Sakit mata merah tidak hanya dapat mengganggu penampilan, tapi juga cukup sering menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk meredakannya, ada sejumlah cara yang bisa Anda coba, baik yang bersifat alami maupun dengan obat-obatan medis.

Sakit mata merah terjadi ketika adanya pembengkakan atau pelebaran pembuluh kecil di antara bagian putih mata (sklera) dan selaput di bagian dalam kelopak mata (konjungtiva). Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari iritasi, alergi, atau infeksi. Namun, iritasi merupakan faktor yang paling sering menyebabkan mata merah.

Pilihan Obat Sakit Mata Merah - Alodokter

Biasanya, mata dapat teriritasi ketika terpapar debu, asap rokok, asap kendaraan, atau sinar matahari yang terlalu lama. Selain itu, mata merah juga bisa disebabkan oleh paparan bahan kimia, misalnya sabun, sampo, dan zat klorin di dalam air kolam renang.

Obat Sakit Mata Merah Alami

Berikut ini adalah cara-cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit mata merah:

1. Basuh dengan air

Jika Anda mengalami sakit mata merah setelah mata Anda kemasukan benda asing, seperti debu atau pasir, segeralah bersihkan mata Anda dengan cara membasuhnya menggunakan air mengalir. Setelah itu, cobalah berkedip beberapa kali hingga benda tersebut keluar.

Saat mata kemasukan benda asing, pastikan untuk tidak mengucek-ucek mata, karena hal ini justru dapat mendorong partikel masuk lebih dalam ke mata dan sulit dikeluarkan.

2. Kompres hangat atau dingin

Kompres hangat pada mata diketahui dapat meredakan sakit mata merah yang disertai nyeri dan gatal. Namun, bila sakit mata merah akibat iritasi sampai menimbulkan pembengkakan, Anda bisa mengatasinya dengan kompres dingin.

Cara mengompres mata dengan air hangat maupun dingin hampir sama. Anda cukup merendam kain bersih atau waslap yang lembut di dalam air hangat atau dingin, lalu angkat dan peras.

Setelah itu, letakkan kain atau waslap tersebut pada area mata selama 10 –15 menit. Anda bisa melakukan kompres mata dengan cara ini sebanyak 2–3 kali sehari.

3. Kompres dengan air mawar

Tidak hanya berguna untuk merawat kecantikan kulit, air mawar juga dapat membantu mengatasi keluhan sakit mata merah. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi air mawar. Diamkan kompres pada mata selama sekitar 20 menit.

4. Kompres dengan kantung teh

Studi menyebutkan bahwa kantung teh memiliki banyak manfaat untuk mengatasi keluhan pada mata, mulai dari mata panda, bintitan, hingga mata merah.

Untuk meredakan sakit mata merah, Anda bisa coba mengompres mata dengan kantung teh calendula, teh chamomile, atau teh hijau, karena jenis teh ini memiliki sifat antiradang yang baik untuk mengurangi pembengkakan sekaligus iritasi mata.

Penanganan Sakit Mata Merah dengan Obat Medis

Bila sakit mata merah tidak juga membaik setelah dilakukan pengobatan secara alami, apalagi jika sampai menimbulkan gangguan penglihatan, kondisi ini sebaiknya ditangani dengan obat-obatan medis.

Untuk mengobati mata merah yang Anda alami, dokter perlu memastikan dulu penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan mata. Setelah penyebab mata merah diketahui, barulah dokter dapat memberikan obat sakit mata merah yang sesuai.

Jenis obat sakit mata merah yang biasa diberikan oleh dokter antara lain:

Antibiotik

Jika sakit mata merah Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik berupa obat tetes mata, salep mata, atau obat yang diminum.

Antibiotik juga biasanya diberikan untuk mengatasi berbagai penyakit pada mata, seperti blefaritis, konjungtivitis, ulkus kornea, dan uveitis, yang menimbulkan keluhan mata merah, nyeri, gatal, bernanah, dan bengkak.

Antihistamin

Antihistamin biasanya digunakan untuk mengatasi sakit mata merah yang disebabkan oleh alergi. Obat ini bekerja dengan cara menghalangi produksi zat histamin yang menimbulkan reaksi alergi, seperti mata merah, berair, dan gatal.

Obat tetes mata

Obat tetes mata bisa menjadi solusi pengobatan yang efektif untuk mengatasi sakit mata merah akibat iritasi ringan. Contohnya adalah obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride. Zat ini bekerja dengan cara mengempiskan pembuluh darah mata yang bengkak, sehingga keluhan mata merah dapat teredakan.

Selain itu, obat tetes mata yang mengandung air mata buatan (artificial tears) juga bisa digunakan untuk mengobati mata kering yang bisa memicu mata merah.

Di samping mengandung zat yang efektif meredakan mata merah, sebaiknya Anda pilih obat tetes mata steril dengan komponen penetes (corong) yang dirancang khusus untuk menjaga volume tetesan tetap stabil agar tidak luber ketika digunakan.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, pastikan Anda menggunakan obat tetes mata sesuai anjuran dokter atau petunjuk yang tertera pada kemasan. Hindari memakai obat tetes mata terlalu sering, karena hal ini justru dapat memperparah iritasi mata.

Itulah beragam cara mengatasi sakit mata merah. Kadang kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan penanganan alami, tetapi tidak jarang juga dibutuhkan obat medis untuk mengatasinya.

Jika Anda mengalami sakit mata merah yang disertai nyeri kepala, penglihatan kabur secara tiba-tiba, demam, mual dan muntah, atau mata terasa mudah silau dan sensitif terhadap cahaya, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.