Refleksi kaki kerap dilakukan untuk melemaskan otot dan menghilangkan pegal. Nah, jenis pijat refleksi ini ternyata juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah, lho. Mau tahu caranya? Simak penjelasannya di sini.

Refleksi kaki merupakan metode pengobatan alternatif dengan cara menekan titik tertentu pada area kaki. Para terapis percaya bahwa titik refleksi tersebut mewakili kondisi organ dan anggota tubuh tertentu. Misalnya, jempol kaki kiri mewakili sisi kiri kepala atau jempol kaki kanan mewakili paru-paru kanan.

5 Cara Refleksi Kaki Berdasarkan Manfaatnya bagi Tubuh - Alodokter

Meski efektivitasnya belum diketahui secara pasti, refleksi kaki dipercaya dapat memberikan efek tertentu dengan memperbaiki aliran energi di dalam tubuh yang disebut chi. Refleksi kaki juga dapat digunakan untuk meredakan mual, cemas, sembelit, dan insomnia.

Teknik Refleksi Kaki Berdasarkan Manfaatnya

Ada beberapa teknik refleksi kaki yang dapat Anda peroleh dengan mempelajarinya. Setiap teknik umumnya disesuaikan dengan tujuan Anda ingin melakukan pijat refleksi. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Menghilangkan rasa pegal pada kaki

Berjalan jauh atau menggunakan sepatu berhak tinggi bisa membuat kaki terasa pegal. Salah satu cara untuk meredakan rasa pegal yang muncul adalah dengan refleksi kaki.

Duduklah di kursi dengan nyaman, lalu letakkan kaki kiri di atas paha kanan. Selanjutnya, Anda dapat melakukan langkah-langkah refleksi kaki berikut ini:

  • Pijat seluruh bagian kaki menggunakan jempol tangan kanan.
  • Setelah itu, pijat setiap jari kaki menggunakan jempol dan jari telunjuk dengan gerakan melingkar.
  • Tarik satu ibu jari kaki ke sisi kanan, sedangkan yang lainnya ke sisi kiri. Lakukan gerakan ini selama 1–2 menit.
  • Pegang semua jari kaki dalam satu genggaman, kemudian tekuk ke arah telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian.
  • Tahap terakhir, tekan seluruh permukaan telapak kaki dan goyangkan.

Jika semua teknik refleksi kaki sudah dilalui, Anda dapat melakukannya pada sisi kaki lainnya.

2. Meredakan gejala premenstrual syndrome (PMS)

Penelitian menunjukkan bahwa refleksi kaki dapat meredakan gejala PMS, seperti nyeri pinggang dan sakit kepala. Caranya adalah dengan menekan salah satu lekukan kaki dengan satu tangan, tepatnya di sisi tepi permukaan kaki.

Selanjutnya, tekan bagian tengah jempol kaki dengan tangan lainnya. Pijatan ini diyakini bisa merelaksasi ovarium, rahim, dan kelenjar hipotalamus di otak.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Refleksi kaki juga diketahui dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi stres, sehingga tidur malam pun menjadi lebih nyenyak. Anda bisa melakukan refleksi kaki dengan menekan punggung kaki di antara jempol dan jari kaki lainnya secara kuat dan dalam. Tekanan di titik ini dapat Anda lakukan selama 3 menit.

4. Meredakan rasa cemas dan depresi

Penelitian menunjukkan bahwa refleksi kaki dapat meredakan rasa cemas dan depresi. Berikut ini adalah langkah-langkah refleksi kaki untuk meringankan cemas dan depresi:

  • Tekuk jari-jari kaki ke arah telapak kaki.
  • Selanjutnya, temukan lekukan kecil di telapak kaki dan pijat bagian ini dengan ibu jari.
  • Saat memijat, pastikan tangan yang lain menggenggam bagian atas kaki agar tekanannya semakin kuat.
  • Setelah satu kaki selesai, lakukan refleksi pada sisi kaki yang lainnya.

5. Meredakan nyeri punggung

Jika ingin meredakan nyeri punggung, tekan titik lengkung dari telapak kaki dengan ibu jari. Selanjutnya, gerakkan ibu jari ke atas dan ke bawah di sepanjang titik lengkung tersebut.

Refleksi kaki ini diketahui dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk meredakan nyeri punggung dibandingkan pijat punggung.

Secara umum, refleksi kaki tergolong aman. Namun, hal yang perlu Anda ingat, refleksi kaki tidak dapat menggantikan pengobatan secara medis. Selain itu, hindari pijat refleksi jika Anda memiliki masalah peredaran darah, asam urat, dan gangguan pembekuan darah.

Bila Anda ingin mengatasi kondisi kesehatan tertentu dengan refleksi kaki, pastikan terapi dilakukan oleh terapis yang sudah terlatih. Namun, jika refleksi kaki tidak mampu mengatasi keluhan yang Anda alami, periksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.