Meningkatkan produktivitas kerja dapat membantu Anda menghemat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Pasalnya, Anda dapat menjadi lebih fokus dan pekerjaan yang menumpuk dapat segera diselesaikan.

Penurunan produktivitas kerja dapat memperlambat Anda dalam menuntaskan pekerjaan, sehingga Anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya.

Tingkatkan Produktivitas Kerja Anda dengan Cara Ini - Alodokter

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Buat daftar dan jadwal pekerjaan
    Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat kewalahan. Cobalah mengaturnya perlahan dengan membuat daftar hal-hal yang perlu Anda lakukan. Mulai dari apa yang perlu Anda lakukan selama satu hari, hingga satu minggu. Letakkan hal penting yang perlu Anda lakukan di bagian paling atas.
  • Siapkan tempat kerja Anda dengan baik
    Meja kerja yang berantakan dapat memecah fokus Anda, menyulitkan Anda dalam mencari dokumen atau keperluan kerja lainnya, sehingga dapat menghambat produktivitas kerja. Cobalah untuk menata meja kerja Anda dengan baik tanpa meletakkan terlalu banyak barang, terutama yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.
  • Hindari hal yang mengganggu fokus
    Konsentrasi merupakan kunci dalam meningkatkan produktivitas kerja. Jadi, pastikan Anda tetap fokus dengan menjauhi hal yang dapat mengganggu konsentrasi Anda. Misalnya dengan mematikan nada dering maupun notifikasi di ponsel Anda.
    Apabila pekerjaan Anda memungkinkan untuk mendengarkan musik, maka pilih musik yang dapat mempertahankan konsentrasi. Misalnya musik instrumental yang membuat Anda tetap fokus.
  • Pastikan area kerja Anda nyaman
    Untuk meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan juga perlu diperhatikan. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di meja kerja, pastikan Anda menggunakan kursi yang nyaman dengan tinggi yang sesuai dengan postur tubuh dan meja kerja (ergonomis). Hal ini penting untuk menghindari sakit pada bagian punggung dan leher yang dapat mengganggu produktivitas kerja Anda.
  • Beristirahatlah sejenak
    Meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti Anda terus terpaku pada pekerjaan tanpa melakukan istirahat sejenak. Setidaknya istirahatlah selama 15 menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat. Lakukanlah beberapa hal seperti keluar ruangan, membaca novel, melakukan peregangan ringan, atau mendengarkan musik.

Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda dengan Gaya Hidup Sehat

Meningkatkan produktivitas kerja tidak cukup hanya dengan menciptakan suasana kerja yang baik. Anda juga perlu menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup agar tidak menganggu produktivitas dalam pekerjaan.

Pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan, seperti berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup, merupakan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Beberapa hal di atas dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja. Hal itu akan memudahkan pekerjaan Anda, tapi juga membuat Anda merasa puas dengan pekerjaan. Selain itu, meningkatkan produktivitas akan mempersingkat waktu bekerja, sehingga Anda untuk memiliki lebih banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan.