Manfaat alpukat untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Manfaat tersebut diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah berwarna hijau ini. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

Buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yakni lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan - Alodokter

Inilah Manfaat Alpukat yang Wajib Diketahui

Berkat kandungan antioksidan dan beragam nutrisi yang telah disebutkan di atas, ada banyak manfaat alpukat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain:

1. Menjaga berat badan

Karena alpukat mengandung karbohidrat dan serat, mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik.

Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kalorinya cukup tinggi, yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.

2. Memelihara kesehatan jantung

Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang baik bagi jantung. Riset menunjukkan bahwa pola makan tinggi buah dan sayuan, termasuk buah alpukat, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan mata.

Asupan lutein dan zeaxhantin yang cukup juga baik untuk mencegah penyakit pada mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Mencegah dan mengatasi sembelit

Sembelit bisa terjadi karena kekurangan asupan serat atau kurang minum air putih. Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat yang salah satunya adalah alpkukat.

Untuk memaksimalkan manfaat buah alpukat untuk sembelit, Anda juga dianjurkan minum air putih yang cukup dan rutin berolahraga.

5. Mengontrol tekanan darah

Alpukat kaya akan kalium. Mineral ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalium juga baik untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur.

6. Mengurangi risiko terjadinya kanker

Salah satu makanan sehat untuk mengurangi risiko terjadinya kanker adalah sayuran dan buah-buahan, termasuk alpukat. Ini karena buah alpukat mengandung beragam nutrisi dan antioksidan, seperti asam oleat, vitamin C, vitamin E, dan lutein, yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tak hanya pada buah alpukat, riset menunjukkan bahwa beragam zat yang bersifat antikanker juga terdapat pada bijinya. Namun, efektivitas manfaat alpukat yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Guna meminimalkan risiko munculnya kanker, penting bagi Anda untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, dan berolahraga secara rutin.

7. Mencegah radang sendi

Buah alpukat merupakan salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh.

Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat mencegah terjadinya radang sendi (arthritis). Namun, manfaat buah alpukat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain berbagai manfaat di atas, alpukat juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini karena buah alpukat mengandung folat, protein, lemak, dan vitamin yang berperan penting untuk mendukung proses tumbuh kembang janin dan juga sebagai salah satu pilihan buah penambah darah.

Tak hanya untuk ibu hamil, manfaat alpukat juga sangat baik untuk bayi dan anak-anak. Beragam nutrisi di dalam alpukat menjadikan buah ini cocok sebagai bahan untuk MPASI. Alpukat bahkan bisa digunakan sebagai masker alami untuk menyehatkan kulit wajah, lho.

Melihat ada begitu banyak manfaat alpukat untuk kesehatan, tidak ada salahnya untuk mulai memasukkan buah ini ke dalam menu makanan Anda sehari-hari, kan?

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah alpukat juga bisa diolah menjadi beragam hidangan, mulai dari jus atau smoothies, bahan roti isi atau sandwich, hingga es buah.

Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang manfaat alpukat atau ingin mengonsumsi alpukat tetapi memiliki kondisi medis tertentu yang membatasi pilihan makanan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.