Nicardipine

Pengertian Nicardipine

Nicardipine adalah obat penghambat kanal kalsium yang digunakan untuk mengobati nyeri dada yang hebat (angina) atau tekanan darah tinggi (hipertensi). Obat ini membantu melemaskan pembuluh darah jantung dan meningkatkan pasokan darah dan oksigen dan di waktu yang sama juga mengurangi beban kerja jantung.

NICARDIPINE - alodokter

Jantung yang bekerja terlalu keras dapat memicu sakit dada yang parah (angina) dan kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi). Jika tidak diobati dan dikendalikan, kondisi ini berisiko merusak fungsi jantung, termasuk berdampak buruk kepada pembuluh darah jantung, otak, serta ginjal. Pada akhirnya, seseorang dengan kondisi-kondisi demikian akan dihadapkan kepada risiko terserang stroke, serangan jantung, gagal jantung, atau gagal ginjal. Obat ini tersedia dalam bentuk cairan yang disuntikkan maupun diminum langsung.

Tentang Nicardipine

Golongan Anti-angina, antagonis kalsium
Kategori Obat resep
Manfaat
  • Mengobati Angina
  • Mengobati Hipertensi
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk Cairan infus dan tablet

Peringatan:

  • Wanita yang merencanakan kehamilan, wanita sedang hamil, wanita menyusui, termasuk bayi dan anak harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.
  • Seseorang yang memiliki alergi tertentu baik pada makanan, obat, maupun bahan lain yang terkandung di dalam obat ini.
  • Penderita yang sedang dalam perawatan penyakit lain pada waktu yang sama, terapi suplemen, pengobatan herba, atau pengobatan pelengkap lainnya.
  • Penderita berbagai jenis gangguan pada ginjal, jantung atau hati dilarang menggunakan obat ini tanpa pengawasan dokter.
  • Penderita penyempitan katup pembuluh jantung aorta dilarang mengonsumsi obat ini.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi buruk, kondisi memburuk, alergi atau overdosis saat menggunakan obat ini.

Dosis Nicardipine

Kondisi Dosis awal
Mengobati angina Cairan infus: 5 mg/jam, maksimal 15 mg/jam.Tablet: 20 mg sebanyak 3 kali/hari, dosis ditingkatkan dengan jarak waktu minimal 3 hari. Dosis rawatan: 60-120 mg/hari.
Mengobati hipertensi Cairan infus: 5 mg/jam, maksimal 15 mg/jamTablet kerja cepat: 20 mg sebanyak 3 kali/hari. Dosis rawatan: 20-40 mg sebanyak 3

Dosis dapat berubah dan disesuaikan kembali oleh dokter sesuai dengan kondisi fisik (berat badan, usia, dst), penyakit, dan respons pasien terhadap obat hingga mendapatkan tekanan darah yang diinginkan.

Menggunakan Nicardipine dengan Benar

Penggunaan nicardipine sebaiknya dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh agar tekanan darah tetap berada di batas yang normal. Selain itu, pasien juga bisa memulai kebiasaan olahraga dan diet makan yang sehat dan berimbang bagi tubuh, seperti makanan dengan kadar natrium rendah atau rendah garam.

Minumlah obat sesuai instruksi yang diberikan, perhatikan selalu informasi yang tertera pada kemasan obat untuk keterangan mengenai tanggal kedaluarsa atau efek samping obat. Patuhi jadwal kunjungan dokter yang ada agar dokter dapat memonitor kondisi dan perkembangan serta mengubah dosis atau mengganti obat jika diperlukan.

Jangan menggandakan dosis jika Anda melewatkan waktu minum obat. Minumlah segera terutama jika waktu minum obat yang terlewat tidak terlalu jauh jaraknya dengan waktu minum obat seharusnya Minumlah sesuai dengan dosis yang diberikan pada waktu minum obat selanjutnya.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Nicardipine

Sama seperti obat-obat lain, nicardipine bisa menyebabkan reaksi efek samping. Beberapa reaksi yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat ini, yaitu:

  • Berkeringat
  • Mual
  • Napas yang pendek
  • Sakit di lengan, punggung, atau rahang
  • Dada yang sesak atau terasa berat
  • Detak jantung cepat atau tidak beraturan atau palpitasi
  • Pembengkakan di kaki

Segera temui dokter jika Anda merasakan gejala-gejala di atas ataupun gejala lain yang Anda curigai berhubungan dengan obat ini.