Menepis Polusi Udara di Kota

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan udara yang lebih bersih di kota. Kualitas udara di banyak kota besar di dunia, termasuk di kota-kota di Indonesia ini, ternyata belum memenuhi standar kesehatan World Health Organization (WHO).

Kondisi ini harus disadari dan segera ditangani karena polusi udara dapat membuat warga kota berada dalam risiko gangguan pernapasan dan sejumlah masalah kesehatan lain.

Thermal power plant. Winter

Batas kualitas udara sehat menurut WHO adalah tidak lebih dari 20 μg/m³, yaitu konsentrasi partikel halus dari PM10 (10 mikron partikel atau kurang) yang terdapat dalam tiap meter kubik udara. Namun pada 2010, PM10 Jakarta adalah 48 μg/m³. Kota-kota lain seperti Bandung, Medan, dan Surabaya juga memiliki nilai PM10 lebih dari batas yang dianjurkan.

Kabar baiknya, tiap orang sebenarnya dapat berperan mewujudkan kualitas udara kota yang lebih baik. Ada cara-cara sederhana yang dapat dilakukan.

Anda bisa membuat perubahan dalam cara Anda melakukan perjalanan.

  • Polusi dan kemacetan terjadi karena sebagian besar kendaraan pribadi di jalan raya hanya diisi oleh satu orang. Dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, maka akan ada lebih sedikit asap kendaraan yang mencemari udara.
  • Bersepeda dan berjalan kaki adalah cara mudah bepergian dalam jarak dekat tanpa polusi dan sekaligus menyehatkan.
  • Kenali cara untuk mengatasi polusi udara di dalam mobil pribadi Anda.
  • Rencanakan perjalanan Anda agar bisa berangkat bersama dengan rekan atau tetangga yang searah.
  • Minimalisasi penggunaan layanan drive-thru pada restoran cepat saji atau bertransaksi di ATM.
  • Sediakan waktu untuk melakukan perawatan kendaraan Anda secara teratur agar tidak memproduksi emisi yang melampaui batas normal.

Lebih bijak dalam membeli barang dapat memberikan kontribusi untuk menciptakan kualitas udara yang lebih baik, serta mengurangi risiko terkena paparan polusi. Anda bisa membeli sarana transportasi pribadi dan produk-produk elektronik yang berlogo hemat energi dan lebih sedikit menghasilkan polusi, misalnya dengan memilih mobil yang penggunaan bahan bakarnya lebih efisien atau mobil hybrid. Selain itu Anda bisa mengenakan masker saat bepergian di jalan raya agar terhindar dari risiko polusi udara.

Melalui cara-cara sederhana di rumah, Anda dapat ikut menciptakan udara kota yang lebih segar:

  • Urban farming atau berkebun di rumah dapat membuat udara di sekitar rumah lebih segar. Untuk menyiasati lahan terbatas, tanaman tidak harus ditanam di media tanah, tapi bisa juga dengan sistem hidroponik. Jika semua orang melakukannya, maka kualitas udara di kota diharapkan akan membaik. Selain itu masih banyak cara-cara untuk mengurangi polusi di dalam rumah.
  • Jika listrik yang mengaliri rumah Anda dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), menghemat penggunaan listrik dapat berkontribusi dalam mengurangi polusi udara. Selain mematikan listrik saat tidak digunakan, penghematan dapat dilakukan dengan beralih ke penggunaan lampu hemat energi.

Jika cara-cara sederhana di atas dilakukan secara konsisten oleh semua orang, maka bernapas lebih lega di jam berangkat atau pulang kantor bukanlah hal yang mustahil.