Alasan Memakai Rambut Palsu dan Cara Merawatnya

Pemakaian rambut palsu adalah satu pilihan untuk membuat kepercayaan diri meningkat. Selain ditujukan untuk kepentingan estetika, alasan medis juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Ada banyak pilihan rambut palsu yang bisa digunakan untuk menambah kepercayaan diri seseorang. Faktor-faktor yang bisa dijadikan pertimbangan pun beragam, mulai dari faktor warna, bentuk, hingga gaya. Berdasarkan bahan dasarnya, benda yang biasa disebut dengan wig ini dibagi menjadi dua:

alasan memakai rambut palsu dan cara merawatnya - alodokter

  • Berbahan dasar rambut manusia

Biasanya rambut palsu berbahan dasar rambut asli manusia ini lebih mahal. Selain mahal, wig ini memiliki waktu lebih lama dalam penataannya saat hendak digunakan. Kelebihan dari rambut palsu ini adalah lebih terasa dan terlihat natural. Hal positif lain dari jenis rambut palsu berbahan dasar rambut manusia ini adalah dapat lebih tahan lama dan cocok digunakan untuk mereka yang mengalami masalah rambut permanen.

  • Berbahan dasar sintetis

Lebih mudah diatur saat hendak dipakai adalah kelebihan utama dari wig berbahan dasar sintetis. Selain mudah, banyak pilihan untuk wig jenis ini, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Jenis ini adalah properti tepat untuk mengatasi masalah rambut sementara.

Kenapa Seseorang Membutuhkan Rambut Palsu?

Sebagian orang memakai rambut palsu karena didasari kebutuhan yang tidak bisa ditolak. Beberapa masalah yang bisa membuat seseorang tidak dapat menolak memakainya antara lain:

  • Masalah kebotakan

Saat seseorang mengalami kebotakan yang sudah parah, maka memakai rambut palsu mungkin akan menjadi solusi yang tepat. Bagi kaum adam, 95 persen di antaranya terkait dengan faktor keturunan. Hal ini biasanya menimpa mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Ada pula kondisi kerontokan rambut yang disebut alopecia areata. Kondisi ini bisa menimpa para lelaki maupun perempuan dengan ciri-ciri selain kehilangan rambut di kepala berupa area seperti lingkaran-lingkaran, juga bisa kehilangan rambut di bagian tubuh lainnya. Dugaan sementara menyebutkan bahwa gangguan autoimun sebagai penyebab kerontokan.

Baik bagi lelaki maupun perempuan, rambut palsu memberikan aneka pilihan dengan gaya berbeda. Hal ini tentunya dapat membuat seseorang tampil lebih percaya diri dan ekspresif. Satu hal yang penting sebagai pengingat saat hendak menggunakan wig adalah jangan percaya kepada mitos yang mengatakan bahwa memakai rambut palsu akan menjadikan lebih banyak rambut  yang rontok.

  • Kemoterapi

Ketika seseorang menjalani pengobatan kanker alias kemoterapi, dia dapat kehilangan rambut untuk sementara waktu. Obat kemoterapi ditujukan untuk membunuh sel-sel kanker namun sayangnya dapat menyerang sel-sel sehat termasuk akar rambut.

Salah satu solusinya adalah memakai rambut palsu. Pilihan lain adalah memakai penutup kepala. Kulit kepala kemungkinan akan lebih sensitif saat menjalani kemoterapi, sehingga bila dibiarkan tanpa penutup, dapat mudah teriritasi oleh karena sinar matahari ataupun suhu dingin.

Rawat Rambut Palsu dengan Cara Berikut

Rambut palsu agar awet dan enak dipakai juga perlu perawatan. Langkah-langkah perawatan yang bisa dijadikan pedoman, antara lain:

  • Untuk mengurangi kekusutan, gunakan serum antikusut pada wig
  • Sisir rambut palsu dengan hati-hati
  • Cucilah rambut palsu dengan memakai air hangat
  • Celupkan seluruh wig ke dalam air hangat tersebut
  • Tambahkan sampo dan gosokkan dengan lembut pada wig lalu biarkan selama 5 menit
  • Bilas busa sampo hingga bersih
  • Tambahkan kondisioner pada rambut palsu dan usapkan dengan lembut
  • Bilah kondisioner hingga rambut palsu benar-benar bersih
  • Gantung wig di kamar tidur atau kamar mandi dengan gantungan baju
  • Diamkan selama 24 jam agar kering

Agar pemilihan rambut palsu kian mempercantik atau mempertampan pemakainya, berkonsultasi dengan penata rambut tidak ada salahnya. Saran mereka tentu sangat berguna untuk menemukan potongan dan gaya wig yang tepat sesuai wajah dan karakter pemakainya.