Pandemi COVID-19 membuat anak-anak tidak bisa bermain di luar rumah atau pergi ke sekolah. Alhasil, banyak anak mengeluh bosan lantaran terus-menerus berada di dalam rumah. Nah, untuk mengusir kejenuhan anak selama ‘stay at home’, yuk, simak tips-tips berikut ini.

Untuk menghentikan penyebaran virus Corona, pemerintah menganjurkan semua orang untuk melakukan physical distancing dan tidak berpergian ke luar rumah kecuali untuk keperluan mendesak.

Tips agar Anak Tidak Bosan di Rumah Selama Pandemi COVID-19 - Alodokter

Anjuran ini bisa membuat anak-anak bosan karena harus belajar dari rumah dan tidak bisa melakukan kegiatan di luar rumah. Bahkan, lama-kelamaan ini bisa menimbulkan cabin fever, yaitu perasaan sedih, bosan, gelisah akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah.

5 Tips yang Bisa Bunda Terapkan agar Anak Tidak Bosan di Rumah

Jenuhnya berada di rumah bukan tidak mungkin menyebabkan anak rewel atau bahkan menangis dan merengek-rengek minta keluar. Bila sudah seperti ini, tentu orang tua harus memutar otak untuk mencari cara agar anak betah berada di rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengusir rasa bosan Si Kecil saat harus tetap di rumah akibat pandemi COVID-19:

1. Berkreasi lewat seni

Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan anak. Selain mengajari anak untuk berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, dan membuatnya gembira.

Tak hanya menggambar, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil bermain musik, bernyanyi, dan menari bersama. Aktivitas ini dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak serta koordinasi tangan dan matanya. Di samping itu, ketertarikan Si Kecil pada musik juga bisa tumbuh saat ia bernyanyi dan menari bersama Bunda.

2. Mencoba resep baru dan memasak bersama

Momen ‘stay at home’ ini bisa Bunda manfaatkan untuk memasak bersama Si Kecil. Bunda bisa memilih resep makanan kesukaan Si Kecil dengan bahan yang sederhana dan mudah dibuat.

Memasak bersama orang tua tidak hanya menyenangkan bagi anak, tapi juga membuatnya bisa belajar cara memasak makanan yang ia sukai. Namun, pastikan Si Kecil aman selama berada di dapur, ya, Bunda.

Dengan memasak bersama Bunda, Si Kecil juga akan belajar menghargai usaha Bunda untuk memasak makanan untuknya. Ke depannya, Si Kecil jadi bisa lebih mensyukuri makanan yang ia terima dan tidak membuang-buang makanan.

3. Berkebun

Pekarangan rumah bisa Bunda manfaatkan untuk melakukan aktivitas berkebun bersama Si Kecil. Jika tidak ada pekarangan di rumah, Bunda bisa mengajak Si Kecil menanam tanaman di pot.

Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan.

4. Menonton film favorit

Mengajak anak menonton film kesukaannya juga bisa menjadi solusi agar anak tidak bosan di rumah. Sembari menemani Si Kecil menonton film, Bunda dapat mengajarinya hal-hal baik yang bisa dipetik dari film tersebut.

5. Berolahraga sambil berjemur

Selama di rumah, ajaklah Si Kecil untuk berolahraga bersama di pagi hari sambil berjemur. Tidak perlu lama-lama, kok, Bun, cukup 15–30 menit.

Rutin berolahraga sambil berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuhnya. Ingat, walaupun hanya di rumah, usahakan agar Si Kecil tetap aktif bergerak supaya tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Bunda lakukan bersama Si Kecil untuk menghilangkan kebosanan selama berada di rumah. Namun, tetap terapkan tindakan pencegahan COVID-19 selama melakukan aktivitas tersebut, ya, Bun.

Selama di rumah, Ayah dan Bunda juga bisa mencoba menjelaskan tentang virus Corona kepada anak agar ia mengerti alasan mengapa semua orang tidak diperkenankan untuk bepergian selama wabah virus Corona.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi kecemasan, jika memang anak mengalaminya.

Jika selama di rumah Bunda memerlukan konsultasi, vaksinasi untuk anak, atau pemeriksaan langsung dari dokter, sebaiknya jangan langsung ke rumah sakit karena akan meningkatkan risiko tertular virus Corona.

Bunda bisa chat dulu dengan dokter secara online di aplikasi Alodokter, atau membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi ini agar bisa diarahkan untuk menemui dokter terdekat yang dapat membantu Bunda.