obat di atas.