Keluhan ibu hamil trimester 1 bisa saja berbeda-beda, meskipun memang ada beberapa yang umum terjadi. Mengenali tanda dan keluhan di usia kehamilan ini sangat penting untuk mengetahui keluhan yang wajar atau yang menjadi tanda bahaya dan perlu mendapatkan penanganan langsung oleh dokter.

Kehamilan menjadi momen yang menyenangkan sekaligus mendebarkan karena ibu hamil umumnya akan mengalami perubahan hormon yang menimbulkan beberapa keluhan.

10 Keluhan Ibu Hamil Trimester 1 yang Sering Terjadi - Alodokter

Namun, berbagai keluhan bisa saja terjadi selama kehamilan dan tidak semuanya perlu Bumil khawatirkan. Dengan mengenali keluhan ibu hamil trimester 1, Bumil akan mengenali keluhan yang memerlukan penanganan langsung oleh dokter dan yang bisa diatasi secara mandiri.

Berbagai Keluhan Ibu Hamil Trimester 1

Di trimester 1 kehamilan tidak selalu langsung muncul tanda kehamilan. Namun, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, Bumil dapat merasakan beberapa keluhan yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon.

Nah, berikut ini adalah berbagai tanda dan keluhan ibu hamil trimester 1 yang umum terjadi:

1. Mudah lelah

Mudah lelah merupakan keluhan ibu hamil trimester 1 yang umum terjadi. Kelelahan terjadi karena upaya penyesuaian tubuh terhadap proses kehamilan.

Tubuh Bumil akan bekerja lebih keras untuk membentuk plasenta dan menyediakan nutrisi dan segala keperluan tumbuh kembang janin. Selain itu, metabolisme dan peredaran darah Bumil juga meningkat. Berbagai kondisi ini menyebabkan Bumil menjadi lebih mudah lelah.

Oleh karena itu, pastikan Bumil beristirahat dengan cukup untuk mengatasi keluhan ibu hamil trimester 1 ini, sekaligus memastikan tumbuh kembang janin optimal.

2. Mual dan muntah

Pada awal kehamilan, sekitar 70% ibu hamil akan mengalami mual dan muntah. Kondisi ini biasanya terjadi pada pagi hari (morning sickness), tetapi keluhan mual dan muntah juga bisa dialami Bumil sepanjang hari.

Mual dan muntah dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (HCG) yang diproduksi oleh plasenta. Selain HCG, peningkatan hormon estrogen juga menimbulkan keluhan ibu hamil trimester 1 ini.

3. Nyeri payudara

Nyeri payudara di awal kehamilan umumnya disebabkan oleh peningkatan kadar hormon sebagai upaya tubuh untuk mempersiapkan proses menyusui. Perubahan hormon ini juga memicu peningkatan aliran darah dan menyebabkan payudara membesar. Sebagai dampaknya, Bumil pun mengalami nyeri payudara sebagai keluhan ibu hamil trimester 1.

Nyeri yang dirasakan bisa terjadi di seluruh payudara atau hanya di bagian puting. Selain nyeri, Bumil juga mungkin merasakan kesemutan dan gatal di payudara. Namun, Bumil tak perlu cemas karena keluhan ibu hamil trimester 1 ini biasanya mereda pada trimester selanjutnya.

4. Perubahan suasana hati secara drastis

Keluhan ibu hamil trimester 1 yang juga sering terjadi adalah perubahan suasana hati secara drastis (mood swing). Mood swing dapat membuat emosi Bumil berubah dalam waktu yang singkat, misalnya saat ini Bumil sedang merasa senang tetapi beberapa menit kemudian menjadi sedih dan cemas.

Keluhan tersebut terjadi karena peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Selain itu, kelelahan, kecemasan, atau keluhan yang terjadi selama kehamilan juga bisa membuat Bumil menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami perubahan suasana hati.

5. Lebih sering buang air kecil

Bumil juga akan mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil saat memasuki trimester 1. Keluhan ini juga terjadi karena perubahan hormon.

Perubahan tersebut menyebabkan ginjal meningkatkan produksi urine. Kondisi ini kemudian membuat kandung kemih menjadi cepat penuh sehingga Bumil pun menjadi lebih sering buang air kecil.

6. Timbul jerawat

Keluhan ibu hamil trimester 1 selanjutnya adalah timbulnya jerawat. Keluhan ini terjadi karena kadar hormon androgen meningkat dan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi ini dapat menyebabkan minyak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

7. Ngidam

Meski tidak dapat dijelaskan secara pasti, ngidam menjadi keluhan ibu hamil trimester 1 yang paling sering terjadi. Beberapa peneliti meyakini bahwa kondisi ini berkaitan dengan perubahan hormon. Perubahan tersebut mungkin memicu terjadinya peningkatan nafsu makan, sehingga Bumil mengidam makanan tertentu.

Selain itu, mengidam juga bisa terjadi sebagai usaha tubuh untuk memenuhi kebutuhan gizi Bumil dan janin.

Stres pun ikut berkontribusi pada munculnya keluhan ibu hamil trimester 1 ini. Pada beberapa kasus, ibu hamil melepas stresnya dengan cara mengonsumsi makanan tertentu.

8. Sembelit

Sembelit yang dialami oleh ibu hamil di trimester 1 dipengaruhi oleh peningkatan kadar hormon progesteron. Peningkatan kadar hormon ini membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat, supaya penyerapan makanan terjadi lebih lama.

Proses ini sebenarnya merupakan upaya tubuh guna memastikan nutrisi untuk tumbuh kembang janin terpenuhi. Namun, kondisi ini menimbulkan efek samping berupa terjadinya sembelit.

Untuk mengatasi keluhan ibu hamil trimester 1 ini, Bumil dapat memastikan asupan serat terpenuhi, yakni dengan mengonsumsi 25–30 gram makanan kaya serat, minum air putih minimal 8 gelas per hari, dan rutin berolahraga dengan intensitas ringan.

9. Pertambahan berat badan

Bumil juga akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 1–2 kilogram selama trimester 1. Kondisi ini terjadi karena beberapa hal, seperti bertambahnya ukuran bayi, peningkatan cairan di tubuh, atau Bumil sedang mengandung bayi kembar.

Namun, tidak semua ibu hamil mengalami pertambahan berat badan. Pada beberapa kasus, ibu hamil justru bisa mengalami penurunan berat badan karena mual dan muntah yang dialami menyebabkan Bumil tidak nafsu makan.

10. Heartburn

Bumil mungkin dapat merasakan sensasi terbakar di dada (heartburn). Kondisi ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon progesteron yang membuat katup pembatas kerongkongan dan lambung melemah.

Lemahnya katup menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa seperti terbakar di dada.

Keluhan ibu hamil trimester 1 seperti yang sudah disebutkan di atas memang normal terjadi. Namun, keluhan bisa berbeda-beda pada setiap ibu hamil, bahkan Bumil bisa saja tidak mengalami keluhan sama sekali. Jadi, tidak usah khawatir bila Bumil tidak merasakan keluhan apa pun.

Nah, apabila Bumil mengalami beberapa keluhan ibu hamil trimester 1 atau keluhan yang dirasakan tidak termasuk dalam beberapa keluhan di atas dan ingin memastikan penyebabnya, periksakanlah diri Bumil dokter. Dengan begitu, dokter dapat mengetahui penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai.

Namun, jika Bumil mengalami keluhan ibu hamil trimester 1 berupa sakit perut maupun sakit kepala yang hebat, atau pendarahan seperti mens, segera ke IGD terdekat untuk mendapatkan penanganan. Pasalnya, beberapa keluhan tersebut bisa saja merupakan keluhan yang membahayakan janin dan membutuhkan penanganan segera.