Manisnya Manfaat Strawberry Ternyata Ada Banyak

Manfaat strawberry untuk kesehatan jantung telah lama menjadi bahan penelitian. Sejumlah studi mengaitkan konsumsi buah berbentuk jantung ini dengan membaiknya kondisi kesehatan jantung. Kandungan buah beri yang diduga bermanfaat adalah antosianin. Zat ini memiliki berbagai efek terhadap tubuh, seperti melenturkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan yang bermanfaat dalam buah beri, baik antosianin atau kandungan lain. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk rajin mengonsumsi strawberry.

Manisnya Manfaat Strawberry Ternyata Ada Banyak - Alodokter

Ada hasil penelitian yang merekomendasikan untuk sedini mungkin melakukan pola makan yang mencakup konsumsi strawberry. Inilah beberapa alasan di baliknya yang perlu ditelaah satu-persatu.

Menyehatkan Jantung

Manfaat buah beri untuk kesehatan jantung bisa diperoleh dengan syarat mengonsumsi secara rutin. Sebuah penelitian menunjukkan konsumsi paling tidak tiga cangkir strawberry atau 24 buah per minggu dapat menurunkan risiko serangan jantung pada wanita paruh baya. Manfaat ini dikaitkan dengan kandungan antosianin dalam strawberry.

Selain itu, melalui percobaan terhadap hewan diketahui bahwa kandungan quercetin di dalam strawberry dapat menurunkan risiko aterosklerosis akibat kolesterol jahat. Aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah yang dapat memicu penyakit jantung. Kondisi tersebut dapat terjadi karena penumpukan plak lemak pada pembuluh darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Konsumsi strawberry direkomendasikan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Kandungan polifenol dalam strawberry dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kandungan potasium yang melimpah bermanfaat dalam membantu menghindari efek sodium atau garam di dalam tubuh. Konsumsi tinggi potasium dikaitkan dengan menurunnya risiko kematian. Sebaliknya, kekurangan potasium dapat mengundang risiko tekanan darah tinggi.

Anti Peradangan

Quercetin yang merupakan zat anti peradangan alami diduga bersifat antikanker. Antioksidan ini ditengarai dapat melawan radikal bebas dan mencegah tumbuhnya tumor. Selain itu, kandungan quercetin mungkin juga berguna untuk meringankan gejala alergi, seperti gatal-gatal, mata berair, dan hidung berair. Namun, masih dibutuhkan penelitian yang lebih menyeluruh untuk mengonfirmasi temuan-temuan tersebut.

Mengendalikan Gula Darah

Manfaat strawberry lainnya adalah membantu mengendalikan gula darah agar senantiasa stabil, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Strawberry bisa menjadi pilihan bagi orang dengan diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah serta kaya serat. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan efek makanan pada kadar gula darah seseorang. Angka 55 atau kurang menunjukkan indeks glikemik rendah, 56 hingga 59 menunjukkan indeks sedang, dan lebih dari 70 tergolong tinggi. Sementara itu, strawberry memiliki indeks glikemik rendah, yaitu 40.

Mulailah hari dengan sarapan strawberry yang dipadukan dengan yoghurt, sereal, oatmeal, atau dibuat menjadi smoothie.