Rhinos SR adalah obat yang bermanfaat untuk meredakan gejala rhinitis alergi, seperti bersin, rasa gatal pada hidung, hidung berair, dan hidung tersumbat. Rhinos SR tidak dapat menyembuhkan alergi

Rhinos SR mengandung loratadine dan pseudoephedrine. Loratadine merupakan antihistamin yang bekerja dengan cara menghambat efek histamin yang memicu munculnya reaksi alergi saat tubuh terpapar alergen (bahan/zat pemicu alergi).

Rhinos SR

Sedangkan pseudoephedrine merupakan dekongestan yang bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah di saluran hidung, sehingga keluhan hidung tersumbat bisa mereda.

Rhinos SR tersedia dalam bentuk kapsul lepas lambat. Tiap kapsul mengandung 5 mg loratadine, 60 mg pseudoephedrine HCI lepas segera, dan 60 mg pseudoeohedrine HCI lepas lambat.

Apa Itu Rhinos SR

Bahan aktif Loratadine dan pseudoephedrine
Golongan Obat resep
Kategori Antihistamin dan dekongestan
Manfaat Mengatasi gejala rinitis alergi, seperti bersin-bersin, hidung gatal, hidung berair,dan hidung tersumbat
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Rhinos SR untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan

Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan obat yang mengandung pseuoefedrin dan loratadine jika Anda sedang hamil.

Kandungan loratadine dan pseudoephedrine dapat terserap ke dalam ASI. Bila sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa sepengetahuan dokter.

Bentuk obat Kapsul lepas lambat

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Rhinos SR

Sebelum mengonsumsi Rhinos SR, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi Rhinos SR jika Anda alergi terhadap loratadine atau pseudoephedrine. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita penyakit jantung atau pembuluh darah, termasuk aritmia, penyakit jantung koroner, atau hipertensi Rhinos SR sebaiknya tidak digunakan oleh pasien dengan kondisi tersebut.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau dalam 10–14 hari terakhir baru saja menjalani pengobatan dengan obat MAOI. Rhinos SR sebaiknya tidak digunakan oleh pasien tersebut.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita diabetes, kejang penyakit ginjal, penyakit liver, hipertiroid, glaukoma, pembesaran kelenjar prostat, retensi urin, atau hipertiroidisme.
  • Rhinos SR mengandung loratadine. Sebisa mungkin hindari mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi obat ini, karena terkadang bisa timbul efek samping berupa kantuk.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Jika gejala tidak membaik setelah 7 hari penggunaan obat, periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi Rhinos SR

Dosis dan Aturan Pakai Rhinos SR

Dosis Rhinos SR untuk dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas adalah 1 kapsul tiap 12 jam.

Cara Mengonsumsi Rhinos SR dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada pada kemasan obat sebelum mengonsumsi Rhinos SR. Jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Rhinos SR dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Usahakan untuk mengonsumsi obat pada jam yang sama tiap harinya agar pengobatan maksimal.

Telan obat secara utuh dengan bantuan segelas air. Jangan menggigit, mengunyah, atau membuka kapsul Rhinos SR saat meengonsumsinya, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Obat ini dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan laboratorium tertentu, seperti tes alergi. Pastikan untuk memberi tahu dokter atau petugas kesehatan bahwa Anda sedang mengonsumsi Rhinos SR.

Jika lupa mengonsumsi Rhinos SR, disarankan untuk segera meminumnya bila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan Rhinos SR di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Rhinos SR dengan Obat Lain

Berikut adalah beberapa interaksi antarobat yang dapat terjadi jika Rhinos SR digunakan bersamaan dengan obat lain:

  • Peningkatan risiko terjadinya krisis hipertensi jika digunakan dengan obat golongan MAOI, seperti linezolid
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping jika digunakan denganerythromycin, cimetidine, itraconazole, atau ketoconazole
  • Penurunan kadar Rhinos SR dalam darah jika digunakan dengan carbamazepine atau rifampicin

Efek Samping dan Bahaya Rhinos SR

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi Rhinos SR adalah:

Beri tahu dokter jika efek samping yang disebutkan di atas tidak kunjung mereda atau justru semakin memberat. Anda juga harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat setelah mengonsumsi Rhinos SR.