Perubahan fisik dan emosional yang Bumil alami pada trimester pertama kemungkinan besar merupakan tanda kehamilan normal. Agar tidak keliru mengartikannya sebagai gangguan kesehatan, Bumil perlu mengetahui apa saja tanda-tanda kehamilan normal pada trimester pertama.

Trimester pertama kehamilan merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan janin karena di masa inilah organ-organ janin mulai terbentuk. Seiring dengan perkembangan janin, tubuh Bumil pun akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan.

Tanda-tanda Kehamilan Normal pada Trimester Pertama - Alodokter

Munculnya tanda-tanda kehamilan atau perubahan pada tubuh Bumil disebabkan oleh perubahan hormon. Gejala-gejala yang muncul akibat perubahan tersebut bisa jadi merupakan tanda kehamilan normal di trimester pertama.

Tanda-Tanda Kehamilan Normal di Trimester Pertama

Selain telat datang bulan dan tes kehamilan yang menunjukkan hasil positif, ada beberapa tanda kehamilan normal yang umumnya dialami ibu hamil di trimester pertama, yaitu:

1. Morning sickness

Morning sickness adalah keluhan mual dan muntah yang dialami oleh banyak ibu hamil. Tanda kehamilan normal ini biasanya muncul pada usia kehamilan 4–12 minggu. Meski disebut morning sickness, keluhan ini juga bisa dirasakan pada siang atau malam hari.

Untuk meredakan mual saat hamil, Bumil bisa mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun lebih sering atau mencoba minum teh jahe. Karena morning sickness bisa membuat Bumil lebih sensitif terhadap aroma makanan, hindarilah konsumsi makanan yang pedas, berlemak, atau berbau tajam.

Bila mual dan muntah yang dialami cukup parah atau berlangsung sepanjang hari hingga membuat Bumil tidak bisa mengonsumsi makanan apa pun, segeralah konsultasikan ke dokter kandungan. Kondisi tersebut bisa jadi disebabkan oleh hipermemesis gravidarum yang perlu segera ditangani oleh dokter.

2. Perdarahan

Perdarahan dari vagina dalam jumlah sedikit merupakan salah satu tanda awal kehamilan normal. Perdarahan ini terjadi karena bakal janin (embrio) telah menempel pada dinding rahim. Munculnya tanda kehamilan ini dapat disertai dengan kram ringan dan terkadang menyerupai gejala menstruasi.

Meski begitu, Bumil tetap perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika perdarahan yang muncul sangat banyak, disertai nyeri atau kram berat, atau jika perdarahan keluar beserta gumpalan atau jaringan. Bumil juga perlu waspada jika perdarahan tersebut muncul setelah terjatuh atau mengalami benturan pada perut.

3. Kram

Kram merupakan tanda kehamilan normal yang biasanya dialami ibu hamil di awal kehamilan. Kram yang muncul selama hamil umumnya tidak jauh berbeda dengan yang dirasakan saat menstruasi.

Namun, kondisi ini juga bisa jadi tanda adanya masalah pada kehamilan jika kram terasa berat atau semakin parah dan disertai kontraksi yang terjadi setiap 5–20  menit sekali.

4. Keputihan

Keputihan selama kehamilan yang tidak mengganggu dan tidak terasa nyeri atau gatal adalah salah satu tanda kehamilan normal. Keputihan ini merupakan cara alami tubuh ibu hamil untuk melindungi dan menjaga jalan lahir dari infeksi.

Akan tetapi, Bumil perlu waspada jika keputihan selama kehamilan tampak berwarna kekuningan atau kehijauan, berbau tidak sedap, atau muncul beserta gejala lain, seperti vagina gatal atau nyeri, nyeri saat berkemih atau berhubungan intim, dan demam. Keputihan dengan ciri-ciri tersebut bisa jadi disebabkan oleh infeksi.

5. Kenaikan berat badan

Tanda kehamilan normal lainnya adalah berat badan yang naik secara bertahap. Selama hamil, peningkatan berat badan yang normal dan sehat adalah sekitar 1–2 kg di trimester pertama kehamilan dan 2–2,5 kg di trimester selanjutnya.

6. Tanda-tanda kehamilan normal lainnya

Selain beberapa tanda dan gejala di atas, Bumil mungkin juga akan mengalami tanda kehamilan normal lainnya, seperti perubahan suasana hati (mood swing), sembelit, sering buang air kecil, payudara terasa membesar atau bengkak, dan ngidam.

Rasa lelah juga menjadi hal yang lazim dialami pada masa kehamilan. Hal ini karena saat mengandung, tubuh ibu hamil akan bekerja lebih keras dan memerlukan lebih banyak energi untuk menunjang tumbuh kembang dan kesehatan janin di dalam kandungan.

Oleh karena itu, Bumil membutuhkan asupan makanan dan minuman yang lebih banyak daripada waktu sebelum hamil.

Tips Menjaga Kehamilan Normal di Trimester Pertama

Agar trimester pertama kehamilan berjalan dengan baik, Bumil disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Memperbanyak waktu istirahat
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta suplemen kehamilan
  • Tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat
  • Tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan membatasi konsumsi minuman berkafein

Meski perubahan fisik dan emosional di trimester pertama kehamilan adalah hal yang normal terjadi, Bumil tetap perlu waspada jika mengalami gejala yang cukup berat hingga mengganggu aktivitas dan istirahat Bumil.

Segeralah periksakan diri ke dokter kandungan jika Bumil mengalami perdarahan yang banyak dari vagina, keram perut atau sakit kepala yang hebat, serta demam. Tanda dan gejala tersebut kemungkinan besar menandakan adanya masalah pada kehamilan yang perlu segera ditangani oleh dokter.