Ada berbagai cara menurunkan demam tinggi yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Meski dapat hilang dengan sendirinya, demam tinggi sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya, terlebih bila disertai gejala lain seperti sakit kepala.  

Demam tinggi biasanya ditandai dengan peningkatan suhu tubuh mencapai 39°C atau lebih. Kondisi ini sebenarnya normal terjadi sebagai bentuk reaksi dari sistem kekebalan tubuh, baik karena vaksinasi, infeksi, atau penyakit tertentu dalam tubuh.

5 Cara Menurunkan Demam Tinggi dengan Mudah - AlodokterDemam sering kali sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan demam dan mengatasi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan.

Cara Menurunkan Demam Tinggi

Ada beberapa cara menurunkan demam tinggi yang dapat Anda coba lakukan, di antaranya:

1. Istirahat yang cukup

Cara menurunkan demam tinggi yang pertama adalah istirahat yang cukup guna mempercepat proses pemulihan dan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, Anda perlu membatasi aktivitas fisik dan mencukupi waktu tidur setidaknya selama 8–9 jam setiap harinya.

2. Mandi atau kompres menggunakan air hangat

Mandi menggunakan air hangat bisa menjadi alternatif untuk meredakan demam tinggi. Hal ini karena air hangat bisa melebarkan pembuluh darah serta pori-pori, sehingga panas ke luar dari badan dan suhu tubuh menjadi turun.

Selain mandi dengan air hangat, Anda juga bisa mengompres hangat bagian dahi dan ketiak untuk menurunkan demam tinggi secara alami.

3. Konsumsi banyak air putih

Ketika mengalami demam, tubuh lebih berisiko mengalami dehidrasi. Untuk mencegahnya, Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih. Selain mengonsumsi air putih, dehidrasi juga dapat dicegah dengan mengonsumsi sup hangat atau jus buah segar.

4. Gunakan pakaian yang tipis

Saat demam tinggi, sebaiknya hindari penggunaan baju dan selimut yang tebal. Hal ini justru berisiko meningkatkan suhu tubuh Anda. Jadi, lebih baik gunakan pakaian tipis, tetapi tetap nyaman. Selain itu, pastikan juga suhu ruangan tetap sejuk.

5. Konsumsi obat penurun demam

Anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan penurun demam yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol. Selain menurunkan suhu tubuh, obat-obatan tersebut juga dapat meredakan sakit kepala yang kerap menyertai gejala demam tinggi.

Obat penurun demam perlu dikonsumsi sesuai petunjuk pemakaian yang tertera pada produk. Agar lebih aman, bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti sedang hamil, dianjurkan untuk mengonsumsi obat pereda demam sesuai saran dokter.

Setelah langkah-langkah menurunkan demam tinggi sudah Anda lakukan, demam umumnya bisa mereda, bahkan menghilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Namun, Anda perlu berobat ke dokter bila semua cara menurunkan demam tinggi sudah dicoba tetapi demam tak kunjung membaik selama lebih dari 3 hari atau disertai gejala lain, seperti diare, muntah terus-menerus, kejang, atau pingsan.