Handphone (HP) membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Sayangnya, tak banyak yang menyadari dampak negatif HP bila pemakaiannya tidak terkontrol dan berlebihan. Kebiasaan inilah yang kemudian bisa menimbulkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Selain sebagai alat komunikasi, HP punya banyak fitur yang dapat dinikmati penggunanya, mulai dari kamera, permainan, hingga akses internet. Namun, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan HP berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan seseorang.

Hati-Hati Dampak Negatif HP bagi Kesehatan - Alodokter

Beberapa Dampak Negatif HP yang Perlu Diwaspadai

Terjadinya dampak negatif HP tergantung pada intensitas penggunaannya. Semakin tinggi tingkat penggunaan, semakin tinggi pula risiko gangguan kesehatan yang ditimbulkan.

Ada banyak sekali gangguan kesehatan yang terjadi sebagai dampak negatif HP. Beberapa di antaranya adalah:

1. Trigger thumb (jempol menekuk)

Trigger thumb terjadi akibat penebalan pada pembungkus tendon ibu jari. Pada kondisi ini, ibu jari menjadi kaku dan tetap dalam keadaan bengkok meski sedang tidak menggunakan HP.

Jika dipaksa untuk kembali pada posisi lurus, ibu jari yang kaku ini akan menimbulkan bunyi gemeretak dan rasa sakit pada sendi.

2. Cubital tunnel syndrome

Memainkan HP bisa membuat kamu sering menekuk siku atau bertumpu pada siku, baik itu saat bermain game, menjelajah media sosial, ataupun menelepon. Jika ini terlalu sering dilakukan, ada risiko saraf ulnaris di bagian sikutmu akan terganggu.

Akibatnya, kamu bisa mengalami mati rasa, kesemutan, atau nyeri yang menjalar, mulai dari siku hingga kelingking dan jari manis.

3. Text neck syndrome

Menggunakan HP secara berlebihan cenderung membuatmu terlalu banyak menengok ke bawah. Kebiasaan ini lama-kelamaan dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot leher, sehingga leher terasa kaku dan sakit. Nyeri yang ditimbulkan bahkan bisa menjalar hingga bahu dan lengan.

4. Merusak penglihatan

HP atau komputer tablet dirancang untuk penggunaan jarak dekat. Hal ini memaksa mata penggunanya terus-menerus fokus untuk membaca teks di layar HP. Kebiasaan ini kemudian bisa menyebabkan mata lelah, apalagi jika kamu menghabiskan waktu 4–6 jam bermain HP.

Gejala mata lelah antara lain mata merah atau iritasi, mata kering, dan penglihatan menjadi kabur.

5. Gangguan tidur

Dampak negatif HP yang juga umum dirasakan adalah gangguan tidur, apalagi pada orang-orang yang sudah kecanduan gadget ini. Selama ada HP di sekitar kita, sering kali kita ingin memeriksa atau menanggapi chat dan membaca atau memposting sesuatu, hingga waktu tidur pun terlupakan.

Selain itu, sinar biru (bluelight) yang dipancarkan layar HP dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur seseorang, sehingga memulai tidur jadi terasa lebih susah.

Selain membuat badan tidak segar di pagi hari, kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

6. Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa radiasi HP bisa bersifat karsinogenik, sehingga meningkatkan risiko kanker. Salah satunya adalah kanker otak glioblastomaMeski begitu, belum didapatkan bukti klinis yang cukup kuat untuk mendukung teori ini, sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Yang tidak kalah penting untuk diingat adalah meningkatnya risiko kecelakaan lalu lintas akibat penggunaan HP pada saat mengemudi. Risiko kecelakaan lalu lintas meningkat hingga 3–4 kali lebih besar ketika menggunakan HP sambil menyetir, baik dipegang maupun menggunakan hands-free.

Tips Aman agar Tehindar dari Dampak Negatif HP

Tak dapat dipungkiri, kini HP turut berperan besar dalam keseharian banyak orang. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mencegah dampak negatifnya.

Berikut beberapa tips untuk meninimalkan dampak negatif HP:

  • Batasi penggunaan HP menjadi seperlunya saja.
  • Cobalah untuk mematikan HP setidaknya 30 menit sebelum tidur. Jaga suasana kamar agar tetap gelap dan tenang agar kualitas tidur lebih baik.
  • Kurangi cahaya di layar HP, bersihkan layar secara rutin, jaga jarak antara mata dan layar, serta besarkan ukuran teks untuk mencegah risiko terjadinya mata lelah.
  • Hindari penggunaan HP saat sedang berkendara. Jika benar-benar perlu, sebaiknya berhentilah di tepi jalan sejenak untuk menjawab panggilan telepon atau membalas pesan.
  • Saat menggunakan HP, cobalah untuk tidak terlalu menunduk. Beristirahatlah setiap 20 menit dan lakukan peregangan pada tangan, lengan, punggung, dan leher.
  • Lakukan latihan seperti yoga atau pilates secara rutin untuk mengurangi kekakuan otot akibat terlalu banyak menggunakan HP.
  • Jangan menggunakan HP saat berjalan untuk menghindari risiko terjatuh dan cedera.
  • Gunakan hands-free saat menelepon atau mendengarkan musik jika khawatir terhadap dampak radiasi HP pada otak.

Pengguna HP disarankan untuk beristirahat sejenak dari melihat layar dan mengikuti aturan “20-20-20”, yaitu istirahat selama 20 detik setiap 20 menit penggunaan dengan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter).

HP memang membawa banyak kemudahan, tetapi jangan sampai penggunaannya mengancam kesehatanmu. Gunakan HP secara bijak, sehingga kamu dapat menikmati manfaat teknologi tanpa harus mengalami dampak negatif HP.

Jika kamu mengalami salah satu dampak negatif dari penggunaan HP seperti yang telah disebutkan, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter, terutama bila dampak tersebut sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.