Orang introvert cenderung terkesan dingin dan sulit memulai komunikasi atau interaksi dengan orang lain. Padahal, kalau sudah kenal, mereka bisa menjalin hubungan yang dekat dan hangat. Jika kamu seorang introvert dan merasa kesulitan untuk menjalin pertemanan baru, yuk, ikuti tips-tips di artikel ini.

Setiap orang memiliki kepribadian yang unik, tak terkecuali para introvert. Berbeda dengan orang extrovert yang lebih suka berinteraksi dengan banyak orang, para introvert justru cenderung lebih fokus pada pikiran dan perasaannya.

Tips Menjalin Hubungan Pertemanan Baru untuk Kamu yang Introvert - Alodokter

Mereka juga biasanya lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau hanya dengan segelintir orang saja yang memang mereka sudah kenal dengan baik.

Namun, dalam hidup, tentu ada kalanya seseorang perlu menjalin pertemanan baru. Bagi esktrovert, ini bukanlah hal yang sulit, karena mereka pun sudah terbiasa berinteraksi dengan orang banyak.

Sementara bagi introvert, menjalin pertemanan baru bukanlah perkara mudah. Karena kepribadian yang mereka miliki, memulai komunikasi atau interkasi dengan orang baru justru bisa membuat mereka merasa tidak nyaman.

Tips Menjalin Pertemanan Baru untuk Si Introvert

Jika kamu memiliki kepribadian introvert dan ingin memulai pertemanan baru, tapi kerap merasa canggung atau tidak nyaman untuk berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal, jangan bingung, ya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempermudahmu mendapat teman baru:

1. Pahami alasan mencari teman

Sebelum memulai menjalin pertemanan baru, cobalah pahami alasan mengapa kamu harus melakukannya. Tanyakan pada diri sendiri apa tujuanmu melakukan hal tersebut, apakah itu sebagai relasi atau koneksi baru, kepentingan pekerjaan, atau ingin menambah wawasan baru.

Apa pun alasannya, cobalah untuk merasa nyaman menjadi dirimu sendiri dan mulailah menyapa orang baru dengan ramah dan percaya diri, ya.

2. Tetap utamakan kualitas daripada kuantitas pertemanan

Jika seorang extrovert atau ambivert bisa lebih cepat menjalin hubungan dengan orang yang baru ditemui, kamu tidak perlu iri, ya. Ingat, mereka bisa memperoleh energinya dari berbincang dengan orang lain. Sementara kamu yang introvert, mungkin justru bisa kehabisan energi ketika harus berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, pastikan kamu tetap mementingkan kualitas pertemanan daripada kuantitasnya. Dengan begitu, hubungan pertemanan yang baru kamu ciptakan pun bisa lebih bermakna.

3. Mencari teman dengan minat yang sama

Kamu juga bisa mencari teman baru yang memiliki minat dan hobi yang sama. Selain akan mempermudahmu untuk membuka obrolan karena ketertarikan kalian sama, faktanya, persamaan minat ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan pertemanan yang langgeng dan menarik, lho.

Sebagai contoh, kalau kamu hobi fotografi, cobalah cari orang baru yang sama-sama memiliki hobi fotografi. Lalu, untuk memulai pembicaraan, kamu bisa bertanya soal fotografer favorit, cara mengolah foto, atau kamera apa yang ia gunakan.

4. Jangan takut mencoba hal baru

Selain mencari teman dengan ketertarikan yang sama, kamu juga bisa mulai mencoba hal baru untuk menemukan lingkup pertemanan yang lebih luas. Terlebih, jika minat yang kamu miliki saat ini tidak memberikan banyak kesempatan untukmu bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Selain menyenangkan, mencoba hal baru ini juga dapat meningkatkan kinerja dan kesehatan otakmu, seperti kemampuan berpikir, konsentrasi, mengingat, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah. Ini juga bisa membuatmu merasa tidak kesepian.

5. Tingkatkan rasa percaya diri

Beberapa orang introvert kadang kala bisa merasa kurang percaya diri saat bertemu atau berhadapan dengan orang baru, sehingga akhirnya enggan menjalin pertemanan baru. Nah, jika kamu salah satunya, cobalah untuk berpikir positif dan tingkatkan rasa percaya dirimu, ya.

Ingat, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Yakinlah pada kelebihan yang kamu miliki sebagai seorang introvert, misalnya kamu bisa menjadi pendengar yang baik atau memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menilai sesuatu.

Seorang introvert umumnya memang senang menghabiskan waktu sendirian atau hanya dengan sedikit orang, khususnya orang terdekat mereka. Namun, bukan berarti mereka ingin sendirian sepanjang waktu.

Sebagai manusia, para introvert juga perlu bersosialisasi, menghabiskan waktu bersama orang lain, dan menjalin pertemanan baru.

Kalau kamu seorang introvert, kamu bisa mencoba cara-cara di atas untuk mencari lingkup pertemanan yang baru. Tetapi, jangan memaksakan diri, ya. Pasalnya, bagi orang introvert, bersosialisasi tidaklah selalu mudah. Yang terpenting, lakukanlah sebisamu, tetapi dengan konsisten.

Jika setelah menerapkan cara-cara di atas kamu masih kesulitan mencari teman baru, terlebih bila sudah membuatmu stres hingga mengganggu kehidupanmu atau membuatmu merasa kesepian, cobalah berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan saran yang tepat.