Hamil Sehat Bisa Dicapai Dengan 7 Langkah Ini

Kunci menjaga kesehatan bayi dalam kandungan adalah dengan menjaga kesehatan diri ibu hamil. Terdapat beberapa langkah untuk mempertahankan hamil sehat yang bisa Anda ikuti.

Kehamilan adalah waktu yang ideal untuk memulai merawat diri sendiri secara fisik dan emosional. Anda akan terbebas dari masalah selama kehamilan, bayi yang dikandung pun akan terlahir sehat. Hamil sehat bisa dicapai dengan cara sebagai berikut.

hamil sehat bisa dicapai dengan 7 langkah ini - alodokter

Konsultasi dengan dokter atau bidan

Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan segera setelah mengetahui Anda mengandung. Ini dilakukan agar dokter/bidan dan Anda bisa mempersiapkan apa saja yang perlu dilakukan selama masa kehamilan dan menjelang persalinan. Artinya, Anda akan mendapatkan saran untuk menjaga kehamilan tetap sehat sejak awal. Anda juga akan punya banyak waktu untuk mempersiapkan USG atau tes lain jika diperlukan.

Perhatikan apa yang Anda makan

Disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan seimbang seperti karbohidrat (roti, pasta, nasi), buah dan sayuran, sumber protein (daging, telur, kacang-kacangan, ikan, produk olahan susu), dan kalsium setiap harinya. Selain itu, hindari telur dan daging mentah atau kurang matang, produk olahan susu dan jus yang tidak dipasteurisasi, makanan laut mentah agar terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Hindari juga jenis ikan tertentu yang mengandung merkuri atau zat berbahaya lainnya. Tidak diketahui batasan konsumsi alkohol, dan kafein (kopi, teh, kola, minuman bersoda), sebaiknya Anda menghindari minuman ini selama masa kehamilan.

Olahraga teratur

Banyak manfaat yang bisa diambil oleh ibu hamil dengan olahraga teratur:

  • Membangun kekuatan dan daya tahan yang diperlukan untuk menanggung perut yang bertambah besar dan berat badan naik.
  • Memudahkan tubuh kembali ke bentuk semula setelah bayi lahir.
  • Membantu mencegah atau meringankan sakit dan nyeri.
  • Meningkatkan sirkulasi di kaki.
  • Membantu menangani beban fisik ketika melahirkan.
  • Mengurangi stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan tingkat serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati.

Olahraga yang baik untuk ibu hamil antara lain jalan cepat, renang, yoga, dan pilates. Berolahragalah selama Anda nyaman namun jangan sampai memaksakan diri terlalu keras hingga suhu tubuh terlalu tinggi atau dehidrasi. Hindari kolam air panas, sauna, atau olahraga tertentu dengan risiko jatuh, benturan, atau tekanan berlebih pada sendi. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Istirahat

Jika tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk sekejap tidur siang atau sekedar angkat kaki ke kursi dan bersantai selama 30 menit. Jika sakit punggung mengganggu tidur Anda, cobalah tidur miring dengan lutut ditekuk. Meletakkan bantal di bawah perut dapat membantu meringankan punggung yang tegang atau sakit. Olahraga juga dapat membantu mengatasi sakit punggung.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba teknik relaksasi yang aman selama kehamilan, seperti peregangan, pernapasan dalam, yoga, atau pijat. Namun selalu diskusikan terlebih dahulu dengan dokter dan beri tahu guru olahraga jika Anda sedang hamil atau memilih kelas khusus wanita hamil.

Rasa lelah yang dialami pada beberapa bulan pertama masa kehamilan disebabkan tingginya kadar hormon kehamilan dalam tubuh. Ini adalah cara tubuh memberitahu Anda untuk memperlambat aktivitas.

Berhenti merokok

Wanita hamil yang tetap merokok otomatis membuat janin yang ada di dalam kandungan juga merokok. Nikotin dan karbon monoksida pun akan diserap oleh janin. Merokok dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, anak lahir dengan berat badan rendah, sudden infant death syndrome atau SIDS di mana bayi yang kelihatannya sehat meninggal tanpa alasan jelas. Selain itu, wanita hamil yang merokok bisa membuat bayi meninggal saat lahir, mual dan muntah, kehamilan ektopik (hamil di luar rahim), dan solusio plasenta yaitu plasenta terlepas sebagian atau seluruhnya dari dinding rahim sebelum bayi lahir.

Pergi ke dokter gigi

Jangan lupa menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi, menggunakan benang gigi, atau pergi ke dokter gigi secara teratur. Fluktuasi hormon selama kehamilan dapat membuat Anda lebih rentan terkena penyakit gusi. Naiknya hormon progesteron dan estrogen dapat menyebabkan gusi bereaksi berbeda terhadap bakteri yang ada di plak gigi. Biasanya akan timbul gingivitis (gusi bengkak dan berdarah).

Jaga kesehatan emosi

Banyak wanita merasa jika emosi naik-turun dengan cepat selama hamil. Tetapi jika Anda mengalami perubahan suasana hati yang ekstrim atau mengganggu kehidupan sehari-hari, Anda mungkin menderita depresi. Jika Anda merasa tidak bersemangat selama lebih dari dua minggu atau jika Anda merasa sangat cemas, ceritakan pada dokter agar Anda mendapatkan rujukan untuk bantuan profesional.

Untuk bisa mengurus bayi Anda, Anda harus memerhatikan kesehatan diri sendiri sejak minggu pertama hingga minggu terakhir masa kehamilan. Meskipun banyak larangan dan kewajiban selama hamil, banyak wanita mengatakan jika mereka merasa paling sehat pada masa tersebut. Disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika ada perubahan atau masalah sekecil apa pun yang dialami ketika hamil.