Kamu sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur atau mengeluh kepala terasa berat saat bangun tidur? Kalau iya, simak penjelasan berikut tentang berbagai kemungkinan penyebab sekaligus cara mengatasinya.

Setidaknya, 1 dari 13 orang pernah mengalami sakit kepala saat bangun tidur. Keluhan ini memang mungkin untuk terjadi, karena pada pagi hari tubuh memproduksi hormon pereda nyeri lebih sedikit.

Sering Sakit Kepala saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Namun, jangan juga menyepelekan keluhan ini karena terkadang bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan tertentu yang kamu derita .

Berbagai Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur adalah:

1. Insomnia

Waktu tidurmu tidak teratur atau kamu menderita insomnia? Bisa jadi keluhan sakit kepala saat bangun tidur yang kamu alami dipicu oleh hal tersebut. Pasalnya, insomnia dapat membuat siklus tidur menjadi terganggu sehingga lambat laun mungkin untuk memicu terjadinya sakit kepala.

2. Migrain

Migrain atau sakit kepala pada satu sisi juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Sakit kepala di pagi hari yang disebabkan oleh migrain bisa semakin terasa pada pukul 4−8 pagi.

3. Kesulitan bernapas saat tidur (sleep apnea)

Sleep apnea adalah gangguan yang menyebabkan pernapasan penderitanya terhalang atau terimpit selama beberapa detik ketika tidur. Hal ini menyebabkan kadar oksigen dalam otak berkurang, sehingga memicu seseorang sakit kepala saat bangun tidur.

Beberapa gejala sleep apnea adalah mendengkur keras, sesak napas saat tidur, sering terbangun dari tidur, berkeringat ketika tidur, dan kelelahan ketika bangun tidur.

4. Kebiasaan menggemeretakkan gigi (bruxism)

Meski terlihat sederhana, kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur bisa menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur. Ini karena kebiasaan tersebut bisa membuat kualitas tidur menjadi berkurang sehingga secara tidak langsung dapat memicu keluhan sakit kepala.

5. Gangguan kecemasan dan depresi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gangguan kecemasan dan depresi merupakan salah satu penyebab sakit kepala kronis di pagi hari. Hal ini karena saat cemas atau depresi, orang cenderung sulit tidur dan mengalami insomnia sehingga berisiko mengalami sakit kepala saat bangun tidur.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Mengalami sakit kepala saat bangun tidur tentu sangat tidak nyaman. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu:

Menjaga kualitas tidur

Untuk membantu mengatasi keluhan sakit kepala saat bangun tidur, jaga pola tidur dengan tidur 7–9 jam setiap harinya. Merasa sulit untuk melakukannya? Coba ubah kebiasaan tidurmu agar waktu tidurmu tercukupi.

Caranya tidak sulit, kamu hanya perlu untuk membiasakan tidur dan bangun di jam yang sama, agar kualitas tidurmu tetap terjaga. Agar kamu mudah tertidur, ciptakan suasana tidur yang kondusif dengan meredupkan lampu, minum air putih sebelum tidur, mematikan gadget, dan menggunakan humidifier jika kamu memilikinya.

Untuk kamu yang menderita sleep apnea, cobalah untuk tidur dengan posisi miring. Posisi ini bisa membantu menjaga kualitas tidurmu dan mengurangi sesak napas.

Melakukan teknik relaksasi

Melakukan teknik relaksasi sebelum tidur bermanfaat untuk membuat tidurmu lebih nyenyak dan menghindarkanmu dari sakit kepala saat bangun tidur. Teknik relaksasi yang bisa kamu lakukan adalah meditasi dan yoga.

Mengelola stres

Cara mengatasi sakit kepala saat bangun tidur berikutnya adalah dengan mengendalikan stres. Ini dapat dilakukan dengan melakukan meditasi, berolahraga secara rutin, atau menceritakan kegelisahan atau keluh kesahmu kepada orang terdekat.

Jika hal tersebut telah kamu lakukan tapi kamu masih mengalami stres, atau stres yang diderita sudah semakin parah dan mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Membatasi konsumsi kafein

Mengonsumsi terlalu banyak kafein sebelum tidur akan membuatmu sulit tidur, serta menyebabkan tidurmu jadi tidak nyenyak. Oleh karena itu, batasi atau hindari konsumsi makanan atau minuman berkafein, seperti kopi, teh, atau cokelat.

Sakit kepala saat bangun tidur dapat diatasi dengan cara-cara di atas. Namun jika sakit kepala yang kamu alami tidak kunjung mereda atau disertai gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan ditangani dengan tepat.