Sariawan bisa menjadi salah satu penyebab bayi tampak rewel, bahkan tidak nafsu makan. Nah, obat sariawan untuk bayi dapat digunakan untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan mempercepat proses penyembuhannya. Obat sariawan tersebut bisa berasal dari bahan alami maupun obat yang diresepkan dokter.

Sariawan tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa, tetapi bayi juga bisa mengalaminya. Kondisi ini dapat terjadi saat bayi mulai tumbuh gigi, alergi makanan, kekurangan nutrisi tertentu, atau bahkan terkena infeksi jamur.

Pilihan Obat Sariawan untuk Bayi secara Alami dan Medis - Alodokter

Bayi yang sariawan cenderung lebih rewel, gelisah, bahkan tidak mau makan dan minum sehingga membuatnya rentan mengalami dehidrasi maupun kekurangan asupan gizi.

Meski sariawan bisa sembuh dengan sendirinya, pemberian obat sariawan untuk bayi sering kali diperlukan untuk mencegah hal-hal di atas dan mempercepat proses penyembuhannya.

Pilihan Obat Sariawan untuk Bayi secara Alami

Sebelum menggunakan obat medis untuk mengatasi sariawan pada bayi, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan alami untuk meredakan keluhan yang dialami Si Kecil.

Meski biasanya mudah didapatkan, obat-obatan alami hanya boleh diberikan kepada bayi berusia 6 bulan atau sudah memperoleh MPASI. Berikut ini adalah pilihan obat sariawan alami untuk bayi:

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh (tea tree oil) bisa menjadi pilihan obat sariawan untuk bayi. Kandungan di dalamnya dipercaya bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat mengatasi sariawan.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan 2 tetes minyak pohon teh ke dalam setengah gelas air. Selanjutnya, oleskan secara perlahan di area sariawan dalam mulut Si Kecil menggunakan cotton bud.

2. Minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) juga termasuk bahan alami yang bisa meredakan sariawan pada bayi. Namun, pastikan minyak kelapa murni yang digunakan tidak diberi bahan tambahan apa pun.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa murni secara tipis dan perlahan pada sariawan dalam mulut Si Kecil.

3. Baking soda

Larutan baking soda juga bisa menjadi pilihan obat sariawan untuk bayi. Cara membuat larutannya pun cukup mudah, yaitu tuang 1 sendok teh baking soda ke dalam secangkir air hangat. Selanjutnya, oleskan larutan tersebut secara tipis dan lembut ke sariawan Si Kecil.

4. Probiotik

Probiotik termasuk dalam pilihan obat untuk meredakan sariawan pada bayi. Bakteri baik ini terkandung di dalam makanan, seperti yoghurt. Sebelum memberikannya kepada Si Kecil, pastikan Anda membeli yoghurt yang rendah gula dan pengawet.

Selain beberapa obat alami di atas, Anda juga bisa memberikan makanan atau sesuatu yang beku kepada Si Kecil guna meringankan keluhan nyeri akibat sariawan, misalnya buah beku atau teether yang telah disimpan di lemari pembeku.

Pilihan Obat Sariawan untuk Bayi secara Medis

Apabila obat sariawan untuk bayi secara alami tidak efektif untuk mengatasi sariawan yang dialami Si Kecil, sebaiknya Anda membawanya ke dokter. Jika sariawan yang terjadi akibat infeksi jamur, biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan, seperti:

Nystatin

Nystatin merupakan golongan obat antijamur yang berbentuk obat tetes atau obat oles untuk mengatasi sariawan karena infeksi jamur. Cara menggunakannya, cukup oleskan di area sariawan sebanyak 4 kali sehari, selama 10 hari.

Miconazole

Obat sariawan untuk bayi lainnya adalah miconazole. Obat ini mampu membunuh jamur Candida albicans yang menyebabkan sariawan. Untuk menggunakannya, oleskan langsung obat ini ke luka sariawan di dalam mulut Si Kecil dengan cotton bud.

Untuk menghindari risiko tersedak, oleskan sedikit demi sedikit ke bagian sariawan setelah Si Kecil menyusui.

Sariawan pada bayi umumnya bisa sembuh dalam waktu singkat. Agar tidak kambuh lagi, Anda perlu menjaga kebersihan mulut dan gigi Si Kecil, misalnya dengan membersihkan gusi dan lidahnya dengan kain basah yang lembut dan jangan biasakan Si Kecil minum susu dari botol selama tidur.

Sariawan memang bukanlah kondisi serius, tetapi bisa membuat bayi tidak nyaman dan tidak mau minum susu maupun makan. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar obat sariawan untuk bayi, jangan ragu untuk bertanya ke dokter, ya.