Penting untuk membiasakan anak minum air putih. Pasalnya, air merupakan salah satu asupan yang sangat dibutuhkan tubuh anak. Bila Si Kecil sulit untuk minum air putih, tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar ia menjadi terbiasa.

Tubuh perlu memiliki cukup cairan agar berfungsi dengan baik. Jika tubuh anak-anak kekurangan cairan, mereka berisiko tinggi untuk mengalami dehidrasi. Untuk mencegah kondisi tersebut, jadikanlah minum air putih sebagai kebiasaan yang baik bagi anak sejak dini.

Yuk, Biasakan Anak Minum Air Putih dengan Cara Ini - Alodokter

Jumlah Kebutuhan Air Putih pada Anak

Bunda bisa mulai membiasakan Si Kecil minum air putih sejak usia 6 bulan. Kebutuhan cairan per hari setiap anak bisa bervariasi, tergantung tinggi dan berat badan, umur, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisiknya, serta cuaca.

Namun, secara umum jumlah kebutuhan cairan anak menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia adalah sebagai berikut:

  • 800 mililiter (ml) atau sekitar 2–3 gelas untuk anak usia 7–12 bulan
  • 1,3 liter atau sekitar 5 gelas untuk anak usia 1–3 tahun
  • 1,7 liter atau sekitar 6–7 gelas untuk anak usia 4–8 tahun
  • 2,1–2,4 liter atau 8–10 gelas untuk anak usia 9–13 tahun
  • 2,3–3,3 liter atau sekitar 9–13 gelas untuk anak usia di atas 14 tahun

Ukuran gelas yang digunakan pada keterangan di atas adalah gelas belimbing atau sekitar 200 ml.

Cara Membiasakan Anak Minum Air Putih

Untuk membiasakan Si Kecil minum air putih, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan, di antaranya:

1. Sediakan botol minum yang disukai anak

Agar Si Kecil tertarik minum air putih, Bunda bisa memberikannya botol minum atau gelas bergambar tokoh kartun atau benda favoritnya. Selain itu, Bunda juga perlu memastikan bahwa peralatan minum yang dipilih sudah bebas BPA, ya.

Dengan begitu, Si Kecil bisa minum dengan perasaan senang sekaligus tetap aman dan sehat.

2. Tambahkan es batu atau irisan buah

Menambahkan es batu dengan bentuk unik, seperti bintang, matahari, hati, atau bunga, ke dalam gelas atau botol minumnya bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan bagi anak. Dengan begitu, anak menjadi lebih bersemangat untuk minum air putih.

Untuk menambah warna dan sedikit rasa, Bunda juga bisa memasukkan irisan buah favorit Si Kecil ke dalam botol minumnya, misalnya stroberi, blueberry, timun, daun mint, atau ceri.

3. Letakkan botol minum yang mudah dijangkau

Bunda bisa mulai membiasakan Si Kecil minum air putih dengan meletakkan botol minum atau gelasnya di tempat yang mudah dijangkau Si Kecil.

Jangan lupa juga untuk selalu membawa tempat minum Si Kecil saat mengajaknya beraktivitas di luar rumah, ya. Bunda bisa memilih botol yang praktis dan tidak mudah tumpah.

4. Batasi pilihan minuman anak

Jika air putih adalah satu-satunya minuman yang tersedia, anak-anak kemungkinan besar akan meminumnya dan bisa menjadi kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menyingkirkan segala minuman manis atau bersoda di rumah dan jadikanlah air putih sebagai satu-satunya pilihan Si Kecil untuk minum.

5. Jadilah panutan bagi anak

Hal penting yang juga perlu diingat adalah Bunda perlu menjadi contoh yang baik bagi Si Kecil. Perlihatkanlah air putih yang Bunda minum di depan Si Kecil. Semakin sering Si Kecil melihat Bunda melakukan hal itu, semakin besar pula kemungkinan ia untuk melakukan hal yang sama.

Itulah beragam tips membiasakan anak minum air putih yang bisa Bunda terapkan. Jika Bunda masih kesulitan untuk membiasakan Si Kecil minum air putih atau ia menunjukkan gejala dehidrasi, seperti pusing, mual, sakit kepala, urine berwarna kuning tua, bibir kering, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter anak.

Selain dengan air putih, Bunda juga sebenarnya bisa melengkapi kebutuhan cairan Si Kecil melalui buah-buahan atau sayuran yang banyak mengandung air, seperti mentimun, semangka, seledri, selada, tomat, dan stroberi.