Skin tag atau daging tumbuh merupakan hal yang cukup mengganggu penampilan dan kenyamanan. Hal ini cukup sering terjadi pada ibu hamil. Oleh sebab itu, untuk para Bumil, yuk ketahui cara alami mengatasi skin tag agar Bumil bisa terbebas dari gangguan ini.

Skin tag merupakan daging tumbuh yang terbentuk dari pembuluh darah dan kolagen di lapisan luar kulit. Umumnya, skin tag mempunyai ukuran yang kecil, yaitu antara 1–2 milimeter. Namun, terkadang ada juga skin tag yang mencapai ukuran hingga 5 cm.

Yuk, Ketahui Cara Mengatasi Skin Tag secara Alami untuk Ibu Hamil - Alodokter

Skin tag bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tapi lebih sering ditemukan di wajah, leher, ketiak, dan lipatan payudara. Skin tag bisa berwarna serupa dengan warna kulit Bumil atau lebih gelap.

Meski memang mengganggu penampilan, skin tag merupakan hal yang umum terjadi saat hamil dan sebetulnya tidak berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin, kok. Kondisi tersebut biasanya muncul pada trimester kedua dan ketiga, yang disebabkan oleh bertambahnya berat badan atau meningkatnya kadar hormon selama kehamilan.

Cara Mengatasi Skin Tag secara Alami Saat Hamil

Skin tag bisa dihilangkan dengan perawatan alami di rumah. Hanya saja, cara menghilangkan skin tag secara alami biasanya memerlukan waktu lebih lama. Berikut adalah beberapa cara mengatasi skin tag secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah:

1. Gunakan tea tree oil

Tea tree oil cukup aman digunakan pada kulit ibu hamil. Sebelum mengoleskan minyak ini, Bumil harus membersihkan dulu bagian tubuh yang terdapat skin tag.

Setelah itu, gunakan cotton bud untuk mengoleskan minyak ini ke skin tag, sambil lakukan pijatan lembut. Lalu tutup skin tag dengan plester, dan diamkan semalaman. Lakukan perawatan yang sama keesokan harinya hingga skin tag mengecil dan terlepas.

2. Ikat dengan benang gigi

Benang gigi (dental floss) tidak hanya berguna untuk membersihkan sela-sela gigi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membuang skin tag, lho. Caranya adalah dengan mengikat akar skin tag dengan benang gigi, kemudian diamkan beberapa hari hingga skin tag mengecil dan terlepas sendiri.

3. Gunakan cuka apel

Cuka apel tidak hanya bisa digunakan sebagai penambah rasa makanan. Bumbu masakan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan skin tag.

Cara menggunakannya adalah dengan mencelupkan selembar kapas ke cuka apel, lalu letakkan di atas skin tag. Setelah itu, bungkus skin tag dengan perban selama 15–30 menit. Kemudian, buka balutan cuka apel tersebut dan bilas kulit hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa minggu, hingga skin tag lepas.

Sebenarnya, skin tag saat hamil akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan, kok. Oleh karena itu, dokter biasanya akan menyarankan Bumil untuk menunggu sampai setelah melahirkan, sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan skin tag.

Namun jika skin tag dirasa sudah sangat mengganggu kenyamanan, Bumil bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengatasinya. Dokter dapat memberikan salep atau melakukan tindakan medis, seperti kauterisasi atau operasi kecil, untuk menghilangkan skin tag.