Setiap pekerja perlu menjaga kesehatannya selama WFO agar tidak mudah sakit. Tidak hanya kondisi fisik yang sehat, kesehatan mental pekerja pun harus selalu dijaga agar tetap semangat menjalani rutinitas dan bisa bekerja secara produktif.

Kembali bekerja di kantor atau WFO bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Rasa takut tertular COVID-19 menjadi hal yang umum dirasakan para pekerja saat kembali WFO.

Tips Tetap Semangat dan Menjaga Kesehatan Saat WFO - Alodokter

Di sisi lain, ada pula yang tidak semangat karena sudah terbiasa WFH sehingga perlu beradaptasi lagi dengan rutinitas kerja di kantor. Tidak sedikit pula pekerja yang mengalami stres saat kembali WFO.

Belum lagi kesibukan di kantor mungkin membuat pekerja sering melewatkan waktu makan atau istirahat. Akibatnya, banyak pekerja jadi rentan sakit dan performa kerjanya menurun.

Nah, agar kesehatan dan produktivitas Anda tetap terjaga selama WFO, beberapa anjuran berikut ini patut Anda simak.

Berbagai Tips Tetap Semangat dan Sehat di Saat WFO

Untuk meningkatkan semangat dan menjaga kesehatan selama WFO, berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan:

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, bahkan menjaga mood tetap stabil. Selain itu, konsumsi makanan sehat juga mampu memberikan energi bagi tubuh, sehingga produktivitas pun bisa optimal.

Beberapa contoh makanan bergizi yang bisa Anda konsumsi meliputi roti gandum, daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

2. Patuhi protokol kesehatan

Selama beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan kerja, Anda dianjurkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari beragam penyakit menular, seperti influenza, tuberkulosis, dan COVID-19.

Selain itu, jangan lupa vaksinasi COVID-19 untuk menurunkan risiko terinfeksi virus Corona dan perburukan gejala COVID-19.

3. Lakukan Teknik Pomodoro

Bekerja dengan Teknik Pomodoro dikatakan efektif untuk meningkatkan fokus dan produktivitas kerja. Teknik ini dapat dilakukan dengan bekerja selama 25 menit dan beristirahat selama 5 menit. Setelah empat sesi bekerja, ambilah waktu 15–30 menit untuk beristirahat.

Saat istirahat, Anda bisa melakukan meditasi agar lebih rileks dan terhindar dari stres atau melakukan peregangan agar tubuh tidak kaku karena duduk terlalu lama.

4. Cukupi waktu tidur

Bekerja dari kantor cenderung lebih melelahkan dibandingkan bekerja di rumah, misalnya karena harus menempuh perjalanan ke tempat kerja yang cukup jauh dari rumah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk beristirahat dan tidur yang cukup agar tidak kelelahan dan tidak mudah sakit.

Lamanya waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 7–9 jam setiap hari. Tidur yang cukup juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan mood ketika bekerja, sehingga produktivitas kerja menjadi lebih baik.

Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat WFO

Guna menjaga kesehatan dan mencegah penularan virus atau bakteri saat WFO, ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya selalu Anda bawa setiap saat, yaitu:

  • Hand sanitizer dan tisu basah, untuk menjaga kebersihan diri dan kebersihan benda-benda di sekitar meja kerja
  • Alat makan pribadi, untuk mencegah risiko terpapar virus akibat penggunaan alat makan bersama
  • Bekal makan dari rumah, agar makanan yang dikonsumsi lebih higienis
  • Masker cadangan, untuk berjaga-jaga bila masker yang dipakai rusak atau basah
  • Perlengkapan ibadah pribadi, agar tidak mengenakan alat ibadah secara bersamaan
  • Helm pribadi, bila Anda menggunakan ojek motor saat pergi maupun pulang dari kantor

Bila Anda merasa tidak enak badan, batuk, pilek, bersin-bersin, dan demam, lebih baik segera kabari atasan atau manager Anda untuk meminta izin cuti atau kerja dari rumah. Hal ini untuk menghindari penularan penyakit ke orang lain.

Sedangkan untuk meredakan gejala-gejala tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat dengan kandungan paracetamol, dexchlorpheniramine maleate, salisilamida, dan fenilpropanolamin. Semua kandungan ini biasanya terdapat dalam obat flu yang dijual bebas di pasaran.

Jangan biarkan produktivitas di kantor terhambat dan pekerjaan jadi menumpuk. Untuk meredakan demam, pusing, serta hidung tersumbat, ambil langkah cepat dengan mengonsumsi obat flu yang mengandung ketiga bahan tersebut.

Itulah tips tetap semangat dan menjaga kesehatan saat WFO. Dengan menerapkannya, diharapkan produktivitas kerja Anda bisa optimal dan kesehatan Anda pun dapat tetap terjaga.

Namun, jika Anda selalu merasa tidak bergairah untuk bekerja selama WFO hingga aktivitas jadi terhambat, atau Anda mengalami keluhan fisik yang tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, penyebabnya bisa diketahui dan ditangani dengan tepat.