Manfaat petroleum jelly yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam melembapkan kulit. Padahal, tak hanya untuk merawat kulit, khasiat petroleum jelly juga berguna untuk kecantikan, mulai dari merawat rambut yang rusak hingga membuat alis lebih rapi.

Manfaat petroleum jelly berasal dari bahan utamanya, yaitu minyak mineral dan lilin yang dapat membantu melapisi kulit dan mencegah penguapan air. Dengan kemampuannya ini, petroleum jelly secara efektif membuat kulit tetap terjaga kelembapannya.

Serba Guna, Setidaknya Ada 20 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan - Alodokter

Tak heran jika produk ini sering dimanfaatkan sebagai obat oles untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti luka atau iritasi, yang membutuhkan kelembapan optimal untuk sembuh.

Manfaat Petroleum Jelly

Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit, petroleum jelly juga memiliki segudang manfaat lain. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mengatasi bibir kering

Udara yang panas bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah. Anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan petroleum jelly ke bibir. Terlebih lagi, bahan ini aman dari parfum, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan reaksi alergi saat menggunakannya.

2. Mengatasi kaki pecah-pecah

Kaki pecah-pecah kerap menjadi masalah pada kulit kaki yang kering. Jika mengalaminya, Anda bisa memanfaatkan petroleum jelly. Setelah mandi, rendam kaki ke dalam air hangat dengan tambahan sedikit garam.

Setelah itu, keringkan dengan handuk dan oleskan bagian yang kering dengan petroleum jelly, kenakan kaus kaki, dan diamkan semalaman. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

3. Membersihkan makeup mata

Petroleum jelly bisa menjadi pembersih make up mata yang efektif dan aman. Bahkan, petroleum jelly juga diketahui mampu menghilangkan maskara yang tahan air dengan lebih optimal. Cara menggunakannya, oleskan petroleum jelly pada cotton bud atau kapas kosmetik dan bersihkan makeup secara perlahan.

4. Membuat alis tampak lebih rapi

Anda bisa menggunakan petroleum jelly sebagai trik untuk membuat alis terlihat lebih rapi dan berbentuk sesuai dengan kemauan Anda. Caranya, oleskan sedikit petroleum jelly ke alis, kemudian bentuk dan arahkan alis sesuai keinginan Anda.

Tekstur petroleum jelly yang padat tapi juga fleksibel dapat memastikan alis tetap menempel.

5. Membuat eye shadow tahan lama

Sebelum mengaplikasikan eye shadow, oleskan tipis petroleum jelly pada kelopak mata agar eye shadow tetap menempel sepanjang hari. Anda juga bisa mencampur bubuk eyeshadow dengan petroleum jelly untuk membentuk krim eyeshadow yang lebih tahan lama.

6. Mengatasi rambut bercabang

Paparan sinar matahari, angin, atau air kolam bisa membuat rambut kering dan bercabang. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly pada telapak tangan dan menggosoknya secara perlahan pada ujung rambut untuk mengurangi masalah rambut bercabang sekaligus membuat rambut lebih berkilau.

7. Mencegah cat rambut menempel pada kulit kepala

Saat mewarnai rambut, cat yang digunakan bisa mengalir ke daerah wajah dan ikut mewarnai bagian tersebut. Untuk mencegahnya, oleskanlah petroleum jelly pada sepanjang garis rambut yang diwarnai. Petroleum jelly bisa dibersihkan dengan mudah setelah Anda selesai mewarnai rambut.

8. Membersihkan noda cat kuku pada kulit

Saat akan mengecat kuku, Anda bisa mengolesi area kulit sekitar kuku dengan petroleum jelly. Cara ini akan membantu Anda membersihkan sisa-sisa cat yang menempel di kulit sekitar kuku.

9. Membuat kutikula kuku menjadi lembut

Kutikula kuku yang kering akan lebih mudah pecah-pecah dan mengelupas. Hal ini akan memudahkan bakteri untuk masuk dan menyebabkan infeksi. Agar kutikula kuku menjadi lembut dan sehat, cobalah oleskan petroleum jelly sebelum tidur. Cara ini juga bisa membuat kuku tampak lebih berkilau.

10. Menjaga tubuh tetap wangi

Oleskan petroleum jelly pada permukaan kulit yang biasa Anda semprotkan parfum. Petroleum jelly akan menyerap dan mempertahankan aroma parfum, sehingga Anda bisa wangi lebih lama.

11. Mengangkat sel kulit mati

Di rumah, Anda bisa membuat scrub sendiri dengan mencampurkan petroleum jelly dengan sedikit gula pasir. Scrub yang terbuat dari campuran petroleum jelly dapat bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati sekaligus melindungi kulit Anda dari risiko iritasi.

12. Meredakan iritasi kulit setelah melakukan chemical peeling

Untuk meredakan kulit kering, merah, dan iritasi akibat iritasi kulit ringan dari chemical peeling, dokter mungkin akan menyarankan untuk mengoleskan petroleum jelly untuk menenangkan kulit.

13. Mempercepat penyembuhan luka

Kondisi yang ideal untuk proses penyembuhan luka adalah kondisi yang lembap. Oleh karena itu, petroleum jelly dapat menjadi solusi untuk mempercepat penyembuhan luka, mulai dari luka lecet hingga luka bakar ringan, dan mengurangi risiko terbentuknya bekas luka yang jelek.

Namun, sebelum mengoleskan petroleum jelly pada luka, pastikan permukaan kulit telah dibersihkan secara menyeluruh untuk menghindari infeksi bakteri. Hal ini karena infeksi pada luka akan lebih lama sembuh.

14. Mengatasi ruam popok

Petroleum jelly telah terbukti bisa mencegah terjadinya iritasi kulit bayi akibat penggunaan popok. Caranya, bersihkan dan keringkan kulit bayi dengan handuk. Setelah itu, oleskan petroleum jelly di bagian selangkangan atau area popok untuk melindungi kulit bayi agar tetap lembap.

15. Mengurangi rasa gatal

Petroleum jelly dapat mengurangi rasa gatal pada kulit, baik yang disebabkan oleh kulit kering maupun akibat gigitan serangga. Lakukan ini 3–4 kali setelah mandi atau sebelum tidur.

16. Memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit

Seiring bertambahnya usia, jaringan kulit akan berkurang kelembapannya sehingga dapat timbul kerutan. Dengan petroleum jelly, kelembapan kulit bisa terjaga sehingga munculnya tanda-tanda penuaan bisa diperlambat.

17. Mengatasi keratosis pilaris

Keratosis pilaris tidak berbahaya, tetapi bisa membuat kulit terlihat seperti kulit ayam, terasa sangat kasar, dan kadang-kadang gatal. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengoleskan petroleum jelly pada kulit.

18. Mengatasi iritasi karena paparan deterjen

Kandungan deterjen dapat memicu rasa gatal karena iritasi kulit (dermatitis kontak) pada sebagian orang. Anda dapat meminimalisir rasa gatal tersebut dengan mengoleskan petroleum jelly.

19. Meredakan iritasi kulit akibat terbakar sinar matahari

Paparan sinar matahari terlalu lama dapat membuat kulit terbakar, kemerahan, kering, dan gatal. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly untuk mengembalikan kelembapan kulit dan membantu proses pemulihan. Bila terdapat luka mengganggu, kunjungi dokter kulit.

20. Mengatasi alergi terhadap tanaman atau logam pada perhiasan imitasi

Sama halnya dengan gigitan serangga, rasa gatal akibat alergi terhadap serbuk tanaman maupun logam pada perhiasan imitasi juga dapat diredam dengan petroleum jelly. Petroleum jelly juga aman karena tergolong hipoalergenik (tidak memicu alergi).

Meski memiliki banyak manfaat, petroleum jelly hanya disarankan untuk penggunaan luar. Jangan mengonsumsi atau memasukkan petroleum jelly ke dalam tubuh dengan cara apa pun. Selain itu, pastikan kulit dalam keadaan bersih sebelum menggunakan petroleum jelly.

Jika penggunaan petroleum jelly tidak membantu mengatasi masalah kulit Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan yang tepat, sesuai dengan kondisi Anda.