Ibu Hamil Kembar Harus Proaktif dengan Kesehatan Diri Sendiri

Ketika Anda memiliki hamil kembar, kenaikan berat badan kemungkinan menjadi lebih signifikan jika dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Anda pun memerlukan tambahan vitamin untuk Anda dan kedua bayi di dalam kandungan.

Selain itu, Anda diwajibkan untuk memenuhi asupan zat besi lebih tinggi dari biasanya untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan kedua janin di dalam kandungan. Jika tidak memiliki kecukupan zat besi, besar kemungkinannya Anda akan mengalami anemia. Mengenai kalori, Anda harus mengonsumsi paling tidak 2.700 kalori tiap hari.

hamil kembar - alodokter

Kembar Identik dan Nonidentik

Kembar identik terjadi jika satu sel telur dibuahi oleh satu sel sperma. Setelah dibuahi, sel ini membelah menjadi dua dengan informasi genetik yang sama dan akhirnya tumbuh menjadi sepasang janin yang serupa. Sementara pada kebalikannya, kembar nonidentik atau kembar fraternal terjadi ketika terdapat dua sel telur yang masing-masing dibuahi oleh dua sel sperma dalam waktu yang bersamaan, sehingga berkembang menjadi dua janin yang berbeda. Dibandingkan kembar fraternal, kembar identik sangat jarang terjadi.

Bagaimana pun jenisnya, kondisi ibu hamil kembar akan sama dengan kondisi hamil normal, yaitu sama-sama memerlukan perawatan ekstra. Namun uniknya, seiring pertambahan usia, kemungkinan Anda mengalami hamil kembar akan makin tinggi. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon yang memungkinkan lepasnya lebih dari satu sel telur secara bersamaan.

Lakukan Hal Ini Jika Anda Hamil Kembar

Pada saat hamil kembar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kehamilan tetap bisa berjalan lancar. Hal-hal tersebut adalah:

Memeriksakan kondisi kehamilan lebih sering

Untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin, upayakan untuk memeriksakan tahap kehamilan lebih sering di klinik atau rumah sakit. Lakukan juga USG (ultrasonografi) untuk memantau kondisi pertumbuhan janin. Perhatikan juga mengenai kemungkinan tanda-tanda persalinan prematur agar Anda bisa mengantisipasinya dengan segera memeriksakan diri ke dokter kandungan, jika memang terjadi.

Lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan

Sebenarnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa beristirahat dianggap efektif dalam mencegah persalinan prematur. Namun, biasanya dokter menyarankan ibu yang sedang hamil kembar untuk lebih banyak beristirahat, mengurangi kegiatan fisik, mengurangi perjalanan jauh dan kesibukan di dalam pekerjaan untuk mencegah gangguan kehamilan serta mengurangi risiko komplikasi.

Lebih memerhatikan asupan nutrisi tertentu

Terdapat zat-zat yang diperlukan lebih banyak ketika Anda sedang hamil kembar. Asam folat, kalsium, zat besi, dan protein hanyalah sebagian dari yang diperlukan lebih banyak daripada biasanya. Pastikan Anda selalu mengonsumsi vitamin khusus untuk ibu hamil tiap hari selama masa kehamilan.

Memerhatikan berat badan yang proporsional

Ketika Anda sedang hamil bayi kembar, perhatikan berat badan ideal. Jangan sampai mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan agar Anda dan bayi tetap sehat. Kenaikan berat badan yang ideal untuk ibu dengan hamil kembar adalah 17-25 kg. Jika kenaikan berat badan dirasa lebih dari itu atau bahkan kelebihan, bukan hanya akan berdampak kepada kesehatan ibu dan bayi, tetapi pada nantinya juga akan menyulitkan Anda saat berusaha mengembalikan berat badan seperti semula pasca melahirkan nanti.

Kemungkinan besar, Anda memerlukan tambahan 600 kalori per hari selama hamil, jika saat sebelum hamil memiliki berat badan seimbang dan kondisi kesehatan yang baik.

Pikirkan kemungkinan melahirkan lebih cepat

Pada kondisi hamil tunggal, persalinan dapat ditunggu hingga minggu ke-41. Namun pada kehamilan bayi kembar, hari persalinan justru menjadi lebih cepat, yaitu pada minggu 38-39. Dokter akan merekomendasikan Anda untuk menjalani induksi atau bedah Caesar yang dilakukan pada minggu tersebut.

Bagi sebagian orang, hamil kembar bisa menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Apalagi menjadi lebih lengkap setelah tahu kondisi bayi ternyata sehat. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk selalu mengontrol kondisi kehamilan Anda. Bagaimana pun, Anda harus memenuhi kebutuhan gizi tiga tubuh secara sekaligus. Ikutilah petunjuk dan saran dokter agar Anda dan kedua bayi tetap sehat sejak hari pertama di dalam kandungan hingga tiba saatnya dilahirkan nanti.