Slogan makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang dulu pernah dikampanyekan oleh pemerintah kini sudah diganti dengan Pedoman Gizi Seimbang (PDG). Pedoman Gizi Seimbang ini memilki 4 pilar prinsip untuk diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Istilah makanan 4 Sehat 5 Sempurna sudah pasti tidak asing lagi di telinga semua orang Indonesia. Menu makan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan ditambah susu tersebut mulai dikenalkan pemerintah di tahun 1952.

Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang - Alodokter

Namun, slogan itu dianggap sudah tidak memenuhi perkembangan dan pemenuhan gizi manusia masa kini. Oleh sebab itu, pemerintah mengganti prinsip makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang.

4 Pilar Prinsip Pedoman Gizi Seimbang

Dalam pedoman gizi seimbang pengganti makanan 4 Sehat 5 Sempurna, disebutkan ada 4 pilar prinsip yang harus dijalani agar kebutuhan gizi kita terpenuhi. Berikut adalah prinsip-prinsip pedoman gizi seimbang:

1. Mengonsumsi beragam makanan

Tidak ada satu pun jenis makanan yang megandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatannya. Misalnya, ikan mengandung banyak protein tapi sedikit serat, sedangkan buah dan sayur kaya akan serat, vitamin, dan mineral namun memilki sedikit protein dan lemak.

Maka dari itu, kita perlu mengonsumsi makanan yang beragam untuk memenuhi gizi yang seimbang, yaitu yang mengandung makronutrien (karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik) serta mikronutrien (vitamin dan mineral).

Selain itu, jumlah makanan dan jadwal makan yang teratur juga harus diperhatikan. Khusus untuk bayi baru lahir hingga 6 bulan, dianjurkan untuk hanya minum air susu ibu (ASI).

2. Membiasakan perilaku hidup bersih

Terbiasa hidup bersih dapat menghindarkan kita dari infeksi kuman penyebab penyakit. Hal ini penting dilakukan karena semakin sering penyakit datang, semakin sulit kebutuhan gizi terpenuhi.

Contoh perilaku hidup bersih adalah selalu menggunakan alas kaki ketika keluar rumah, menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat, serta mencuci tangan dengan air bersih dan sabun tiap kali hendak makan atau setelah buang air besar maupun buang air kecil.

3. Melakukan aktivitas fisik

Rajin bergerak dan olahraga rutin dapat membantu mengendalikan berat badan. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari berolahraga, seperti  mengurangi stres, membuat tidur menjadi nyenyak, membangun otot, serta menjaga memori dan kesehatan otak.

Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila Anda melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3–5 hari dalam seminggu. Latihan fisik yang bisa Anda lakukan misalnya berlari, jogging, bermain bola, berenang, senam, atau bersepeda.

4. Memantau dan mempertahankan berat badan ideal

Pantau terus berat badan dan pertahankan agar indeks massa tubuh (IMT) berada dalam batas normal. IMT merupakan pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan.

Nilai IMT tinggi menandakan kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas, sehingga harus diturunkan. Sementara nilai IMT yang di bawah normal bisa berarti kekurangan asupan kalori dan protein, sehingga perlu dinaikkan. Kedua keadaan ini tidak baik untuk tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

10 Pesan Umum Gizi Seimbang

Dalam Pedoman Gizi Seimbang juga terdapat 10 pesan umum gizi seimbang untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

  1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.
  2. Banyak makan sayuran dan buah-buahan.
  3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  4. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.
  5. Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak.
  6. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.
  7. Cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.
  8. Biasakan sarapan pagi.
  9. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.
  10. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.

Mengonsumsi nutrisi yang lengkap memang penting untuk kesehatan tubuh. Namun, gaya hidup yang bersih, aktif, dan terkontrol juga tidak kalah penting dalam menjaga berat badan maupun kesehatan secara menyeluruh. Itulah mengapa pedoman gizi seimbang ini perlu diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadi, yuk, mulai praktekkan pedoman gizi seimbang sebagai pengganti pedoman makanan 4 sehat 5 sempurna. Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam menurunkan atau menaikkan berat badan menjadi ideal, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter, ya.