Tadalafil

Pengertian Tadalafil

Tadalafil digunakan untuk menangani impotensi atau disfungsi ereksi. Obat ini berfungsi mencegah pertumbuhan zat kimia bernama phosphodiesterase type-5, atau PDE5, yang terdapat di dalam penis. Tadalafil berperan melancarkan aliran darah ke penis dengan cara melemaskan dan melebarkan pembuluh darah tempat PDE5 tumbuh, sehingga memudahkan terjadi ereksi.

TADALAFIL - alodokter

Disfungsi ereksi umumnya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah menuju penis. Sebagai akibatnya, penderita tidak mencapai atau tidak dapat mempertahankan ereksi. Tadalafil bekerja dengan bantuan rangsangan seksual pada penis dan memastikan agar PDE5 tidak bekerja terlalu cepat.

Selain disfungsi ereksi, tadalafil juga dapat digunakan untuk mengobati penderita benign prostatic hyperplasia (BPH) yang mana terjadi pembesaran kelenjar prostat dan penderita pulmonary arterial hypertension atau tekanan darah tinggi pada pembuluh darah utama yang mengangkut darah dari serambi kanan jantung menuju paru-paru. Penggunaan tadalafil sebagai pengobatan kedua penyakit ini membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter sebelum dikonsumsi.

Tentang Tadalafil

Golongan Obat disfungsi ereksi
Kategori Obat resep
Manfaat
  • Mengobati disfungsi ereksi
  • Meringankan gejala benign prostatic hyperplasia (BPH)
  • Melebarkan pembuluh darah pada penderita pulmonary arterial hypertension
Dikonsumsi oleh Pria dewasa
Bentuk Tablet

 Peringatan:

  • Berpenyakit jantung, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, dan pasien yang pernah mengalami stroke atau serangan jantung.
  • Pasien dengan gangguan ginjal atau hati yang berat dan pasien pengidap intoleransi galaktosa.
  • Pengidap penyakit sel darah
  • Penderita kanker tulang sumsum atau penderita leukemia.
  • Penderita penyakit mata pada tingkat risiko mengalami kebutaan.
  • Pasien yang memiliki penyakit atau kelainan bentuk pada penis (penis bengkok).
  • Pasien pengidap priapismus (rasa sakit permanen saat ereksi).
  • Pasien pengidap angina atau tekanan darah rendah.
  • Pasien yang sedang mengonsumsi obat penyekat alfa
  • Pastikan untuk menanyakan pada dokter atau apoteker sebelum Anda mengonsumsi obat lain bersamaan dengan obat-obatan lain di saat yang bersamaan, termasuk obat-obatan herba.
  • Hubungi dokter jika timbul reaksi atau alergi pada pasien.

Dosis Tadalafil

Dosis obat disesuaikan dengan kondisi dan respons pasien terhadap obat. Tadalafil dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Kondisi Dosis
Mengobati disfungsi ereksi pada pria dewasa 10 miligram per hari adalah dosis yang biasanya diajurkan untuk pemakaian sesekali, sesuai kondisi dan kebutuhan. Obat diminum 30 menit sebelum melakukan hubungan seksual.2,5 miligram per hari adalah dosis awal yang biasanya dianjurkan untuk pemakaian rutin. Dokter dapat meningkatkan dosis sesuai respons pasien. Obat diminum pada waktu yang sama setiap harinya, sebelum atau tanpa hubungan seks
Mengobati BPH 5 miligram per hari pada waktu yang sama
Mengobati pulmonary arterial hypertension 40 miligram per hari

Dosis untuk anak yang menderita pulmonary arterial hypertension akan ditentukan oleh dokter.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini lebih dari satu kali sehari dan tanpa melalui konsultasi dokter. Jika Anda melewatkan waktu minum tadalafil, segera minum obat begitu teringat. Lewatkan minum obat jika waktunya berdekatan dengan waktu minum obat selanjutnya. Jangan pernah menggandakan dosis tadalafil tanpa sepengetahuan dokter.

Mengonsumsi Tadalafil dengan Benar

Selalu konsumsi tadalafil sesuai dengan instruksi dokter dan perhatikan keterangan yang ada pada kemasan obat sebelum membeli. Obat ini biasanya diberikan pada dosis rendah sebelum kemudian ditingkatkan sesuai respons  tubuh dan kebutuhan pasien.

Agar kegunaan tadalafil dapat dirasakan oleh tubuh, pasien tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol, jus anggur, dan obat disfungsi ereksi lain, sebelum atau di saat yang bersamaan mengonsumsi obat ini. Hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Tadalafil juga membutuhkan rangsangan fisik agar dapat berefek dalam tubuh. Lakukan pemanasan atau foreplay bersama pasangan seperti biasanya agar Anda terangsang secara seksual sehingga dapat memicu kerja tadalafil.

Selalu patuhi dosis yang dianjurkan dan informasikan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang berhubungan dengan penyakit lain di saat yang sama. Tidak dianjurkan untuk merekomendasikan tadalafil pada orang lain tanpa melalui konsultasi dokter dikarenakan perbedaan kondisi yang membutuhkan dosis yang berbeda pula.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Tadalafil

Beberapa efek samping yang dapat timbul sebagai akibat reaksi tadalafil pada tubuh, di antaranya berupa:

  • sakit kepala
  • nyeri otot
  • hidung tersumbat
  • gangguan pencernaan

Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda mengenai kemungkinan efek samping yang muncul setelah pengonsumsian tadalafil.

Segera temui dokter jika timbul efek samping seperti sakit dada, kehilangan penglihatan, dan terjadi ereksi yang berlangsung hingga berjam-jam untuk mendapatkan penanganan medis seketika.