Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Hipnosis bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meski awalnya lebih dikenal di dunia hiburan, kini terapi hipnosis atau hipnoterapi digunakan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan.

Terdapat banyak anggapan tentang kegunaan hipnoterapi, meski hingga saat ini belum ada bukti kuat yang dapat mendukung hipnoterapi benar-benar dapat bermanfaat. Sebagian ahli pun berpendapat bahwa hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau memiliki efek plasebo.

seperti apa bentuk pengobatan hipnoterapi - alodokter

Mengurangi Ketegangan

Hipnosis dalam hipnoterapi, sebagaimana teknik relaksasi lain, membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, sekaligus mengubah aktivitas gelombang otak tertentu. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk memasukkan sugesti.

Ada hasil penelitian klinis yang mengemukakan bahwa hipnoterapi mungkin dapat menciptakan relaksasi, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian lain menunjukkan, pasien dengan gangguan gigi yang melalui proses hipnosis lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan yang tidak melakukannya. Ada juga yang menganggap hipnosis mampu mempercepat masa pemulihan, sekaligus mengurangi rasa sakit dan kecemasan pascaoperasi.

Beberapa kondisi lain yang mungkin memanfaatkan hipnoterapi, antara lain :

  • Sindrom iritasi usus.
  • Penyakit kulit.
  • Menurunkan berat badan.
  • Kecanduan merokok.
  • Kehamilan dan melahirkan.
  • Fobia atau ketakutan.
  • Gangguan tidur.
  • Depresi.
  • Sakit kepala tipe tegang.
  • Asma.
  • Ketergantungan obat.
  • Mengompol.
  • Tinnitus atau telinga berdengung.
  • Rasa sakit akibat kanker.
 Cara Kerja Hipnosis

Melalui hipnosis, pikiran atau ingatan seseorang dapat dieksplorasi. Yaitu hal-hal tidak menyenangkan yang mungkin disembunyikan pikiran sadar. Yang perlu dipahami, hipnosis akan mencari sumber awal respons seseorang terhadap suatu hal. Ketika sesuatu terjadi pada seseorang, maka hal itu akan diingat  oleh tubuh dan emosi. Respons terhadap hal tersebut akan dilakukan berdasarkan ingatan awal.

Tidak semua reaksi yang disebabkan oleh ingatan tersebut tergolong sehat. Maka dari itu, peristiwa awal yang Anda alami akan ditelaah oleh seorang hipnoterapis. Selanjutnya respons yang dianggap tidak baik akan diganti dengan sesuatu yang baru dan lebih sehat.

Melalui Beberapa Tahap

Pada dasarnya, hipnoterapi berupaya meraih peningkatan kesadaran melalui relaksasi dan konsentrasi mendalam. Saat itu terjadi, seseorang menjadi sangat fokus sehingga tidak memperhatikan berbagai hal yang ada di sekitarnya.

Umumnya hipnoterapi melewati beberapa tahapan. Pertama, dimulai dengan membicarakan permasalahannya dengan hipnoterapis. Kemudian, hipnoterapis akan membantu Anda untuk lebih rileks dan fokus pada kata-kata atau gambar yang terkait dengan permasalahan awal.

Tahap berikutnya membuka pemikiran penting yang berkaitan dengan masalah. Lalu hipnoterapis akan memberikan saran dan Anda akan diminta untuk mengikuti saran tersebut. Selanjutnya Anda akan dikembalikan ke alam sadar dengan bimbingan hipnoterapis. Tahap terakhir adalah merefleksikan pengalaman tersebut.

Mempertimbangkan Risiko

Sebelum melakukan hipnoterapi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan mengetahui kondisi apa yang memerlukan bantuan hipnoterapi. Pada beberapa kondisi, seperti fobia atau kecemasan, sebaiknya Anda terlebih dahulu diperiksa oleh psikiater untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Hipnoterapis kemungkinan akan mengembalikan ingatan yang diyakini berkaitan dengan gangguan pada seorang pasien. Namun risiko di balik itu adalah otak memiliki ingatan palsu yang secara tidak sengaja tertanam saat sugesti diberikan kepada pasien.

Beberapa kondisi yang menjadikan lebih berisiko saat melakukan hipnoterapi, antara lain penderita gangguan disosiatif atau mengalami gejala psikotik seperti halusinasi atau delusi. Juga termasuk orang yang mengonsumsi minuman beralkohol dan narkoba.

Selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk melakukan hipnoterapi. Minta pertimbangan-pertimbangan dokter mengenai manfaat atau risiko dari terapi tersebut. Keefektifan hipnoterapi belum terbukti sepenuhnya namun bisa Anda coba. Pilih hipnoterapis yang terlatih dan berpengalaman untuk membantu mengatasi permasalahan yang Anda hadapi.