Wajah Cantik Bersinar dengan Peeling Wajah

Peeling wajah mampu meningkatkan penampilan dengan menghilangkan bekas jerawat atau keriput. Kenali dulu jenis-jenisnya sebelum memutuskan melakukan perawatan wajah ini.

Peeling wajah adalah prosedur kecantikan di mana bahan kimia diaplikasikan ke permukaan wajah guna menghilangkan lapisan atas kulit atau kulit mati. Teknik ini juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel baru. Lapisan kulit yang tumbuh setelah peeling wajah dilakukan akan tampak lebih halus dan lebih muda tapi juga lebih sensitif terhadap sinar matahari.

wajah cantik bersinar dengan peeling wajah - alodokter

Peeling wajah dilakukan untuk mengurangi garis di bawah mata dan sekitar mulut; mengatasi kerutan akibat sinar matahari, penuaan, atau faktor turunan; mengurangi bintik-bintik wajah akibat penuaan atau bercak hitam karena kehamilan atau minum pil kontrasepsi (melasma); memperbaiki bekas luka ringan; mengobati jerawat jenis tertentu; serta memperbaiki penampilan kulit agar tidak kusam.

Peeling wajah terbagi menjadi tiga berdasarkan kedalaman lapisan kulit yang dikelupas, yaitu superficial, medium, dan deep.

Superficial

Peeling wajah superficial berfungsi mengangkat lapisan luar kulit (epidermis) guna mengobati kerutan halus, jerawat, warna kulit yang tidak merata, dan kulit kering. Hasil peeling jenis ini mungkin tidak akan terlihat pada awalnya, untuk itu diperlukan perawatan rutin guna mempertahankan khasiat yang bersifat sementara. Setelah melakukan peeling superficial, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari sampai kulit baru benar-benar menutupi daerah wajah yang dikelupas. Peeling wajah ini dapat dilakukan oleh terapis kecantikan berkualitas dan staf medis.

Medium

Peeling wajah medium menghilangkan sel-sel kulit dari epidermis dan dermis (lapisan kulit di bawah epidermis). Peeling ini dapat mengatasi keriput, bekas jerawat, dan warna kulit yang tidak merata. Untuk mempertahankan hasil yang maksimal, peeling medium dapat diulang setelah 6 atau 12 bulan kemudian dan hindari terkena paparan sinar matahari selama beberapa bulan. Peeling jenis ini harus dilakukan oleh tenaga ahli kesehatan profesional yang berkualitas.

Deep

Peeling wajah jenis deep menghilangkan sel kulit dari epidermis hingga lapisan bawah dermis. Mereka yang memiliki keriput yang lebih dalam, bekas luka, atau pertumbuhan prakanker kemungkinan direkomendasikan untuk melakukan peeling tipe ini. Perawatan ini tidak perlu diulang kembali. Prosedur ini harus dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional dengan keterampilan dan pengalaman yang relevan. Selain itu, lindungi kulit dari sinar matahari secara permanen guna mencegah perubahan warna kulit.

Tidak semua orang cocok melakukan prosedur peeling wajah, contohnya bagi mereka yang mengonsumsi obat jerawat isotretinoin dalam enam bulan terakhir, memiliki sejarah pertumbuhan berlebih jaringan parut (keloid) atau kutil wajah dan pigmentasi kulit yang abnormal. Selain itu, perlu juga diingat bahwa peeling wajah dapat menimbulkan efek samping seperti kulit kemerahan, munculnya jaringan parut, perubahan warna kulit, infeksi, dan kerusakan pada hati, ginjal, atau jantung.

Membuat Peeling Wajah Sendiri

Meski hasilnya tidak akan sebaik yang didapatkan di dokter atau klinik kecantikan berkualitas, Anda dapat membuat sendiri peeling wajah alami dengan harga yang sangat terjangkau. Yang perlu Anda lakukan:

  • Campur dan haluskan 1/2 butir lemon, 1/2 butir jeruk, 1/2 cangkir nanas, 1/2 cangkir papaya, dan 1-2 sdm madu atau yogurt tanpa rasa dengan blender hingga menjadi “bubur”.
  • Gosokkan “bubur” tersebut pada wajah dan diamkan selama 25 menit. Asam glikolat pada jeruk membantu mengurangi keriput, hiperpigmentasi (kulit gelap), dan pori-pori besar.

Tidak ada prosedur kecantikan yang tanpa risiko. Oleh karena itu, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter atau pakar estetika sebelum Anda melakukan peeling wajah.