Konsumsi buah tinggi air bisa menjadi cara yang baik untuk membuat tubuh terhidrasi. Rutin makan buah-buahan ini juga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuhmu. Yuk, simak daftar buah tinggi air di artikel ini.

Buah kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, dan senyawa tanaman lain, termasuk antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dari banyaknya jenis buah, beberapa di antaranya memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Pilihan Buah Tinggi Air yang Dapat Menghidrasi Tubuh - Alodokter

Makan buah tinggi air dapat mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan tubuh yang terhidrasi, kamu pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit, kualitas tidur meningkat, dan suasana hati terjaga dengan baik.

Jenis-Jenis Buah yang Tinggi Air

Berikut ini adalah beberapa pilihan buah tinggi air yang bisa kamu konsumsi setiap hari:

1. Semangka

Semangka memiliki kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 92%. Meski rendah kalori, buah ini tetap bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makanmu dapat terkendali. Jadi, semangka cocok banget dijadikan sebagai pilihan buah untuk menurunkan berat badan.

2. Stroberi

Dengan kadar air yang mencapai 91%, stroberi termasuk dalam buah yang bisa mencegah dehidrasi. Stroberi juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh, sehingga dapat membuat badan tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Jeruk bali merah

Jeruk bali merah atau grapefruit dikemas dengan kadar air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 91%. Buah sitrus jenis ini baik dikonsumsi setelah berolahraga, lho. Pasalnya, berkat kandungan air, gula, dan elektrolit alami di dalamnya, jeruk bali merah dapat membantu mempercepat pemulihan otot setelah olahraga.

4. Blewah

Tak perlu heran mengapa blewah menjadi buah yang menyegarkan saat dikonsumsi. Pasalnya, buah ini mengandung kadar air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 90%. Nutrisi pada blewah juga dapat membantu menurunkan berat badan dan melindungi tubuh dari infeksi.

5. Persik

Hampir 90% buah persik terdiri dari air. Buah dengan rasa manis ini juga menjadi sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan potasium. Untuk memperkaya manfaatnya, kamu bisa mengolah buah persik menjadi salad dengan menambahkan yoghurt, keju, dan potongan buah lainnya.

6. Nanas

Nanas termasuk dalam buah tinggi air karena menyimpan sekitar 87% kadar air di dalamnya. Buah ini juga mengandung enzim bromelain yang akan memecah protein dalam tubuh, melancarkan kerja pencernaan, dan mencegah terjadinya peradangan tubuh.

7. Mentimun

Buah yang kerap disangka sayur ini memiliki kadar air yang sangat tinggi lho, kira-kira mencapai 95%. Mentimun juga termasuk dalam buah rendah kalori, sehingga dapat kamu konsumsi sehari-hari untuk menurunkan dan menjaga berat badan.

Dari beberapa jenis buah tinggi air di atas, buah mana yang menjadi favoritmu, nih? Selain konsumsi buah tinggi air, pastikan kamu minum air putih yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi.

Lengkapi juga menu makanmu dengan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, telur, serta seafood, agar kesehatan fisik dan mental terjaga dengan baik.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait buah tinggi air atau ingin mengandalkan buah-buahan sebagai pengobatan suatu penyakit, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya.