Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

kenali penyebab dan cara mengobati jamur kuku - alodokter

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam.  Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

 

sponsored by: