Susu Penambah Berat Badan dan Manfaat yang Terkandung di Dalamnya

Di saat kebanyakan orang ingin menurunkan berat badannya. Beberapa orang lainnya malah diminta menambah berat badannya oleh dokter, karena terlalu kurus. Susu penambah berat badan menjadi pilihan bagi beberapa orang yang ingin meningkatkan berat secara sehat.  Anda juga perlu tahu manfaat susu yang terkandung di dalamnya.

Bertubuh langsing sering dikaitkan dengan tubuh yang sehat, tetapi jika tubuh yang kurus terjadi ketika hamil, disebabkan karena gizi buruk, atau akibat memiliki kondisi medis tertentu, maka ini mungkin perlu mendapatkan perhatian khusus.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan berat badan Anda kurang seperti mengalami gangguan tiroid, diabetes, gangguan makan seperti anoreksia, stres, atau sedang menjalani diet yang tidak menyediakan energi (kalori) yang cukup.

Terlalu kurus dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda dan memengaruhi sistem imun tubuh, kerapuhan tulang, dan sering merasa lelah. Ini juga menunjukkan Anda tidak mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang yang menyebabkan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh berkurang Anda akan lebih mudah terkena pilek, terserang flu dan infeksi lainnya, serta bagi wanita dapat menyebabkan gangguan hormonal, sehingga menstruasi terganggu, bahkan meningkatkan risiko gangguan kesuburan.

Untuk menentukan berat badan yang sehat sesuai berat dan tinggi  badan, maka Anda bisa mengukurnya melalui indeks massa tubuh (IMT). Setelah menemukan penyebab penurunan berat badan Anda, dokter akan memberi  saran  pola diet yang sehat untuk Anda. Biasanya, dokter juga akan menyarankan Anda untuk menambah berat badan dengan cara sehat berikut ini.:

  • Makan lebih sering dalam porsi kecil.
  • Pilih makanan yang kaya nutrisi.
  • Mengonsumsi smoothie yang dibuat dari susu dan jus segar.
  • Perhatikan asupan minum Anda.
  • Hitung kalori dari setiap makanan yang masuk.
  • Sesekali menambahkan konsumsi makanan selingan sehat berkalori seperti telur dan keju untuk mendapatkan kalori yang lebih besar.
  • Olahraga untuk menambah berat badan dengan membangun massa otot Anda. Olahraga juga dapat merangsang nafsu makan Anda
Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah mengganti makanan yang biasa Anda makan dengan makanan yang mempunyai kalori lebih tinggi. Protein dan kalori yang tinggi dapat membantu Anda untuk menambah berat badan, membantu proses pemulihan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Protein juga dibutuhkan untuk mempertahankan massa otot.

Makanan yang memiliki protein atau kalori tinggi salah satunya adalah susu dan produk turunannya. Berbagai jenis susu untuk memenuhi kebutuhan protein seperti susu kedelai, susu rendah lemak, susu murni, dan susu skim. Susu juga dipercaya sebagai minuman yang sehat untuk anak-anak. Para peneliti percaya jika kandungan estrone dan whey protein di dalamnya dapat menaikkan berat badan.

Anda dapat memilih susu penambah berat badan yang rendah lemak. Berikut ini adalah manfaat yang terkandung pada produk olahan susu rendah lemak :

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tubuh kita sebenarnya dapat memperoleh vitamin D melalui sinar matahari yang cukup. Tetapi, saat ini banyak susu yang diperkaya dengan vitamin D, minum susu rendah lemak jenis ini, dapat meningkatkan asupan vitamin D dan membantu kesehatan tulang dalam penyerapan kalsium.

Mendapatkan kalsium dari makanan baik untuk kesehatan tulang Anda. Sebagai contoh, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi keju dapat meningkatkan massa tulang lebih baik dibandingkan dengan hanya mengonsumsi produk suplemen kalsium dan/atau vitamin D, tanpa pengaturan pola makan.

Menurunkan Tekanan darah

Orang yang mengonsumi susu rendah lemak, risiko terhadap tekanan darah tinggi akan turun sebanyak 54 persen. Kalsium yang berasal dari susu rendah lemak diduga memiliki efek yang baik dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Menambah berat badan

Walaupun secara umum kalsium terkait dengan penurunan berat badan, namun kalsium dari produk olahan susu juga dipercaya dapat menambah berat badan. Beberapa produk susu mempunyai kandungan kalsium dan protein yang tinggi seperti seperti keju, Greek yogurt, dan kefir. Kedua kandungan ini bisa Anda dapatkan pada produk susu penambah berat badan.

Selain susu penambah berat badan dan produk turunannya, Anda juga sebaiknya melengkapi sumber nutrisi dengan mengonsumsi makanan lain sebagai sumber protein seperti kacang-kacangan, selai kacang, buah kering, mangga dan alpukat, lengkapi pula dengan asupan karbohidrat dan lemak secara seimbang, juga tidak lupa berolahraga dan istirahat secara teratur untuk menambah berat badan Anda dengan sehat.