Ini Daftar Sayuran Hijau yang Harus Anda Konsumsi

Para orang tua biasanya sering memarahi sang buah hati jika tidak mau memakan sayuran hijau. Padahal, sayuran hijau ini tidak berguna untuk anak-anak saja, namun untuk orang dewasa juga. Hal itu lantaran sayuran hijau kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, dan senyawa nabati yang dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker.

Setiap jenis sayuran memiliki manfaatnya masing-masing, namun sayuran hijaulah yang merupakan makanan nomor satu yang bisa Anda makan secara teratur untuk meningkatkan kesehatan Anda. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kubis, dan lainnya, sangat mudah kita jumpai di pasar tradisional atau supermarket.

green vegetables

Sayuran Hijau Miliki Segudang Manfaat

Sudah menjadi rahasia umum jika aneka ragam sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh Anda. Memakan banyak buah dan sayuran memang penting, hal itu dikarenakan nutrisi dan serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta mencegah masalah pencernaan dan mata.

Untuk memaksimalkan manfaat sayuran hijau untuk Anda, perlu diketahui bahwa kebutuhan setiap individu berbeda-beda. Hal itu tergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisiknya. Konsultasikan dengan dokter tentang kebutuhan konsumsi sayuran hijau Anda. Membiasakan diri sendiri untuk mengonsumsi sayuran hijau, bisa membuat Anda menjadi terbiasa untuk makan sehat. Hal itu juga bisa membuat Anda meminimalisir konsumsi makanan cepat saji.

Jenis Sayuran Hijau yang Baik untuk Anda

Berikut beberapa daftar sayuran hijau yang sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi setiap hari, di antaranya:

  • Bayam Tahu tokoh kartun Popeye? Kebiasaan Popeye yang kerap makan bayam ini mampu memompa otot-ototnya secara instan. Faktanya, sayuran berdaun hijau itu juga diyakini bisa membantu melawan osteoporosis, penyakit jantung, dan arthritis. Bayam juga sarat akan kandungan vitamin mineral, serat, dan antioksidan, lho. Berbagai kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk tubuh Anda. Sayur ini enak untuk ditumis atau direbus dan bisa menggugah nafsu makan Anda.
  • Kale Sayur berwarna hijau dan memiliki daun keriting yang serupa dengan sawi ini adalah sumber vitamin A, C, dan K yang baik untuk tubuh. Kale memiliki jumlah kalsium yang baik pada sayuran, dan terdapat kandungan kalium serta folat. Selain berwarna hijau, daun kale juga ada yang berwarna cokelat muda, ungu, dan hitam, tergantung pada jenisnya. Sayuran hijau ini bisa ditumis, dijadikan salad, atau dipanggang dan dijadikan keripik. Rasa kale berbeda-beda tergantung pada warna daunnya.
  • Sawi Sayuran hijau ini sering sekali menemani semangkuk mie ayam kesukaan Anda. Di dalam 100 gram sawi, terdapat sekitar 32 kalori. Sawi juga kerap disamakan seperti sayur kale yang sama-sama berwarna hijau. Sayur ini memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti air, serat, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, zink, dan lainnya. Sawi enak untuk ditumis, dijadikan bahan tambahan dengan menu lainnya, bahkan juga bisa dibuat jus.
  • Brokoli Memiliki pohon yang kecil, brokoli ini ternyata kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk Anda. Dalam 100 gram brokoli, terdapat sekitar 2,6 gram serat. Brokoli merupakan sayuran hijau sumber serat yang bisa membantu sistem pencernaan Anda. Anda bisa memakannya secara mentah, memasaknya, atau mengukusnya.¬† Brokoli juga dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung dan ¬†berkontribusi untuk membuat tulang Anda menjadi sehat dengan vitamin K yang dimilikinya.
  • Kubis Meskipun memiliki warna yang lebih pucat dari sayuran hijau lainnya, kubis merupakan sumber vitamin C. Terdapat dua jenis kubis, yakni kubis merah dan hijau. Dalam sekitar 100 gram kubis, terdapat sekitar 25 kalori. Sayuran ini bisa dimasak atau dijadikan campuran salad. Selain bisa untuk dimakan, kubis juga dipercaya bisa digunakan untuk pengobatan. Banyak orang menggunakan daun kubis untuk dijadikan obat sakit perut, asam lambung berlebih, tukak pada lambung atau usus, asma, serta morning sickness pada wanita hamil. Bahkan, para ibu menyusui pun kerap menggunakan daun kubis atau ekstrak daun kubis yang dibalurkan di payudara karena dipercaya dapat meringankan pembengkakan dan rasa sakit. Meskipun demikian, manfaat kubis ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.
Setelah mengetahui manfaat beberapa jenis sayuran hijau tersebut, disarankan menambahkan sayuran hijau ke dalam menu harian Anda. Kurangi konsumsi makanan cepat saji bagi yang ingin menurunkan berat badan. Jika perlu konsultasikan kepada ahli nutrisi terpercaya untuk mengetahui takaran harian sayuran hijau yang dianjurkan.