Ada beragam bahan masker wajah alami yang cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering. Selain dapat melembapkan kulit kering, bahan-bahan alami tersebut juga mudah diperoleh dan bisa Anda buat sendiri di rumah.

Ada beragam cara merawat kulit kering dan salah satunya adalah menggunakan masker wajah. Meski saat ini banyak beredar produk masker wajah di pasaran, Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di rumah.

6 Jenis Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering - Alodokter

Beragam Bahan Masker Wajah Alami untuk Kulit Kering

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang bisa digunakan sebagai masker wajah alami untuk kulit kering:

1. Madu

Madu sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu bahan perawatan alami untuk kulit wajah dan tubuh. Tidak hanya baik digunakan untuk kulit wajah kering, penggunaan masker madu juga dapat mencerahkan kulit wajah serta mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan-kerutan halus di kulit wajah.

Untuk menggunakan masker madu, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke wajah, lalu diamkan selama 10–15 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk.

2. Minyak zaitun

Berkat manfaatnya dalam melembapkan dan melembutkan kulit, minyak zaitun cocok dijadikan sebagai masker wajah alami bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering. Tak hanya itu, minyak zaitun juga populer sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat dan menyamarkan garis halus.

Manfaat ini berasal dari kandungan lemak baik serta zat antioksidan dan antiradang yang tekandung di dalamnya. Penggunaan masker minyak zaitun pun cukup mudah.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini ke kulit wajah selama 15–20 menit, lalu bilas wajah hingga bersih. Minyak ini juga cocok digunakan untuk double cleansing bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering.

3. Minyak kelapa

Tidak hanya sekadar digunakan untuk memasak, minyak kelapa juga baik dijadikan sebagai bahan masker wajah alami untuk kulit kering. Hal ini karena minyak kelapa mengandung beragam antioksidan dan asam linoleat yang dapat melembapkan kulit kering, serta mencegah tanda penuaan pada wajah.

Dalam penggunaannya, Anda lebih dianjurkan menggunakan masker minyak kelapa menjelang tidur dan bilas dengan air keesokan paginya. Tak hanya itu, Anda juga disarankan menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Alpukat

Buah alpukat juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan masker wajah alami guna memperbaiki kondisi kulit kering dan pecah-pecah.

Untuk membuat masker ini, haluskan separuh buah alpukat, lalu campur dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

5. Oatmeal

Meski sering dikonsumsi sebagai sarapan sehat, oatmeal ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami eksfoliasi wajah atau masker bagi pemilik kulit wajah sensitif dan kering.

Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu, dan sedikit air. Diamkan 15–20 menit, kemudian bilas dengan gerakan memutar secara perlahan. Selain untuk masker wajah, oatmeal juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk berendam guna melembapkan kulit badan kering.

6. Lidah buaya

Bahan masker wajah alami selanjutnya yang cukup baik digunakan untuk pemilik kulit wajah kering adalah lidah buaya. Tidak hanya bermanfaat melembapkan kulit wajah, lidah buaya juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Untuk menggunakan masker lidah buaya, Anda perlu mencuci dan mengupas kulit lidah buaya, kemudian oleskan gel daging lidah buaya pada wajah secara merata. Setelah itu, diamkan beberapa menit sampai meresap ke kulit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Selain berbagai bahan di atas, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami lain sebagai masker wajah alami untuk kulit kering, seperti yoghurt, susu, atau minyak kedelai.

Penggunaan masker wajah alami untuk kulit kering seperti di atas sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu 1–2 kali per minggu agar hasilnya dapat optimal. Meski begitu, penting untuk diketahui bahwa tidak semua orang cocok menggunakan bahan-bahan alami tersebut.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan dahulu tes untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap bahan tersebut atau tidak. Oleskan sedikit bahan masker alami di sisi dalam lengan bawah, kemudian tunggu kemungkinan munculnya reaksi alergi setelah beberapa menit.

Kulit yang alergi akan kemerahan disertai dengan bentol dan gatal. Bila Anda mengalami reaksi alergi ini, segera bersihkan bahan alami tersebut dari kulit.

Apabila beragam masker wajah alami di atas tidak kunjung memberikan perubahan pada masalah kulit kering yang Anda alami atau justru memperburuk kondisi, jangan ragu untuk berobat ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.