Obat Diare Alami untuk Pertolongan Pertama di Rumah

Efek utama dari penyakit diare adalah menjadikan tubuh kehilangan banyak cairan. Pada tingkatan yang parah, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Namun jika kondisi diare masih belum terlalu parah, bentuk pertolongan pertama di rumah masih bisa dilakukan. Terutama mengenai hal ini, Anda bisa menggunakan obat diare alami.

Diare dapat terjadi karena infeksi virus, bakteri, keracunan makanan, bahkan efek samping beberapa tipe operasi. Jika dibedakan berdasarkan lamanya durasi diare, ada diare kronis dan diare akut. Diare kronis dianggap lebih berbahaya karena berlangsung lebih lama, yaitu lebih dari 14 hari dan perlu ditangani secara medis. Sedangkan diare akut bisa dinyatakan sebagai kondisi yang lebih ringan karena yang berlangsung selama beberapa hari dengan frekuensi buang air besar sebanyak 2-3 kali per hari.

obat diare alami - alodokter

Penanganan diare disarankan untuk dilakukan secepatnya agar diare tidak berlarut-larut dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa bahan makanan yang bisa dianggap sebagai obat diare alami untuk mengatasi diare di rumah. Berikut ini beberapa obat alami diare yang dapat Anda pilih:

Yoghurt

Probiotik adalah bakteri hidup yang ada di dalam makanan tertentu, misalnya yoghurt. Probiotiklah yang berfungsi memulihkan bakteri baik di dalam usus akibat efek buruk dari penggunaan antibiotik. Beberapa contoh probiotik antara lain bifidobacteria, acidophilus, dan Lactobacillus GG,

Cairan

Memberi tambahan asupan cairan dapat menolong penderita diare dari kondisi dehidrasi (kekurangan cairan). Berikan air putih sebanyak satu liter tiap jamnya, cukup selama 1-2 jam. Apabila diare masih berlanjut, teruskan pemberian air putih ini sampai beberapa jam lagi.

Yang perlu diperhatikan adalah bagi penderita diare yang memiliki riwayat penyakit ginjal, hati, dan jantung yang harus membatasi asupan cairan, disarankan untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi cairan tambahan.

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi, menenangkan perut akibat diare atau iritasi, dan melancarkan proses pencernaan. Ambil dua sendok jahe yang sudah diparut, lalu seduh dengan 250 ml air panas dan teh. Diamkan beberapa menit, lalu minum airnya. Jika Anda tidak suka rasa pedas yang ada pada jahe, tidak masalah untuk memilih jahe dalam bentuk suplemen.

Daun mint

Daun mint juga dapat digunakan sebagai obat alami diare. Sifat daun ini adalah meredakan kram, menenangkan otot usus yang teriritasi, serta menghentikan diare. Ambil beberapa lembar daun mint, seduh ke dalam 250 ml air panas. Diamkan sebentar, lalu minum airnya.

Teh chamomile dan lemon

Chamomile memiliki efek menenangkan seluruh bagian tubuh, termasuk usus. Diare yang berhubungan dengan stres atau kecemasan juga dapat diredakan berkat meminum teh chamomile. Siapkan 250 ml air hangat dan tambahkan teh chamomile. Untuk menambah manfaat, Anda dapat menambahkan perasan satu buah lemon. Minuman ini pun dapat digunakan sebagai obat diare alami.

Konsumsi BRAT

BRAT adalah singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi), Applesauce (saus apel), Toast (roti), and Tea (teh). Makanan-makanan ini mengandung gula sederhana dan kadar keasaman yang rendah sehingga bersifat menenangkan usus dan memberikan manfaat bagi pencernaan. Konsumsilah roti bakar jika diare diduga karena keracunan. Roti yang sudah dibakar sampai sedikit hangus mengandung karbon (arang), dan diperkirakan memiliki efek yang sama dengan obat yang mengandung karbon, yaitu menetralkan racun di dalam tubuh. Meskipun demikian, sebaiknya penggunaan karbon sebagai penetral racun ini harus di bawah pengawasan resep dokter.

Obat alami diare dapat Anda gunakan di rumah untuk meredakan gejala diare. Namun, apabila diare tidak kunjung reda, jangan tunda lagi, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.