Rhinitis adalah peradangan atau iritasi pada lapisan lendir hidung, yang ditandai dengan gejala berupa pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Kondisi ini juga dapat terjadi akibat radang pada mata, telinga, atau tenggorokan.

Rhinitis dapat bersifat ringan hingga berat. Rhinitis ringan biasanya tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, rhinitis berat dapat mengganggu aktivitas bahkan mengganggu tidur.

rhinitis, gejala, penyebab, adalah, cara mencegah, cara mengobati, alodokter

Bila terjadi berkepanjangan, rhinitis dapat menimbulkan komplikasi berupa sinusitis, infeksi telinga tengah, atau polip hidung.

Penyebab Rhinitis

Rhinitis terbagi menjadi dua jenis, yakni rhinitis yang disebabkan oleh alergi dan nonalergi. Sesuai namanya, rhinitis alergi umumnya muncul akibat alergi, misalnya terhadap bulu hewan peliharaan, asap, dan debu. Sementara itu, rhinitis yang tidak disebabkan oleh alergi bisa dipicu oleh infeksi, obat-obatan, dan perubahan cuaca.

Pengobatan dan Pencegahan Rhinitis

Rhinitis ringan dapat diatasi dengan irigasi atau bilas hidung, serta obat pilek yang bisa dibeli tanpa resep. Namun, bila tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Perlu diingat, hal terpenting dalam mencegah rhinitis adalah dengan menghindari pemicunya, seperti polusi udara dan bulu hewan. Penderita juga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan.