Penting untuk mengetahui dan memastikan seberapa aman obat sakit gigi untuk ibu menyusui. Pasalnya, beberapa obat sakit gigi bisa menimbulkan efek samping yang membahayakan bayi atau mengganggu proses menyusui.

Memilih obat sakit gigi untuk ibu menyusui memang tidak bisa sembarangan karena obat bisa masuk ke dalam air susu ibu (ASI) dan memengaruhi bayi. Namun, sakit gigi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu, sehingga mau tidak mau perlu diatasi dengan obat.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang Aman - Alodokter

Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui

Pengobatan sakit gigi perlu disesuaikan dengan penyebabnya, misalnya gigi berlubang atau radang gusi. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapat perawatan gigi dan mulut yang tepat.

Jika memang diperlukan, konsumsi obat sakit gigi untuk ibu menyusui disarankan dilakukan setelah selesai menyusui bayi atau sebelum bayi tidur lama di malam hari agar efek dari obat tidak memengaruhi ASI yang diminum bayi.

Berikut adalah beberapa pilihan obat sakit gigi untuk ibu menyusui:

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan salah satu obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang aman untuk dikonsumsi jika mengikuti dosis yang sesuai. Dengan mengonsumsi paracetamol, rasa nyeri yang muncul saat sakit gigi dapat berkurang.

2. Ibuprofen

Ibuprofen juga dapat menjadi obat sakit gigi untuk ibu menyusui. Konsumsi ibuprofen terbilang aman dan tidak membahayakan bayi selama dosisnya tidak berlebihan. Namun, obat ini bisa memperparah luka pada lambung (tukak lambung) atau asma.

3. Asam mefenamat

Obat antinyeri ini dapat digunakan sebagai obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang aman. Meskipun dapat masuk ke dalam ASI, asam mefenamat jarang menimbulkan efek samping pada bayi.

4. Antibiotik

Untuk menyembuhkan sakit gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, akan diperlukan pemberian antibiotik. Beberapa jenis obat antibiotik yang terbilang aman untuk ibu menyusui adalah amoxicillin, cefadroxil, dan erythromycin.

Meski obat-obatan di atas terbilang aman, ada baiknya ibu menyusui berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait penggunaannya, apalagi jika bayi terlahir prematur, memiliki berat badan rendah, atau memiliki kondisi medis tertentu. Tidak disarankan bagi ibu menyusui untuk meminum obat apa pun yang di luar rekomendasi dokter.

Pengobatan Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui di Rumah

Selain mengonsumsi obat, perawatan sederhana di rumah juga bisa dilakukan untuk mengobati sakit gigi ibu menyusui. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi di rumah:

Berkumur air garam

Air garam dapat menjadi pembersih bakteri alami dan mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Peradangan dan luka di sekitar gigi dan gusi juga bisa teratasi dengan berkumur air garam.

Untuk mendapatkan manfaat air garam, campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan jadikan sebagai obat kumur.

Tempelkan kompres dingin

Gunakan kompres dingin di area sekitar gigi yang sakit. Caranya adalah dengan membungkus es batu dengan handuk, kemudian tempelkan kompres dingin tersebut ke pipi yang dekat dengan gigi yang sakit. Metode ini juga bisa mengurangi radang dan pembengkakan di sekitar gigi yang sakit.

Gunakan obat kumur

Obat kumur biasanya mengandung senyawa alami, seperti menthol, yang dapat memberi efek dingin dan meredakan rasa nyeri. Selain itu, obat kumur antiseptik juga dapat membunuh bakteri pada gigi dan lidah Anda, sehingga peradangan yang disebabkan olehnya berkurang.

Selain dengan cara di atas, Anda juga perlu menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin karena bisa menyebabkan gigi bertambah ngilu dan sakit. Konsumsilah makanan yang bertekstur lembut dan hindari makanan yang terlalu manis.

Obat sakit gigi untuk ibu menyusui dapat dikonsumsi untuk meredakan rasa tidak nyaman. Namun jika sakit gigi tetap kembali lagi setelah minum obat, Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter gigi agar masalah penyebab sakit gigi bisa diatasi dengan tepat.

Selain itu, ibu menyusui juga harus tetap menjaga kesehatan gigi guna mencegah terjadinya sakit gigi. Pastikan Anda rutin menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari dan membersihkan sisa makanan yang menempel di sela gigi dengan benang gigi sekali sehari. Jangan lupa periksakan gigi Anda ke dokter gigi secara rutin.