Buah lebih dikenal sebagai makanan penutup, yang dikonsumsi setelah makan. Meski begitu, sebagian orang menganggap makan buah sebelum makan justru bisa memberi lebih banyak manfaat untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Selain mengenyangkan, buah-buahan juga mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa memasukkan buah-buahan sebagai bagian dari menu makan Anda setiap hari.

Ketahui Manfaat Makan Buah Sebelum Makan - Alodokter

Keuntungan Makan Buah Sebelum Makan

Makan buah sebelum atau sesudah makan sebenarnya sama-sama bermanfaat. Hanya saja, makan buah sebelum makan dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Hal ini karena buah termasuk makanan yang mengenyangkan, dan efek kenyangnya juga dapat bertahan lama sehingga Anda tidak cepat lapar.

Selain itu, kebiasaan makan buah sebelum makan bisa mencegah Anda makan terlalu banyak. Dengan begitu, risiko Anda untuk mengalami kenaikan berat badan akan lebih kecil. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Di samping membiasakan diri makan buah sebelum makan, biasakan juga untuk minum sebelum makan. Minum air putih sebanyak 500 ml atau sekitar 2 gelas sekitar 30 menit sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan akan membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga makin menekan keinginan Anda untuk makan berlebihan.

Berbagai Manfaat Konsumsi Buah

Mengonsumsi buah secara rutin, baik sebelum maupun sesudah makan, akan memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Buah kaya akan kandungan serat, sehingga konsumsi buah secara rutin dapat membantu mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya.
  • Kosumsi buah secara rutin juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena ada berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam buah.
  • Makan buah, khususnya buah beri, lemon, dan jeruk, baik untuk kesehatan kulit.
  • Kandungan serat yang terdapat dalam buah tidak hanya mampu mengatasi sembelit, tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Buah-buahan, seperti strawberry, anggur, mangga, apel, semangka, jeruk, kiwi, dan alpukat, memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

Makan buah sebelum atau sesudah makan sama-sama bermanfaat. Tapi bagi Anda yang ingin menurunkan atau mengendalikan berat badan, biasakanlah makan buah sebelum makan.

Selain buah, konsumsi juga beragam jenis makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Jangan lupa, lakukan olahraga secara rutin, agar tubuh Anda lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.