Tanda ovulasi berhasil dibuahi pada setiap wanita bisa sangat beragam. Bahkan, tidak sedikit wanita yang menganggap tanda tersebut sebagai tanda menstruasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda ovulasi berhasil dibuahi agar kehamilan dapat terdeteksi dan diperiksa sejak dini.

Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur matang yang siap untuk dibuahi dari indung telur atau ovarium ke tuba falopi (saluran antara indung telur dan rahim).

Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi Sebagai Gejala Awal Kehamilan - Alodokter

Dalam prosesnya, sel telur yang matang tersebut akan bertemu sperma di dalam rahim dan terjadilah proses pembuahan. Wanita yang sedang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk selalu mengamati tanda-tanda ovulasi.

Tanda-tanda ovulasi pada setiap wanita cukup bervariasi. Namun, secara umum, wanita yang sedang dalam masa ovulasi biasanya akan mengalami kram ringan di perut, nyeri payudara, perut terasa kembung, keputihan, peningkatan suhu tubuh, serta peningkatan gairah seksual.

Kenali Beragam Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi

Ovulasi umumnya terjadi sekitar 2 minggu sebelum hari pertama menstruasi berikutnya dimulai. Proses pembuahan atau konsepsi sendiri bisa terjadi dalam waktu 1 hari setelah berhubungan seks atau beberapa hari kemudian. Pasalnya, sperma dapat bertahan hidup selama 5 hari di dalam tubuh wanita.

Sekitar 10–14 hari setelah proses pembuahan, sel telur akan berkembang menjadi embrio atau bakal janin yang kemudian tertanam di dinding rahim. Ketika embrio tertanam di dinding rahim, wanita akan mengalami pendarahan ringan atau flek dari vagina. Pendarahan ini disebut pendarahan implantasi.

Pendarahan implantasi berbeda dengan pendarahan saat menstruasi. Bila saat menstruasi darah yang keluar cukup banyak, namun pada pendarahan implantasi hanya akan tampak seperti bercak darah berwarna merah muda atau flek kecokelatan.

Tanda ovulasi ini umumnya disertai dengan kram perut ringan, suasana hati yang mudah berubah, sakit pinggang, dan sakit kepala.

Pendarahan akibat proses pembuahan biasanya berlangsung tidak lama dan akan menghilang dalam waktu beberapa jam atau sekitar 2 hari. Masa ini bisa diartikan sebagai salah satu tanda awal kehamilan. Meski demikian, tidak semua wanita hamil mengalami pendarahan implantasi.

Beberapa Gejala Awal Kehamilan Lainnya

Selain pendarahan implantasi, berhasilnya proses pembuahan membuat seorang wanita mengalami berbagai gejala awal kehamilan lainnya. Beberapa gejala awal kehamilan tersebut adalah:

  • Siklus menstruasi terhenti
  • Mual dan muntah
  • Kelelahan
  • Sering buang air kecil
  • Payudara membengkak atau terasa sedikit nyeri

Jika Anda mengalami pendarahan implantasi sebagai tanda ovulasi berhasil dibuahi dan disertai gejala-gejala di atas, ada baiknya bila Anda melakukan tes kehamilan secara mandiri menggunakan test pack untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

Bila hasilnya negatif, Anda bisa mengulang tes kehamilan pada minggu berikutnya. Namun, bila hasilnya positif, Anda dianjurkan untuk mulai menjaga kesehatan dan kehamilan Anda.

Anda juga dianjurkan untuk memastikan dan memeriksakan kehamilan Anda ke dokter kandungan. Dengan demikian, kesehatan Anda dan janin dapat dipantau sejak dini.

Sponsored by: