Siapa bilang skincare pria boleh diabaikan? Wanita maupun pria sama-sama perlu merawat kulit wajahnya dengan rutin pakai skincare, lho! Pilihan produk perawatan kulit pria juga tidak boleh asal-asalan.

Kulit wajah pria perlu dirawat dari dalam maupun luar tubuh. Menjaga kesehatan kulit pria dari dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, tidur dan istirahat cukup, mengelola stres dengan baik, dan hindari merokok.

Pentingnya Skincare Pria dan Pilihan Produk yang Bisa Digunakan - Alodokter

Sementara itu, perawatan dari luar bisa dilakukan dengan rutin menggunakan skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Alasan Mengapa Pria Perlu Pakai Skincare

Buat para pria yang merasa kulit wajah tidak mudah kotor seperti wanita karena tidak pakai makeup? Atau merasa kulit wajah akan baik-baik saja tanpa perlu perawatan ekstra? Kalau kamu punya pikiran seperti ini, kamu salah besar.

Kulit wajahmu tetap bisa kotor karena tumpukan debu dan asap kendaraan maupun rokok. Kamu juga perlu tahu kalau kebanyakan kulit pria lebih berminyak dibandingkan wanita. Selain itu, perubahan warna kulit pada pria seiring dengan pertambahan usia dinilai lebih signifikan dari wanita.

Nah, kalau kamu abai dalam melakukan perawatan kulit, skin barrier atau pelindung kulitmu bisa rusak. Akibatnya, kulit rentan menjadi kering dan kusam, serta muncul flek hitam, komedo, kerutan, dan jerawat.

Apalagi kalau kamu malas memakai sunscreen. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi terbakar (sunburn), penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Produk Skincare untuk Pria

Pada dasarnya, produk skincare untuk pria dan wanita tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah produk untuk skincare pria dan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilihnya:

1. Sabun cuci muka

Biar lebih praktis, tidak sedikit pria yang menggunakan sabun badan untuk mencuci muka. Ngaku deh, apa kamu juga melakukannya? Hal ini tidak boleh dilakukan, ya. Sabun badan biasanya mengandung wewangian dan bersifat abrasif yang dapat membuat kulit muka menjadi iritasi.

Sebaiknya, gunakanlah sabun khusus muka yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan produk tersebut tidak mengandung pewangi dan berlabel “non-comedogenic”. Selain itu, cucilah muka dua kali sehari dan usahakan saat mencuci muka jangan digosok-gosok terlalu kasar.

2. Pelembap

Jangan malas pakai pelembap, ya. Produk ini berperan penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang kering lebih rentan untuk bersisik, mengalami kerutan, hingga tampak lebih kusam. Nah, dengan menggunakan pelembab, masalah-masalah kulit tersebut diharapkan bisa dicegah dan kulit wajah akan tampak lebih segar, cerah, dan tampak awet muda.

Pilihlah produk pelembap yang mengandung ceramide, hyaluronic acid, atau gliserin di dalamnya. Pelembap wajah bisa digunakan setelah mandi, bercukur, dan cuci muka.

3. Sunscreen

Banyak pria yang enggan pakai sunscreen karena beberapa produk skincare ini meninggalkan noda putih (white cast) saat digunakan. Padahal, peran sunscreen sangat penting untuk mencegah bahaya paparan sinar UV, lho.

Biar wajah jadi tidak abu-abu setelah pakai sunscreen, pilihlah produk yang menggunakan formula chemical atau hybrid sunscreen. Kedua jenis sunscreen ini punya tekstur ringan dan tidak menimbulkan white cast. Pastikan juga sunscreen mengandung SPF 30 atau lebih.

4. Serum

Selain ketiga skincare wajib di atas, kamu juga perlu nih pakai serum. Kamu bisa memilih serum sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu, mulai dari yang menjaga skin barrier hingga yang untuk memutihkan wajah.

Salah satu yang bisa kamu pilih adalah serum vitamin C. Gunakan serum ini dalam rangkaian skincare pagi untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Kamu bisa gunakan serum ini sebelum memakai pelembap.

Serum retinol juga perlu kamu pakai, terlebih bila kamu sudah berusia di atas 30 tahun. Retinol akan membuat kulit wajah lebih awet mudah dengan mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Gunakan serum retinol di malam hari.

Setelah mengetahui pentingnya pakai skincare pria, kini kamu tidak boleh lagi melewatkan atau malas menggunakannya, ya. Mungkin awalnya terasa berat untuk membentuk kebiasaan pakai skincare, tetapi lama-kelamaan kamu akan terbiasa, kok. Apalagi, bila kamu sudah merasakan hasilnya.

Kalau masih bingung menentukan jenis skincare pria yang cocok untuk jenis kulitmu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi juga penting dilakukan kalau kamu memiliki kondisi kesehatan kulit tertentu.