Kamu boleh saja bersedih saat patah hati. Namun, jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut, ya. Soalnya, sedih berkepanjangan justru membuatmu berisiko mengalami stres bahkan depresi. Makanya, mending move on dari patah hati, yuk

Sedih dan galau memang hal yang biasa dirasakan dalam urusan patah hati. Namun, jangan sampai kondisi tersebut terus menerus membebanimu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk move on, supaya kamu bisa kembali merasa tenang dan nyaman dalam menjalani beragam aktivitas serta siap untuk membuka lembaran baru.

10 Cara Move On dari Patah Hati - Alodokter

10 Cara Move On dari Patah Hati

Kalau kamu sedang patah hati, jangan menyerah pada keadaan. Sebaliknya, simak 10 tips ampuh untuk move on yang dapat melenyapkan patah hatimu berikut ini:

1. Jangan mengingkari perasaan sedih

Merasa sedih saat patah hati itu wajar, kok. Jadi, kamu tidak perlu sungkan untuk mengekspresikan perasaanmu. Bila perlu menangislah untuk meluapkan kesedihanmu. Biasanya, setelah menangis perasaanmu akan terasa lebih lega, sehingga kamu bisa lebih siap untuk move on.

2. Beri waktu untuk lebih santai

Tidak perlu terburu-buru untuk kembali eksis, apalagi sampai mencari pasangan baru hanya sebagai pelampiasan. Sebaliknya, bersantailah sampai perasaanmu benar-benar stabil, tenang, dan nyaman dalam melakukan beragam aktivitas.

Kamu juga bisa meminta dukungan dari keluarga dan teman untuk memulihkan perasaan dan keadaanmu setelah patah hati.

3. Bahagiakan diri sendiri

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghibur diri, seperti membaca novel, mendengarkan musik, traveling, atau berolahraga. Kegiatan-kegiatan tersebut bermanfaat untuk meredakan stres yang kamu alami akibat patah hati.

Selain itu, membahagiakan diri sendiri juga dapat memberimu cara pandang baru tentang kehidupan yang bisa menjadi motivasi untuk move on.

4. Berdamai dengan keadaan

Ketika kamu mengalami patah hati, perlahan-lahan kamu harus menerima dan memaafkan kejadian yang menjadi penyebab kamu putus dengan mantanmu.

Jangan memandang hubungan masa lalumu sebagai kegagalan, justru jadikan pengalaman ini sebagai sebuah pelajaran agar nantinya kamu lebih hati-hati dalam memilih pasangan dan membina hubungan.

5. Luangkan waktu bersama keluarga dan teman

Meluangkan waktu bersama keluarga atau teman juga bisa kamu jadikan salah satu cara untuk move on. Berkumpul bersama orang-orang terdekat saat patah hati bisa membuat kamu merasa mendapat dukungan morel.

Selain itu, kamu juga bisa meminta saran dari mereka tentang hal yang sebaiknya kamu lakukan dalam menghadapi putus hubungan ini.

6. Lakukan kegiatan bermanfaat

Daripada patah hati berlarut-larut, mendingan kamu habiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti berolahraga, belajar memasak, atau mengikuti kelas kecantikan. Ini bisa menjadi cara untuk meluapkan emosi dengan cara yang positif atau (kartasis).

7. Temukan teman dan relasi baru

Tidak ada salahnya lho membuka relasi pertemanan pada orang yang baru kamu kenal. Kamu bisa berkenalan dengan orang baru saat berolahraga atau di kegiatan sukarelawan dan organisasi. Selain menambah relasi, hal ini juga bisa menambah pengalaman baru.

8. Optimis menghadapi masa depan

Di saat patah hati, berpikir optimis memang berat. Namun, ingatlah bahwa kamu punya banyak kelebihan yang bisa membuat masa depanmu lebih baik. Jangan lagi menyesali keadaan yang sudah berlalu dan mulailah optimis dengan impian maupun tujuanmu ke depannya.

9. Jangan takut untuk jatuh cinta lagi

Saat patah hati, jangan menutup dirimu terlalu lama ya, karena hidup ini indah untuk dinikmati, termasuk untuk jatuh cinta lagi dan mencari calon kekasih yang sesuai.

Jalani dengan santai dan tidak perlu terburu-buru untuk menjadikannya pacar. Nikmati saja dulu hubungan baru ini tanpa adanya beban hingga bila sudah waktunya nanti kamu bisa serius menjalin hubungan dengannya.

10. Konsultasi dengan psikolog atau psikiater

Kalau cara di atas sudah kamu coba, tetapi kamu masih merasa sedih, galau, dan stres, mungkin ini saatnya kamu mengunjungi psikolog atau psikiater. Kamu bisa mendapatkan saran untuk keluar dari masalah ini dan membuat suasana hatimu menjadi lebih tenang.

Percayalah bahwa rasa sedih akibat patah hati akan membaik seiring berjalannya waktu. Asalkan kamu mau move on dari perpisahan menuju masa indah dengan pasangan yang lebih baik. Selain itu, jangan ragu untuk meminta bantuan kepada psikolog atau psikiater bila kamu merasa susah move on, ya.