Masker jeruk nipis mungkin belum setenar masker lidah buaya atau masker putih telur. Padahal, masker jeruk nipis juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Jeruk nipis yang kerap digunakan sebagai penyedap masakan juga dapat diolah menjadi produk perawatan kulit. Salah satunya adalah menjadi masker jeruk nipis. Masker alami ini dipercaya bermanfaat untuk mengobati jerawat dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini kulit.

5 Rahasia di Balik Kebaikan Masker Jeruk Nipis - Alodokter

Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit

Manfaat masker jeruk nipis diperoleh dari kandungan vitamin dan mineral, serta antioksidan yang ada di dalam jeruk nipis. Ada beragam manfaat masker jeruk nipis untuk kesehatan kulit, di antaranya:

1. Mencegah terjadinya jerawat

Jerawat bisa muncul karena minyak, bakteri, maupun sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan kandungan AHA, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya, masker jeruk nipis bisa membantu mengurangi produksi minyak penyebab jerawat.

2. Mengangkat sel kulit mati

Asam sitrat merupakan sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang secara alami dapat ditemukan pada buah citrus, termasuk jeruk nipis. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis ini dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih halus.

3. Mencerahkan kulit

Pada sebagian orang, munculnya jerawat sering kali disertai dengan bintik-bintik hitam atau bercak yang disebut hiperpigmentasi. Bercak ini sering kali menetap sebagai bekas jerawat yang mengganggu. Keluhan pada kulit ini dapat diobati dengan menggunakan masker jeruk nipis.

Kandungan AHA dan vitamin C pada jeruk nipis dipercaya dapat memudarkan bekas jerawat, sehingga warna kulit wajah menjadi lebih merata serta tampak cerah.

Meski demikian, kandungan AHA pada jeruk lebih rendah dibanding produk perawatan kulit yang mengandung AHA. Oleh karena itu, untuk mendapat hasil yang maksimal dalam mencerahkan kulit, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter.

4. Memperlambat penuaan kulit

Paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti garis-garis halus, keriput, atau kulit kendur.

Menggunakan masker jeruk nipis dipercaya dapat menunda munculnya tanda-tanda penunaan dini pada kulit karena kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada jeruk nipis juga diyakini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis

Beragam manfaat di atas menunjukkan bahwa masker jeruk nipis bisa menjadi cara alami untuk merawat kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa membuat sendiri masker jeruk nipis di rumah.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker jeruk nipis:

  • Siapkan jeruk nipis, potong menjadi dua bagian, dan peras jeruk nipis ke kapas atau wadah.
  • Oleskan masker jeruk nipis pada wajah sampai leher diamkan selama 5 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat kemudian keringkan wajah.

Selain mengoleskan masker jeruk nipis secara langsung, Anda bisa mencampurnya dengan air, madu, atau yogurt.

Secara umum, masker jeruk nipis aman digunakan untuk orang yang memiliki kulit normal. Namun jika memiliki kulit sensitif, Anda tidak disarankan menggunakan masker ini. Anda juga sebaiknya tidak mengoleskan masker jeruk nipis jika menderita dermatitis seboroik atau rosacea karena dapat memperburuk iritasi kulit.

Manfaat masker jeruk nipis untuk kesehatan kulit memang cukup banyak. Namun, masker jeruk nipis belum tentu dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Selain itu, masker jeruk nipis mungkin dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Agar aman, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan masker jeruk nipis untuk merawat kulit maupun mengatasi masalah kulit tertentu.