Ini Sayuran yang Mengandung Vitamin A dan Cara Mengolahnya

Tak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A juga memiliki peran dalam menjaga imunitas. Berbagai jenis sayuran seperti wortel, bayam, brokoli, dan labu dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan manfaat dari vitamin A untuk tubuh.

Banyak penelitian menunjukkan, semakin banyak mengonsumsi sayuran, maka risiko untuk terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker akan semakin rendah. Secara khusus, sayuran yang mengandung vitamin A mendukung kesehatan mata dan sistem imunitas tubuh.

ini sayuran yang mengandung vitamin a dan cara mengolahnya - alodokter

Adapun manfaat dari sayuran yang mengandung vitamin A dapat diperoleh dari sayuran berikut ini:

  • Wortel

Wortel merupakan sumber beta-karoten. Dalam tubuh, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Vitamin A juga  mendukung sel-sel darah putih lebih produktif melindungi tubuh dari zat-zat asing yang masuk ke tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari wortel, Anda dapat membuat jus segar. Campurkan 4-5 buah wortel berukuran besar dengan 1 apel berukuran sedang, 1 buah pir, dan jahe sekitar 0,5 cm. Haluskan dengan blender hingga halus. Jus siap dinikmati.

  • Brokoli

Kandungan vitamin A pada brokoli penting dalam menjaga kesehatan mata serta memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Penelitian juga menunjukkan, beta karoten dalam brokoli membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli, Anda dapat membuat brokoli panggang. Siapkan 3 cangkir brokoli, 3 siung bawah putih cincang, 4 sendok makan margarin dan 4 sendok makan kacang kenari yang dihaluskan. Letakkan brokoli dan bawang putih pada sebuah loyang yang telah dilumuri dengan margarin. Panggang selama 10 menit dan sajikan dengan taburan kacang kenari.

  • Bayam

Bayam mengandung vitamin A, C, folat dan magnesium,yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam bayam juga terdapat karotenoid yang terdiri dari beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, yang akan melindungi mata dari gangguan penglihatan akibat penambahan usia, rabun senja, penyakit jantung dan penyakit kanker.

Tak hanya dimasak atau ditumis saja, manfaat vitamin A dari bayam juga dapat dirasakan dengan membuat smoothies bayam. Anda dapat mencampurkan 4 cangkir bayam, 2 pisang yang telah dibekukan, dan 1 cangkir air. Untuk penambah rasa, masukkan potongan stroberi atau nanas. Haluskan dengan blender, kemudian bisa langsung diminum.

  • Labu

Secangkir labu mampu memenuhi kebutuhan vitamin A mencapai dua kali lipat dari yang disarankan. Kandungan beta-karoten yang kemudian diolah tubuh menjadi vitamin A, terutama terdapat pada daging labu yang berwarna oranye.

Kudapan yang bisa dibuat dengan bahan dasar labu adalah pai labu. Siapkan 2 cangkir labu dan 2 cangkir biskuit yang dihaluskan. Kemudian, siapkan 3 sendok makan margarin rendah lemak, 2 sendok makan gula merah, 2 sendok teh kayu manis, 350 ml susu bebas lemak, 2 butir telur dan ½ sendok teh pala.

Buat kulit pai dengan mencampurkan biskuit, gula, margarin, dan kayu manis. Bentuk kulit pai di wajan dan panggang selama 5 menit lalu diangkat. Campur bahan-bahan yang tersisa menjadi satu adonan. Tuangkan ke dalam kulit pai dan panggang selama 15 menit dalam suhu tinggi, kemudian turunkan suhu sedang dan panggang selama 35 menit. Pai labu siap dihidangkan.

Meski banyak mengandung manfaat untuk kesehatan, sayuran yang mengandung vitamin A sebaiknya dikonsumsi secukupnya. Sebab, asupan vitamin A berlebih dapat memicu keracunan, bahkan dapat menyebabkan terjadinya nyeri tulang, perubahan warna kulit, hingga kerusakan hati secara jangka panjang. Jika perlu, konsultasikan kepada dokter mengenai takaran vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.