Katanya, manfaat air purifier adalah untuk menurunkan risiko kambuhnya asma. Namun, ternyata tidak hanya itu saja, ada banyak manfaat lain dari air purifier, lho. Mau tahu? simak pembahasan tentang manfaat air purifier di sini, yuk!

Meski sedang berada di dalam rumah, bukan berarti kamu bisa terbebas dari polusi. Faktanya, ada banyak yang bisa menjadi sumber polusi udara, seperti asap rokok, bahan kimia dari produk pembersih rumah tangga, atau jamur yang menempel pada barang-barang lembap.

Tak Sedikit, Ini Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan - Alodokter

Nah, air purifier bisa membersihkan udara di dalam ruangan sumber polusi dengan menyaring udara kotor dan mengalirkannya kembali dalam bentuk udara bersih.

Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan

Berkat cara kerjanya tersebut, penggunaan air purifier bisa membawa beragam manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah alergi

Jika kamu menderita alergi, seperti alergi debu dan bulu hewan peliharaan, penggunaan air purifier diketahui bisa menurunkan risiko kambuhnya alergi. Hal ini karena air purifier akan membantu menyaring debu dan bulu hewan dari udara, dan mengalirkan udara yang lebih bersih dan lebih minim alergen.

Dengan begitu, risiko terpaparan alergen bisa menurun, yang pada akhirnya akan mengurangi risiko kekambuhan reaksi alergi.

2. Mencegah kambuhnya asma

Hampir sama dengan mekanisme kemunculan reaksi alergi, penderita asma juga bisa mengalami serangan jika di dalam udara yang kamu hirup terdapat alergen. Nah, penggunaan air purifier akan membantu membersihkan udara di sekitarmu, sehingga menurunkan risiko kambuhnya serangan asma.

3. Mengurangi risiko penularan penyakit

Selain memerangkap partikel kecil di dalam udara, beberapa penelitian menyebutkan bahwa air purifier juga bisa menyaring bakteri atau virus dari udara, lho. Inilah mengapa, penggunaan air purifier memiliki potensi untuk menurunkan risiko penularan penyakit, seperti flu,dan bahkan COVID-19.

4. Menghilangkan aroma menyengat

Menggunakan air purifier juga dapat membantu menyegarkan udara. Sesuai dengan cara kerja alat ini, setelah udara disaring, maka asap dan aroma yang menyengat di rumahmu, misalnya dari asap rokok, asap masakan, produk pembersih pakaian, atau produk pembersih rumah tangga, juga bisa menghilang

5. Menurunkan risiko terjadinya penyakit paru

Paparan asap rokok dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit paru obstruktif kronis bahkan kanker paru. Makanya, kalau di rumahmu ada perokok aktif, penggunaan air purifier bisa membantu mengurangi paparan asap rokok, sehingga risiko terjadinya penyakit paru juga bisa menurun.

Tips Memaksimalkan Kerja Air Purifier

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaan air purifier, kamu harus memastikan alat ini bekerja dengan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kerja air purifier:

  • Pastikan air purifier yang kamu gunakan dilengkapi dengan filter HEPA (high efficiency particulate air). Ini adalah filter yang dapat menyaring partikel hingga berukuran 0.3 mikron.
  • Tempatkan air purifier di ruangan tempat kamu menghabiskan waktu paling banyak.
  • Bersihkan filter di dalam air purifier secara berkala, biasanya setiap 6–12 bulan sekali.

Itulah beberapa manfaat air purifier yang bisa kamu peroleh dari penggunaannya. Namun, untuk menjaga kebersihan udara di rumah, selain menggunakan air purifier pastikan untuk berhenti merokok dan pasang exhaust serta pastikan ventilasi udara di rumah cukup.