Hidung tersumbat sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu aktivitas dan istirahat. Penyebab hidung tersumbat bisa bermacam-macam dan kondisi ini dapat memengaruhi organ tubuh lainnya, terutama telinga dan tenggorokan.

Hidung tersumbat terjadi ketika saluran hidung mengalami pembengkakan, bisa juga disertai dengan adanya penumpukan lendir atau ingus. Hal ini dapat membuat penderitanya sulit bernapas.

Waspadai Penyebab Hidung Tersumbat dan Dampaknya bagi Organ Tubuh Lain - Alodokter

Umumnya, hidung tersumbat tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Namun, rasa tidak nyaman akibat keluhan ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan makan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini adalah beberapa contoh penyebab hidung tersumbat:

  • Alergi
  • Paparan debu, serbuk sari, dan bulu binatang
  • Pembengkakan adenoid atau jaringan lunak yang terletak di belakang hidung
  • Sinusitis atau flu
  • Iritasi hidung akibat wewangian atau asap rokok
  • Perubahan suhu dan kelembapan udara

Meski jarang terjadi, hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh tumor dan polip hidung.

Dampak Hidung Tersumbat bagi Organ Tubuh Lain

Rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat disebabkan oleh selaput lendir (mukosa) hidung yang mengalami peradangan. Selain itu, beberapa penyebab hidung tersumbat juga dapat menimbulkan gangguan pada organ tubuh lain. Salah satunya adalah sinusitis.

Hidung tersumbat akibat sinusitis dapat memberikan dampak pada telinga dan tenggorokan. Hal ini karena rongga sinus terhubung dengan hidung dan tenggorokan melalui saluran sempit yang disebut ostia.

Orang yang mengalami sinusitis kronis dapat mengalami gejala berupa sakit pada telinga, batuk terus-menerus, sakit tenggorokan, sakit di rahang atas dan gigi, serta bau mulut atau napas yang berbau busuk.

Hidung tersumbat yang disebabkan flu juga dapat memberikan dampak pada organ tubuh lain, misalnya sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, demam, serta tubuh terasa linu. Sementara itu, hidung tersumbat akibat rhinitis alergi dapat menyebabkan mata berair, hidung gatal, dan bersin-bersin.

Beragam Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan memengaruhi organ tubuh lainnya. Walaupun sering kali bisa hilang dengan sendirinya, hidung tersumbat perlu segera diatasi agar tidak sampai mengganggu istirahat dan aktivitas, serta organ tubuh yang lain.

Pastikan untuk memperbanyak minum air putih selama mengalami hidung tersumbat, karena cara ini dapat mengencerkan lendir sehingga sumbatan pada hidung bisa reda.

Selain itu, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang juga dapat Anda lakukan, di antaranya:

Perawatan di rumah

Untuk mengatasi hidung tersumbat dengan mudah di rumah, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Rendam kain atau waslap di dalam air hangat, kemudian tempelkan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Lakukan hal ini beberapa kali sehari.
  • Tuang air hangat ke dalam wadah atau baskom dan hirup uapnya. Anda bisa menambahkan aromaterapi, misalnya yang mengandung menthol untuk melegakan pernapasan. Lakukan cara ini setidaknya 2–4 kali sehari.
  • Gunakan humidifier untuk melembapkan udara di dalam kamar tidur atau ruang kerja agar hidung tidak terasa kering.
  • Cucilah hidung secara berkala untuk menghilangkan tumpukan lendir.

Pemberian obat-obatan

Selain perawatan di rumah, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan tertentu untuk meredakan hidung tersumbat, seperti dekongestan atau antihistamin.

Dekongestan tersedia dalam bentuk pil, obat tetes hidung, dan semprotan hidung (nasal spray). Pil dekongestan umumnya mengandung phenylephrine dan pseudoephedrine. Sementara untuk obat tetes hidung dan semprotan hidung, Anda bisa menggunakan produk yang dijual bebas dengan kandungan oxymetazoline, naphazoline, dan phenylephrine.

Semprotan hidung atau nasal spray yang mengandung oxymetazoline bisa mengatasi hidung tersumbat karena flu, sinusitis, maupun rhinitis alergi.

Dalam meredakan hidung tersumbat, oxymetazoline bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah di hidung sehingga mengurangi pembengkakan pada rongga hidung.

Cara penggunaan semprotan hidung untuk mengatasi hidung tersumbat cukup mudah. Secara umum, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, buang ingus dan bersihkan hidung menggunakan air atau tisu.
  • Dalam posisi badan tegak, masukkan ujung botol sedalam cuping hidung ke salah satu lubang hidung dan semprotkan obat sesuai dosis.
  • Semprotkan juga obat pada lubang hidung yang lain dengan cara yang sama.

Sementara untuk penggunaan obat tetes hidung, caranya adalah sebagai berikut:

  • Tengadahkan kepala.
  • Arahkan pipet ke lubang hidung.
  • Teteskan obat ke dalam hidung sesuai dosis dan tahan posisi kepala selama 2 menit.
  • Teteskan juga obat pada lubang hidung yang lain dengan cara yang sama.

Obat semprot atau obat tetes hidung yang mengandung oxymetazoline biasanya digunakan setiap 10–12 jam, sesuai kebutuhan. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakannya lebih dari 2 kali dalam waktu 24 jam.

Jika hidung tersumbat yang Anda alami tak kunjung membaik setelah 7 hari, apalagi jika keluhan ini disertai dengan demam atau mimisan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.