Triamcinolone semprot hidung adalah obat yang digunakan untuk meringankan gejala peradangan akibat rhinitis alergi, seperti pilek, bersin, hidung tersumbat, gatal pada hidung, dan gatal pada tenggorokan.

Triamcinolone semprot hidung merupakan salah satu bentuk sediaan dari triamcinolone. Obat ini termasuk dalam golongan obat kortikosteroid yang bekerja dengan cara mempengaruhi berbagai sel dan mediator yang berperan dalam munculnya reaksi peradangan, seperti sel mast, eosinophil, histamin, leukotrien, dan sitokin.

triamcinolone acetonide - alodokter

Perlu diketahui bahwa obat ini tidak digunakan untuk mengatasi flu atau rhinitis akibat infeksi virus atau bakteri.

Merek dagang triamcinolone semprot hidung: Nasacort AQ

Apa Itu Triamcinolone Semprot Hidung

Golongan Obat resep
Kategori Kortikosteroid
Manfaat Meredakan gejala peradangan akibat rinitis alergi
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak usia di atas 2 tahun
Triamcinolone Semprot Hidung untuk Ibu Hamil Kategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Belum diketahui apakah triamcinolone semprot hidung bisa terserap ke dalam ASI atau aman digunakan bagi ibu menyusui. Ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Bentuk obat Semprot hidung (nasal spray)

Peringatan Sebelum Menggunakan Triamcinolone Semprot Hidung

Triamcinolone semprot hidung hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan triamcinolone semprot hidung:

  • Jangan menggunakan obat ini jika alergi terhadap triamcinolone. Selalu beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Jangan memberikan obat ini kepada anak usia di bawah 2 tahun.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengalami infeksi hidung, cedera hidung, glaukoma, katarak, atau penyakit infeksi, seperti tuberkulosis.
  • Beri tahu dokter jika Anda baru menjalani operasi hidung.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang menggunakan triamcinolone semprot hidung sebelum menjalani operasi, termasuk operasi gigi.
  • Hindari kontak atau berdekatan dengan orang yang sedang menderita penyakit infeksi yang mudah menular, seperti cacar air atau campak, karena obat ini dapat meningkatkan risiko Anda terinfeksi.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis obat setelah menggunakan triamcinolone semprot hidung.

Dosis dan Aturan Pakai Triamcinolone Semprot Hidung

Dosis dan jangka waktu penggunaan triamcinolone semprot hidung akan ditentukan oleh dokter sesuai usia dan kondisi pasien. Berikut adalah dosis umum triamcinolone semprot hidung untuk meredakan gejala rinitis alergi:

  • Dewasa dan anak usia ≥12 tahun: Dosis awal 2 semprotan ke setiap lubang hidung, 1 kali sehari atau sebanyak 220 mcg per hari. Jika gejala membaik, dosis dapat diturunkan menjadi 1 semprotan ke setiap lubang hidung, 1 kali sehari atau sebanyak 110 mcg per hari.
  • Anak usia 6–12 tahun: Dosis awal 1 semprotan ke setiap lubang hidung, 1 kali sehari atau sebanyak 110 mcg per hari. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 2 semprotan 1 kali sehari atau sebanyak 220 mcg per hari bila diperlukan.
  • Anak usia 2–5 tahun: Dosis maksimal adalah 1 semprotan ke setiap lubang hidung, 1 kali sehari atau sebanyak 110 mcg per hari.

Cara Menggunakan Triamcinolone Semprot Hidung dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan bacalah informasi yang ada pada kemasan sebelum menggunakan triamcinolone semprot hidung. Bersihkan hidung dan kocok botol obat ini sebelum menggunakannya.

Posisikan kepala agak ke belakang. Tutup satu lubang hidung dengan jari lalu semprotkan obat ke dalam lubang hidung.

Tarik napas dengan perlahan melalui hidung dan tahan napas selama beberapa detik, lalu embuskan napas keluar melalui mulut. Lakukan hal yang sama pada lubang hidung sebelahnya. Setelah menggunakan obat, bersihkan hidung dengan tisu kering.

Jangan menyemprotkan obat ke pembatas di tengah hidung (nasal septum). Hindari buang ingus hingga minimal 15 menit setelah menggunakan obat ini ini.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk menggunakan triamcinolone pada waktu yang sama setiap harinya agar pengobatan efektif.

Jika lupa menggunakan triamcinolone, segera lakukan apabila jeda dengan jadwal penggunaan berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan triamcinolone semprot hidung di dalam kemasannya. Letakkan obat di ruangan yang sejuk dan kering. Hindarkan obat dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Triamcinolone Semprot Hidung dengan Obat Lain

Risiko terjadinya efek samping bisa meningkat jika triamcinolone semprot hidung digunakan bersamaan obat-obat berikut ini:

Efek Samping dan Bahaya Triamcinolone Semprot Hidung

Beberapa efek samping di bawah ini bisa terjadi setelah penggunaan triamcinolone semprot hidung:

  • Iritasi atau rasa kering pada hidung atau tenggorokan
  • Bersin atau batuk
  • Munculnya rasa atau bau yang tidak menyenangkan
  • Mimisan

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping di atas tidak segera membaik atau semakin parah. Segera ke dokter jika terjadi reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti sakit atau luka pada hidung atau hilangnya kemampuan penciuman (anosmia).

Walaupun jarang terjadi, jika digunakan dalam jangka panjang, triamcinolone semprot hidung dapat terserap ke dalam tubuh dan menyebabkan efek samping berupa gangguan penglihatan, penurunan berat badan, bengkak di tungkai dan kaki, atau lebih rentan terkena penyakit infeksi.